Desa Kare, Pojok Madiun yang Memiliki Banyak Potensi Wisata

Image
Muhammad Ihsanu Taqwim
Wisata | Sunday, 19 Jun 2022, 06:44 WIB

Surga Indonesia memang tak pernah habis untuk dicari tahu keindahan di setiap tempatnya. Mungkin memang benar ada yang mengatakan bahwa Indonesia adalah Atlantis yang hilang. Hampir di setiap kota memiliki surganya tersendiri. Hal ini juga tampak di kabupaten Madiun.

Banyak yang mengira bahwa Madiun tidak memiliki surganya. Bahkan oleh warganya sendiri. Mayoritas tidak sadar mengenai potensi yang ada. Sebenarnya jika dicari lebih lagi akan ditemukan tempat-tempat itu. Salah satunya adalah Desa Kare. Desa yang berada di pojok kabupaten Madiun.

Desa Kare ini terletak tepat dibawah kaki gunung Wilis. Desa ini juga merupakan desa dengan dataran tertinggi di Madiun. Letaknya di dataran tinggi ini memiliki daya tarik tambahan dengan cuaca dan suhu yang terbilang sejuk. Disamping dengan beberapa wisata yang disuguhkannya.

Pintu masuk ke Desa Kare

Beberapa wisata menjadi daya tarik lainnya yang tentu mengundang para wisatawan baik lokal maupun mancanegara tergiur untuk mengunjunginya. Beberapa wisata yang ada antara lain sebagai berikut:

1. Taman Hutan Pinus Nongko Ijo

Beruntung Desa Kare memiliki hutan pinus ini. Hutan pinus yang menjadi primadona wisatanya Kare ini terbilang cukup luas dengan menawarkan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Pohon pinus yang menjulang tinggi dengan ukuran yang besar ini masih terawat dengan baik. Ditambah rumput hijau yang mengelilingi setiap jarajk antar pohon ini menambah keeksotisannya.

Pemandangan indah seperti view pegunungan tersaji pada ujung hutan yang langsung dapat melihat sejuknya gunung Wilis. Sayangnya, ada beberapa fasilitas yang belum terpenuhi disini. Seperti ruang untuk sembahyang atau Mushola serta tempat parkir bagi kendaraan roda empat yang belum tersedia. Namun, tetap saja hal itu tidak mengurangi keindahan yang disajikannya.

2. Tambak Lare

Dirintis pada tahun 2017 oleh para pemuda desa, Lokasi yang semula biasa saja diubahnya menjadi wisata alam yang sangat eksotis yang dinamakan Tambak Lare. Dengan menyuguhkan pemandangan yang sejuk khas desa di pegunungan, Tambak Lare juga menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain disuguhkan dengan hijaunya pepohonan, Tambak Lare juga memiliki air terjun yang masih alami. Wisata edukasi mengenai perkebunan kopi, cokelat, durian, serta cengkeh menambah daya tarik tersendiri. Destinasi ini tidak hanya menawarkan satu objek saja, namun satu paket lengkap dengan wisata edukasinya. Sayang sekali jika harus melewatkan liburan tanpa berkunjung kesini.

3. Aswin Loka

Wisata edukatif yang berada di Dusun Seweru Desa Kare menjadi potensi wisata tersendiri bagi wisatawan yang tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut mengenai budaya lokal yang ada. Dengan memanfaatkan keasrian alam sekitar lingkungan sebagai objek pembelajaran menjadi poin tambahan tersendiri.

Ragam bentuk edukasi budaya lokal seperti seni tari dan permainan tradisional dapat dipelajari disini. Dengan didampingi oleh fasilitator yang telah ahli di bidangnya, tentu akan banyak dilirik oleh wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata edukasi yang menarik.

4. Sekar Wilis

Objek wisata yang dibangun dengan dana mandiri dari pemerintah desa ini menjadi salah satu pusat tempat kegiatan Desa Kare. Tempat lapang dengan resto yang menyediakan minuman dan makanan khas Kare sangat enak untuk dinikmati wisatawan, khususnya para pendaki gunung yang hendak atau telah mendaki gunung Wilis.

Sekar Wilis ini juga menjadi tempat pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan adanya pasar desa setiap hari Sabtu dan Minggu. Pada hari tersebut, wisatawan juga dapat berbelanja atau hanya ingin melihat-lihat saja, barang ataupun makanan yang dijual asli produk Desa Kare ini. Tentu, hal ini menjadikan weekend di Desa Kare lebih menarik lagi.

5. Kare Eco Adventure (Pendakian Gunung Wilis)

Basecamp pendakian Gunung Wilis ini juga menjadi salah satu spot tujuan para pendaki yang ingin menaklukan Gunung Wilis. Pendirian rumah-rumah singgah atau homestay menjadi fasilitas pendukung para pendaki yang ingin beristirahat. Pemandangan alami yang tersaji disekitar homestay ini dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Selain homestay, disekitar basecamp ini juga ada air terjun Kertoembo yang dilengkapi dengan wahana water tubing yang dapat dicoba oleh para wisatawan. Dengan begitu, wisataawan mendapatkan poin plus selain mendaki juga dapat bermain wahana air di air terjun ini.

Lengkap sudah jika berlibur di Desa Kare ini, semua wisata hampir tersedia disini yang tentunya berbasis ekowisata. Sebenarnya masih banyak lagi wisata di desa ini yang belum dipaparkan disini. Gimana tertarik untuk mengunjungi Desa Kare?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa UIN Jogja

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image