MAN 3 Bantul Sukses Gelar Pemilos 2021

Image
nur salamah
Eduaksi | Friday, 22 Oct 2021, 05:41 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) – MAN 3 Bantul (MANTABA) telah sukses menggelar Pemilihan OSIM (Pemilos) pada Kamis (21/10/21). Pemilos pada tahun ini dilaksanakan secara serentak bersama dengan 73 sekolah dan madrasah yang lain se-Bantul dengan menggunakan aplikasi e-Pemilos. Acara diawali dengan launching aplikasi e-Pemilos oleh KPU Kabupaten Bantul melalui zoom meeting. Aplikasi e-Pemilos ini dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bantul. Setelah launching tersebut Kepala MAN 3 Bantul Drs. Syamsul Huda, M.Pd. membuka Pemilos dan memberikan arahan kepada siswa untuk aktif dalam mengikuti Pemilos.

“Nilai-nilai demokrasi tertanam dalam pelaksanaan Pemilos ini. Hal ini menjadi bekal untuk siswa yang notabene merupakan pemilih pemula. Berikan suara terbaik anak-anak dengan memegang asas Luber Jurdil. Selamat berpesta demokrasi,” tandas Huda.

Pemungutan suara Pemilos MAN 3 Bantul dilaksanakan di madrasah dengan pembagian jam berdasarkan angkatan dan jurusan. Hal ini dilakukan untuk mendorong siswa lebih aktif dalam mengikuti Pemilos dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Pemungutan suara dilaksanakan di Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Komputer mulai pukul 09.00 hingga 14.00. Panitia Pemilihan OSIS/OSIM (PPO) telah menyiapkan dengan maksimal rangkaian Pemilos ini mulai dari pemutakhiran data, pencalonan, kampanye melalui debat dan penyebaran informasi di media sosial serta penyiapan perangkat di hari sebelumnya. Masing-masing kandidat sebelumnya juga telah membuat video visi misi yang dapat dilihat pemilih melalui aplikasi e-Pemilos.

Siswa MANTABA sangat antusias memberikan suaranya dalam Pemilos. Mereka disambut dan didampingi oleh PPO dari OSIM Bima Sakti. Keunikan penampilan PPO dengan memakai busana adat Jawa ditambah senyum hangat saat menyambut dan mendampingi pemilihan menambah antusias pemilih.

Tahapan-tahapan utuk menggunakan hak pilih melalui aplikasi tidak rumit. Para siswa mengakses aplikasi e-Pemilos yang telah terinstal di komputer, kemudian login menggunakan NISN dan NIK. Pemilih dapat melihat penjelasan dan video visi misi kandidat dalam aplikasi tersebut saat memilih.

Tidak hanya dilaksanakan di madrasah, Pemilos MANTABA juga diikuti dari rumah masing-masing oleh siswa yang berada di luar kota atau yang berhalangan hadir secara langsung ke madrasah. Pemilihan dari rumah diikuti siswa melalui link pemilos.bantulkab.go.id atau aplikasi bantulpedia.

Panitia, wali kelas, dan warga madrasah saling bersinergi dalam menyukseskan Pemilos. Ketua PPO Ambara Arya Wibisana mengungkapkan tingkat partisipasi peserta didik dalam cukup tinggi, tercatat ada 533 suara masuk dari jumlah 672 DPT. Dari total DPT 80,34% menggunakan hak pilihnya.

“Alhamdulillah setelah proses penyiapan data DPT dari awal hingga pemungutan suara melalui aplikasi e-Pemilos berjalan dengan baik. Perlu ketelitian saat input data di awal. Buahnya hasil dapat diketahui dengan cepat dan akurat setelah proses pemungutan suara, sehingga aplikasi ini memudahkan pelaksanaan Pemilos,” ungkap Arya.

Rangkaian Pemilos MAN 3 Bantul berjalan lancar. Kepala madrasah memberikan apresiasi untuk panitia dan seluruh warga madrasah atas kesuksesan ini.

“Alhamdulillah Pemillos berjalan lancar. Terima kasih untuk anak-anak PPO dari OSIM Bima Sakti yang telah mempersiapkan dengan matang, siswa-siswi yang telah aktif memberikan suara, dan segenap keluarga madrasah yang telah mendukung kesuksesan gelaran pesta demokrasi kita. Siapapun yang terpilih, mari kita dukung. Semoga Pemilos yang kita laksanakan ini memberikan berkah dan manfaat,” tutur Huda.

Hasil pemungutan suara langsung dapat dilihat dalam aplikasi e-Pemilos. Pasangan yang terpilih dalam Pemilos ini akan diumumkan secara resmi kepada seluruh warga madrasah. (sal)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Khikman Faqih, Imam Idaqu di Negeri Ginseng

Image

Model ASSURE dalam Mengembangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Image

Keunggulan Fitur FF Mod Versi Terupdate

Image

Hukum Tidak Boleh Tebang Pilih

Image

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pemutar Lagu Spotifify Premium Mod

Image

Game Legendaris GTA SA Versi Lite yang Sangat Ringan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image