Sudah Tahu Mendirikan PT Perorangan? Ini Prosedur dan Syaratnya

Image
Ariko
Bisnis | Tuesday, 14 Jun 2022, 12:42 WIB

PT Perorangan ialah salah satu tipe PT yang bisa dijadikan kendaraan untuk aktivitas bisnis yang penuhi kriteria usaha mikro serta kecil.

Kalian telah memiliki bisnis serta bertekad buat mendirikan PT biar nampak lebih handal serta memiliki tubuh hukum. Industri berupa PT banyak diseleksi sebab statusnya tubuh hukum sehingga terdapat pembelahan tanggung jawab serta harta antara owner industri serta perusahaannya.

Tetapi ketentuan mendirikan PT oleh minimun 2 orang serta terdapatnya syarat modal bawah minimun sepanjang ini ditatap selaku hambatan untuk pelakon usaha yang hendak mendirikan PT buat menyokong bisnisnya. Oleh sebab itu lewat Undang- Undang Nomor. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja pemerintah kesimpulannya membuat terobosan yang membolehkan PT didirikan 1 orang( berikutnya diucap PT perorangan ataupun PT usaha mikro serta kecil).

Supaya tidak hanya jadi ketentuan yang cuma tertulis di kertas, pemerintah sudah mempersiapkan beberapa peraturan pelaksana supaya kebijakan ini dapat lekas dijalankan. Yang terkini merupakan PP Nomor. 8 Nomor. 2021 tentang Modal Bawah Perseroan Dan Registrasi Pendirian, Pergantian, serta Pembubaran Perseroan yang Penuhi Kriteria Buat Usaha Mikro serta Kecil.

Apa saja prosedur serta syaratnya? anda juga dapat menggunakan jasa pembuatan PT Walaupun pendirinya cuma 1 orang, hendak namun butuh digaris bawahi kalau PT perorangan statusnya senantiasa tubuh hukum sama semacam PT yang sepanjang ini kita tahu dengan terdapatnya minimun 2 pendiri serta pemegang saham( berikutnya diucap PT biasa). Status PT perorangan selaku tubuh hukum ditegaskan di Pasal 1 PP Nomor. 8 Tahun 2021 yang mengatakan Perseroan Terbatas, yang berikutnya diucap Perseroan merupakan tubuh hukum yang ialah persekutuan modal, didirikan bersumber pada perjanjian, melaksanakan aktivitas usaha dengan modal bawah yang sepenuhnya dibagi dalam saham ataupun tubuh hukum perorangan yang penuhi kriteria usaha mikro serta kecil sebagaimana diatur dalam peraturan perundang- undangan menimpa usaha mikro serta kecil.

Kriteria usaha mikro serta kecil saat ini diatur di PP Nomor. 7/ 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, Serta Pemberdayaan Koperasi Serta Usaha Mikro, Kecil, Serta Menengah. Di sana kriterianya didetetapkan bersumber pada modal usaha ataupun penjualan tahunan. Tercantum usaha mikro bila mempunyai modal usaha optimal Rp1. 000. 000. 000, 00( satu miliyar rupiah) tidak tercantum tanah serta bangunan tempat usaha ataupun mempunyai hasil penjualan tahunan optimal Rp2. 000. 000. 000, 00( 2 miliyar rupiah).

Sebaliknya usaha kecil didetetapkan bersumber pada kepemilikan modal usaha lebih dari Rp1. 000. 000. 000, 00( satu miliyar rupiah) sampai optimal Rp5. 000. 000. 000, 00( 5 miliyar rupiah) tidak tercantum tanah serta bangunan tempat usaha ataupun mempunyai hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2. 000. 000. 000, 00( 2 miliyar rupiah) sampai optimal Rp15. 000. 000. 000, 00( 5 belas miliyar rupiah).

