Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Tips dan Cara Mencuci Mobil Yang Aman Tanpa Baret

Gaya Hidup | Friday, 17 Jun 2022, 09:51 WIB

Jangan sembarangan dalam membersihkan mobil! Berikut kami bagikan tips dan cara mencuci mobil yang aman, bikin mobil bersih, wangi, mengkilap dan anti baret.

Tahukah kamu, kalau cara mencuci mobil yang salah bisa membuat cat mobil baret, bahkan hingga terjadi konsleting? Ya mencuci mobil memang perlu menggunakan teknik khusus, misalnya penggunaan sabun, teknik semprot, teknik mengelap mobil yang baik dan masih banyak lagi.

Mobil yang dicuci dengan benar membuat cat lebih awet dan akan tetap mengkilap seperti baru. Memang tujuan membersihkan mobil selain tampak segar, juga menghindarkan bagian mobil dari karat akibat kotor.

Berikut ini kami bagikan tips dan cara mencuci mobil yang benar supaya mobil bersih dan aman dari goresan.

Tips Mencuci Mobil

Bagi yang baru pertama kali memiliki mobil, atau baru pertama mencuci mobil ada tips mencuci mobil yang harus diketahui, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, diantaranya:

Jangan mencuci di bawah terik matahari

Bagi orang awam, mencuci dibawah terik dianggap akan lebih cepat kering. Memang betul akan lebih cepat kering, tapi bagaimana efeknya ke mobil?

Mencuci mobil dibawah terik sangat tidak disarankan. Alasannya, saat mencuci menggunakan sabun, justru sabun akan mengering dan membekas ke bodi mobil, jika tidak segera dibilas.

Maka seperti yang bisa kamu lihat pada kebanyakan tempat cuci mobil, pasti selalu memberikan atap. Selain tidak baik untuk kendaraan, dari sisi pencuci mobil juga akan tidak nyaman dan bisa membuat proses pencucian jadi terburu-buru.

Mencuci saat kondisi mesin dingin

Mencuci mobil saat sedang bepergian jauh sering dialami oleh sebagian orang, tujuannya saat sampai lokasi, mobil dalam keadaan bersih. Namun sebaiknya tunggu hingga 20 menit sebelum mencuci mobil. supaya suhu mesin menurun dan cenderung dingin.

Pasalnya temperatur sekitar mesin yang panas akan berbahaya jika disiram dengan air, bisa menyebabkan cat kusam hingga cat mengelupas.

Menggunakan Sabun Khusus Mobil

Pilihlah produk sabun yang dijual khusus untuk cuci mobil di pasaran. Sabun ini mengandung bahan aktif untuk mengangkat kotoran, namun tetap aman digunakan dalam jangka waktu lama.

Proses Pengeringan Bertahap

Proses pengeringan dilakukan minimal 2 kali dan bertahap. Yang pertama menggunakan lap kanebo untuk menghilangkan air dan sisa-sisa sabun yang tertinggal. Lalu disusul dengan pengeringan tahap kedua menggunakan lap microfiber.

Persiapan Peralatan Cuci Mobil

Persiapan peralatan dilakukan pertama, supaya tidak perlu mondar-mandir lagi saat mencuci mobil. Berikut peralatan cuci mobil yang diperlukan :

● Sabun cuci khusus mobil. Sabun cuci khusus aman untuk cat mobil, tidak akan membuat cat mobil menjadi rusak atau luntur.

Lap microfiber. Lap ini sangat direkomendasikan untuk mengelap permukaan mobil, karena bahannya sangat halus dan meresap air.

● Ember wadah sabun. Untuk menyimpan sabun selama pencucian, jika menggunakan metode manual.

● Selang panjang dan bila perlu diberi alat semprotan air kuningan.

● Mesin pompa (opsional)

● Sikat ukuran kecil untuk membersihkan celah-celah mobil yang sempit.

● Lap kanebo untuk mengeringkan air yang menempel di bodi mobil setelah pencucian.

Cara Mencuci Eksterior Mobil

Basahi Seluruh Body Mobil

Langkah pertama adalah menyiram seluruh body mobil, tujuannya supaya debu-debu bisa berkurang dan mudah dibersihkan selebihnya. Jika menggunakan semprotan tekanan tinggi, arahkan secara miring bukan lurus menembak, untuk mencegah cat atau bodi tergores.

Setelah seluruh permukaan eksterior bagian atas dan bawah mobil disiram, silahkan tunggu beberapa saat supaya memudahkan mengangkat kotoran dan debu.

