Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Loker Pintar

Apa itu CV? Ini Gunanya untuk Melamar Kerja

Eduaksi | Tuesday, 14 Jun 2022, 14:34 WIB

Saat melamar pekerjaan, salah satu hal yang mungkin pertama kali dinilai adalah CV yang menarik bagi HRD. CV dengan tampilan yang menarik, rapi, bersih, dan penulisan yang teratur tentunya terlihat lebih mengesankan daripada CV yang dibuat sembarangan.

Kehadiran CV Lamaran Kerja sangat penting dalam melamar pekerjaan karena melaluinya, perusahaan bisa mendapatkan kesan pertama tentang kita. Apa yang Anda tulis di CV Anda adalah upaya untuk self-branding dan memasarkan keterampilan Anda sehingga Anda terpilih menjadi orang yang tepat untuk mengisi status pekerjaan yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, membuat CV yang menarik HRD akan meningkatkan peluang dan peluang Anda untuk mendapatkan tugas yang diharapkan.

Apakah itu CV?

CV adalah ringkasan dari daftar riwayat hidup. Apakah itu CV? CV adalah dokumen yang menjelaskan secara singkat siapa Anda, pencapaian apa yang telah Anda peroleh di masa lalu, bagaimana pengalaman Anda terkait dengan status pekerjaan yang dilamar, dan apakah Anda orang yang tepat untuk memutuskan di antara kandidat lain atau tidak.

Pokoknya CV sebagai gambaran personifikasi diri secara tertulis. CV yang baik adalah CV yang dapat memberikan gambaran yang baik tentang pembuat CV bahkan sebelum bertemu langsung.

Apa itu CV dari Berbagai Sumber

1. Cambridge Dictionary

CV atau Curriculum Vitae adalah deskripsi singkat yang direkam tentang pengajaran, kualifikasi, tugas awal, dan terkadang minat pribadi Anda, yang Anda kirimkan ke atasan Anda saat mencoba melamar pekerjaan.

2. Merriam-Webster

Pengertian Curriculum Vitae adalah laporan singkat tentang karir dan kualifikasi seseorang yang umumnya disiapkan oleh pelamar untuk status tertentu.

3. The Balance Careers

Pengertian curriculum vitae adalah dokumen yang digunakan untuk membuat daftar kualifikasi seseorang dan melamar pekerjaan. Dia bekerja dengan cara yang sama seperti tinjauan umum dan memberikan informasi rinci tentang ajaran dan cerita dari pekerjaan seseorang. CV singkat yang sering disebutkan, lebih mendalam daripada ikhtisar biasa dan karenanya bisa memakan waktu lebih lama.

Peran dan Manfaat CV

CV memiliki peran dan manfaat yang beragam, tidak hanya bagi pelamar kerja yang membuatnya. Namun bagi perusahaan yang menerima CV sebagai salah satu syarat dalam melamar pekerjaan.

Untuk Pelamar:

1. Untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan.

2. Untuk menggambarkan kekuatan yang dimiliki oleh realitas dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan

Untuk Perusahaan:

1. Untuk mengkategorikan pelamar berdasarkan tingkat pengajaran dan kisah hidup.

2. Untuk mengetahui kekuatan dan keterampilan pelamar.

3. Untuk mengetahui nilai gaji yang sesuai untuk pelamar.

Format CV

Dalam penulisan dibutuhkan format CV yang benar dan baik agar semua informasi tentang diri Anda dapat tersampaikan dengan baik. Apa saja elemen yang perlu ada dalam format CV? Berikut penuturannya.

Pahami jika itu CV Fresh Graduate bahwa cara menulisnya dengan benar adalah poin penting

1. Data Pribadi

Data pribadi meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, status perkawinan, agama, nomor telepon, dan alamat email.

Dalam tugas-tugas tertentu, calon karyawan diminta untuk memberikan informasi tinggi dan berat badannya. Informasi tambahan tentang jenis data pribadi ini umumnya sesuai dengan jenis tugas yang Anda lamar.

2. Pendidikan Formal

Perbaiki pola CV dengan menulis cerita ajar dari tingkat SD, SMP, SMA, dan/atau perguruan tinggi. Jangan lupa untuk mencantumkan tahun masuk dan tahun kelulusan.

3. Pendidikan Informal

Pada dasarnya, memberikan pengajaran tidak resmi ini sebagai masalah karakter adalah opsional. Masukkan info jika Anda mengikuti pelatihan atau pelajaran tertentu yang meningkatkan kekuatan Anda sebagai calon karyawan,

4. Pengalaman Kerja/Organisasi

Selanjutnya, pola CV yang benar dengan memberikan pengalaman kerja atau organisasi minimal dalam 3 tahun terakhir. Hal ini diperlukan untuk menambah nilai pada self-branding yang sedang Anda kerjakan.

Anda harus menuliskan pengalaman yang berhubungan dengan job desk dari tugas yang Anda tuju. Jangan lupa untuk memasukkan tahun Anda mengambil tugas, oke?

5. Kemampuan

Perhatikan kekuatan yang Anda miliki. Mulai dari hard ability yang meliputi kekuatan yang berkaitan dengan sains dan pengetahuan, serta technical skill. S/d soft ability, yaitu kekuatan dalam mengatur atau diri sendiri dan kekuatan yang berhubungan dengan orang lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image