Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image TeknoRobot

Tambah Pede saat Melamar Kerja, Yuk Coba Buat CV Keren di Situs Ini

Info Terkini | Saturday, 18 Jun 2022, 12:15 WIB
CV (Ilustrasi). Cara membuat CV yang menarik dan profesional. (Sumber: Pixabay)

Dikutip dari Top Universities, penelitian mnunjukkan bahwa perekrut pekerjaan hanya menghabiskan waktu "7 detik" saja! untuk melihat CV, sebelum mereka menentukan kandidat yang cocok untuk posisi yang lowong. Kesan pertama merupakan kunci dari kesuksesan sebuah CV.

Sebelum membuat CV, mari kita ketahui dulu bagaimana cara agar CV Kamu lebih menonjol dibandingkan kandidat lainnya.

1. Mulai dengan sesuatu yang kuat

Mulai dengan ringkasan dari skill yang kamu punya, sekaligus pencapaian-pencapaian Kamu. Hal ini penting karena, Membuat para perekrut mengenal siapa Kamu sebenarnya adalah misi yang paling penting.

Contoh:

“Saya adalah individu yang antusias, pekerja keras, dan berkomitmen dengan rekam jejak yang terbukti dalam merancang website dan database. Saya memiliki keterampilan teknis yang kuat, serta keterampilan bergaul dengan kolega dengan sangat baik. Tantangan untuk tumbuh dan memperluas keahlian merupakan suatu dorongan untuk mengaplikasikan pengalaman saya di sektor TI.”

Baca Juga: Ditelpon Penipu atau Bukan, Bisa Langsung Tahu Pakai Aplikasi Ini

2. Menitikberatkan hasil daripada riwayat pekerjaan

Alih-alih hanya mencantumkan riwayat pekerjaan lalu Kamu, buat CV Kamu lebih menonjol dengan menekankan hasil menggunakan data terukur, untuk menunjukkan pencapaian Kamu. Sebagai contoh, daripada mengatakan "Saya membantu meningkatkan keterlibatan media sosial untuk Perusahaan X", Kamu bisa menulis "Saya meningkatkan keterlibatan media sosial sebesar 38% untuk Perusahaan X".

3. Tunjukkan bahwa Kamu adalah kandidat yang tepat

Ceritakan mengapa pengalamanmu cocok dengan deskripsi pekerjaan yang Kamu lamar. Kamu bisa menjelaskannya dengan cara menghubungkan pencapaian Kamu dengan elemen peran pekerjaan.

Baca Juga: Google Maps Vs Waze, Bagus Mana?

4. Titik beratkan pada perubahan dan pertumbuhan

Kamu harus fokus pada pengembangan pribadi Kamu. Tunjukkan bagaimana Kamu telah tumbuh dan berubah dalam pekerjaan sebelumnya, dan pencapaian yang telah Kamu capai. Ini akan menunjukkan kepada perekrut bahwa Kamu telah belajar banyak dari pekerjaan sebelumnya, dan bahwa Kamu berkomitmen penuh untuk belajar dan memperluas keahlian.

5. Tunjukkan bahwa Kamu memiliki banyak koneksi

Baik itu di Kampus, atau di tempat kerja sebelumnya, Kamu akan banyak bertemu dengan banyak orang yang berbeda. Pastikan ini berhasil. Keterampilan dalam mencari koneksi menunjukkan skill komunikasi yang kuat dan ini adalah sesuatu yang sangat dihargai oleh para perekrut.

Baca Juga: Mau Ghosting? Ini Cara Hilangkan Tanda Online dan Typing di Whatsapp

6. Pengetahuan tentang perusahaan yang Kamu lamar

Pengetahuan akan industri yang Kamu lamar akan menunjukkan kepada perekrut bahwa Kamu memiliki kemampuan untuk tetap mengikuti tren. Kamu akan jauh lebih menarik bagi perekrut jika Kamu mampu menunjukkan pengetahuan tentang industri ini. Ini juga akan membantu Kamu jika Kamu mencapai tahap wawancara.

7. Gunakan "kata-kata sakti"

Penggunaan "kata-kata sakti" akan menekankan pencapaian Kamu yang tentunya akan memberikan dampak tambahan pada CV Kamu. Masukkan kata-kata seperti dapat beradaptasi, inovatif, diterapkan dan dicapai untuk setiap peran Kamu, dan tindak lanjuti dengan hasil atau hasil yang mengesankan yang menunjukkan apa yang telah Kamu berikan.

Selengkapnya...Cara Membuat CV secara online mudah, cepat, professional

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image