Beri Sabun Khusus Secara Merata

Masukkan sabun ke dalam ember dan mulai mencuci bagian eksterior mobil secara merata menggunakan spons atau kain yang lembut. Jangan terlalu keras dalam menekan permukaan mobil, karena bahan aktif sabun cukup untuk melunturkan noda.

Mencuci Aksesoris Eksterior dan Bagian Kecil Lainnya

Aksesoris dan bagian kecil pada mobil seperti logo merk mobil, wiper, kaca spion, bagian handle pintu dan plat jangan sampai terlewatkan. Karena justru banyak debu menumpuk di sekitaran bagian tersebut.

Mencuci Ban Mobil

Setelah mobil bagian atas rata, kamu bisa pindah ke bagian bawah mobil seperti ban dan bagian-bagian lainnya. Gunakan sikat atau kuas untuk menjangkau bagian yang sempit.

Cuci ban mobil termasuk bagian penting, karena meski akan kena tanah atau aspal kembali, namun ban yang dicuci bersih akan mengkilap sehingga sangat enak dipandang. Maka nggak heran, banyak pemilik yang menyemir ban, supaya lebih hitam seperti baru.

Proses Bilas

Proses bilas pada cara mencuci mobil yang aman adalah dengan menggunakan air bersih yang baru dan menyiramnya dari bagian paling atas mobil. Supaya bisa mengalir ke bawah dan sekaligus membasahi bagian samping mobil.

Semprot atau siram secara merata, seperti bagian kaca dan aksesoris lainnya. Pasalnya di bagian kecil dan yang memiliki cekungan, sering menumpuk sabun-sabun yang bisa menjadi watermark jika tidak dibilas.

Pengeringan dengan Lap Kanebo dan Lap Microfiber

Setelah proses bilas, mobil bisa langsung dikeringkan dengan cara di lap menggunakan kanebo. Setelah beberapa kali usap, kanebo kemungkinan akan kotor, jadi sebaiknya sering cuci kanebo dan di peras kembali.

Setelah tahap pengeringan dengan kanebo selesai, maka pengeringan terakhir menggunakan lap microfiber. Bagi yang belum punya, silahkan cari minimarket terdekat atau jika ingin mendapatkan produk yang asli dan berkualitas, kamu bisa mendapatkannya di situs jual kain microfiber secara online.

Cara Membersihkan Interior Mobil

Fungsi membersihkan mobil adalah mendapatkan kenyamanan dalam berkendara dan perawatan kendaraan. Sehingga jangan sampai melewatkan untuk mencuci dan membersihkan bagian interior mobil. Karena interior yang bersih, tentu membuat pengalaman berkendara lebih nyaman dan tidak segan jika ada orang lain yang masuk.

Berikut cara mencuci interior mobil yang baik dan benar:

Mencuci Bagian Dalam Kap Mesin

Bolehkan mencuci bagian dalam kap mesin? Jawabannya Boleh, namun tidak boleh disemprot langsung karena dikhawatirkan bisa merusak kelistrikan, bahkan bisa masuk ke dalam filter.

Dari berbagai sumber ahli mobil yang kami dapatkan, cara mencucinya bisa menggunakan cairan semprot khusus pembersih untuk bagian dalam kap, atau di lap secara perlahan.

Mencuci Karpet Mobil

Bagian lain yang bisa dicuci adalah alas kaki atau karpet mobil. Copot semua bagian karpet mobil, lalu cuci seperti biasanya, menggunakan sabun, semprotan air atau di sikat manual. Lalu jemur, setelah dipastikan kering bisa dipasang kembali.

Vacuum Kursi

Vacuum kursi bisa dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau sisa makanan di kursi penumpang.

Jika menggunakan jenis jok tipe kulit, bisa dilakukan dengan cairan pembersih khusus yang juga tersedia pengkilapnya.

Membersihkan Dashboard, Filter AC dan Bagian Pitu

Bagian-bagian di atas juga bisa dibersihkan dengan lap microfiber, kuas, sapu dan pengki khusus mobil ditambah cairan pembersih khusus dashboard. Selanjutnya pencucian AC bisa membuat AC lebih dingin dan penyaringan udara lebih baik.

Semprot Anti Bakteri

Penyemprotan anti bakteri bisa dilakukan, selain untuk membunuh bakteri dalam mobil, juga akan memunculkan nuansa segar dalam mobil. Mobil jadi lebih bersih, segar dan wangi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image