Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image TeknoRobot

HP Penuh Foto Jadul? Begini Cara Backup di Google Photos

Teknologi | Wednesday, 15 Jun 2022, 10:35 WIB
Google Photos. Aplikasi penyimpanan foto gratis. (Sumber: Google)

Menambah kapasitas penyimpanan atau memory ponsel biasanya adalah opsi yang umum diambil, ketika memory ponsel sudah penuh dengan foto-foto lama. Opsi lainnya yang biasanya ditempuh, adalah dengan cara memindahkan foto dengan kabel data ke komputer atau PC. Namun, bagi sebagian orang ada juga yang memilih opsi untuk menyortir foto-foto lama dan menghapusnya. Opsi-opsi tersebut selain harus merogoh kocek lebih untuk membeli memory baru, juga tentunya akan memakan waktu transfer data ketika backup ke perangkat lain berlangsung.

Baca Juga: Akun WhatsApp Kena Hack? Segera Lakukan Ini

Google Photos bisa jadi solusi gratis dan cepat untuk menyimpan foto-foto lama Kamu yang penuh kenangan tanpa harus takut kehilangan foto ketika ponsel rusak, hilang atau berganti ke ponsel baru, ataupun khawatir penyimpanan di ponsel akan penuh.

Dikutip dari Alphr (22/05/2022), berikut Cara backup foto di Google Photos melalui perangkat Android:

1. Download Google Photos di Google Play Store

2. Setelah ter-install, Google Photos akan meminta izin untuk mem-backup beberapa file/folder secara online. Pilih folder mana yang akan diberikan akses ke Google Photos dan proses backup akan berjalan otomatis.

3. Jika Kamu ingin menghapus foto yang sudah Kamu backup (di Google Photos) dari ponsel kamu, kamu bisa memilih opsi "free up space" untuk menghapus semua foto (di ponsel) yang tentunya sudah di-backup di Google Photos.

Baca Juga: Google Maps Vs Waze, Bagus Mana?

Memastikan foto sudah tersimpan di Google photos

Setelah proses backup selesai kamu mungkin ingin memastikan apakah betul foto sudah tersimpan dengan baik di Google Photos. Untuk memastikannya lakukan langkah ini:

1. Buka aplikasi Google Photos, pilih gambar profil di pojok kanan atas.

2. Dalam menu yang ditampilkan akan muncul berapa foto lagi yang belum di-backup. Apabila angkanya sudah menjadi 0, maka semua sudah tersimpan di Google Photos. Sebaliknya, apabila menu ini masih menunjukkan angka, maka proses backup masih berlangsung. Apabila dirasa terlalu lama, cek koneksi internet Kamu yaa.

Apakah foto bisa otomatis tersimpan di Google Photos?

Untuk menjaga memori ponsel tetap menyisakan ruang, opsi ini bisa juga jadi solusi. Berdasarkan Google Photos FAQs, ada beberapa setting yang harus kamu ubah.

Selengkapnya...

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image