Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Admin Ganteng

Cara Cek Kesehatan Baterai Di Android

Teknologi | Tuesday, 19 Oct 2021, 12:52 WIB

Seiring dengan berkembangnya waktu, sejak pertama kali anda membeli smartphone tentu saja baterai menjadi salah satu komponen yang paling sering mengalami kerusakan. Mulai dari baterai yang cepat panas, kapasitas yang mudah habis dan juga daya tahan baterai yang tidak lagi panjang sama seperti dulu. Lalu bagaimana cara mengecek kesehatan baterai di android agar kita bisa mengetahui kondisi dari baterai apakah masih normal atau tidak.

Masalah terkait kondisi baterai yang tidak normal memang sering terjadi kepada semua smartphone android. Jadi tenang saja karena bukan hanya yang mengalaminya. Bahkan hampir semua perangkat android juga mengalami hal yang serupa. Untuk itu, agar bisa mengantisipasi masalah ini anda harus tahu bagaimana cara mengecek kondisi kesehatan baterai android setiap saat.

Cara Cek Kesehatan Baterai Di Android

Yang namanya umur tentu saja tidak ada yang tahu dan bisa memprediksinya. Termasuk juga masalah umur baterai smartphone android. Berapa lama baterai bisa bertahan tentu saja tergantung dari bagaimana anda menggunakan smartphone android tersebut untuk keseharian. Jika anda tidak tahu bagaimana cara cek kesehatan baterai android, tentu saja lama kelamaan baterai yang normal akan mengalami kerusakan.

Nah untuk itu, agar anda bisa mengantisipasi permasalahan tersebut. Berikut saya tuliskan bagaimana sih cara cek kesehatan baterai android yang dikutip dari haxina.com

Dengan Dial Telepon

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa android mempunyai beberapa kode tersembunyi yang dapat diakses untuk mengetahui informasi tersembunyi tentang perangkat yang anda gunakan tersebut, termasuk juga informasi tentang kesehatan baterai. Nah unuk cara cek kesehatan baterai di android anda bisa melakukannya menggunakan kode dial di telepon.

Anda hanya perlu mengetikkan *#*#4636#*#*. Namun sayangnya kode ini hanya berlaku untuk beberapa smartphone saja. Dalam beberapa kasus, kode dial ini tidak berfungsi di smartphone merk Xiaomi. Namun tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba cara cek kesehatan baterai di android dengan menggunakan kode dial tersebut. Siapa tahu, merk smartphone anda bisa menggunakan kode tersebut untuk cek kondisi kesehatan baterai.

Dengan AccuBattery

Cara cek kesehatan baterai di android berikutnya adalah anda bisa menggunakan aplikasi AccuBattery. Dimana aplikasi ini memang dibuat untuk membantu pengguna android dalam mengetahui informasi tentang grafik konsumsi daya dan juga kesehatan baterai smartphone android. Nah untuk anda yang ingin mendapatkan informasi seputar kesehatan baterai smartphone android, cara yang paling tepat adalah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yakni AccuBattery.

Setidaknya sudah ada 10 juta pengguna android yang menggunakan bantuan aplikasi ini untuk mengetahui kondisi kesehatan baterai di smartphone android mereka. Bahkan ukuran dari aplikasi ini juga sangat kecil yaitu 8.5 mb saja, sehingga anda dapat memasang aplikasi ini di smartphone android lawas sekalipun.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, dimana anda hanya perlu menginstal AccuBattery, kemudian anda bisa mengaktifkan aplikasi di latar belakang. nantinya aplikasi akan menampilkan informasi dalam bentuk widget yang berisi informasi terkait waktu yang dibutuhkan saat melakukan pengisian baterai, monitor aplikasi yang paling banyak menguras konsumsi baterai.

Nah itulah 2 cara cek kesehatan baterai di android dengan mudah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image