Tidak hanya itu PP Nomor. 8/ 2021 pula sudah menggariskan beberapa ketentuan supaya prosedur, ketentuan main, serta ketentuan mendirikan PT perorangan ataupun PT usaha mikro serta kecil jadi lebih gampang. Berikut ini merupakan poin- poinnya:

1. Tidak Terdapat Syarat Modal Bawah Minimal

Besaran modalnya didetetapkan bersumber pada keinginan serta keahlian pendirinya. Tetapi harap diingat bukan berarti PT usaha mikro kecil dapat didirikan tanpa modal. Karena, sehabis PT nya didirikan berlaku syarat penempatan serta penyetoran penuh 25% dari modal bawah perseroan serta fakta penyetorannya di informasikan secara elektronik ke Departemen Hukum serta HAM. Penyampaian fakta setor dicoba sangat lelet 60 hari sehabis pengisian Statment Pendirian. Tidak cuma itu, kalian pula butuh mencermati kriteria modal usaha di atas sebab syarat tersebut digunakan pada dikala melaksanakan pendirian ataupun registrasi aktivitas usaha.

2. Hanya Perlu Mengisi Statment Pendirian PT Perorangan

Buat mendirikan PT perorangan ataupun PT usaha mikro serta kecil dapat dicoba tanpa akta notaris. Berbeda dengan ketentuan serta aplikasi yang lebih dahulu dimana pendirian PT diawali dengan pembuatan akta notaris serta pengesahan akta pendirian tersebut buat dapat memperoleh status tubuh hukum. Di ketentuan terkini ini status tubuh hukum diperoleh sehabis memperoleh sertifikat registrasi secara elektronik.

3. Hanya Perlu Satu Orang Pendiri

Jika sepanjang ini kalian kesusahan mendirikan PT buat kepentingan bisnis kalian sebab terhalang orang kedua yang hendak dijadikan pendiri ataupun pemegang saham kedua, hingga saat ini halangan itu telah teratasi. Yang butuh digarisbawahi di mari merupakan yang dapat jadi pendiri buat PT perorangan cumalah orang serta bukan tubuh hukum. Jika pendirinya merupakan tubuh hukum ataupun pendirinya lebih dari 1 orang hingga prosedur serta syaratnya masuk ke pendirian PT biasa.

4. Tidak Butuh Terdapat Komisaris di PT Perorangan

Lagi- lagi sebab ini PT perorangan hingga kalian betul- betul yang mempunyai, melaksanakan, serta mengendalikan PT tersebut. Gimana dengan tanggung jawabnya? Sebab PT perorangan statusnya merupakan tubuh hukum hingga tanggung jawab kalian sebatas modal industri. Ini yang membedakan PT perorangan dengan industri perorangan semacam Usaha Dagang( UD) serta Industri Dagang( PD).

5. Posisi Usaha

Sebab UUCK serta peraturan pelaksananya sangat bergantung pada Rencana Wilayah Tata Ruang( RDTR) hingga jika kalian ingin mendirikan industri berupa PT tercantum PT perorangan wajib mencermati RDTR tiap- tiap wilayah. Perihal ini bersumber pada Pasal 14 ayat( 1) UUCK yang melaporkan kalau kesesuaian aktivitas pemanfaatan ruang ialah kesesuaian rencana posisi aktivitas serta/ ataupun usahanya dengan RDTR. Misalnya untuk kalian yang hendak membuat PT baik PT biasa ataupun PT perorangan di daerah Jakarta. Kalian dapat masukkan alamat yang hendak kalian pakai buat tempat usaha. Di sana telah diatur pembagian daerah cocok dengan peruntukannya.

Kode yang diperbolehkan buat melaksanakan aktivitas usaha di daerah Jakarta di antara lain merupakan K1, K2, K3, K4, C1. Jika posisi yang kalian seleksi buat mendirikan PT di Jakarta nyatanya bukan terletak di kode yang sepatutnya hingga kalian wajib mencari posisi yang lain. Sebab, sehabis urusan pendirian PT berakhir kalian wajib lanjut ke proses perizinan usaha yang diproses lewat sistem Online Single Submission( OSS). Sistem OSS telah terintegrasi dengan RDTR DKI Jakarta.

Mendatangi Layanan HiveFive buat layanan pendirian PT buat daerah Jakarta serta segala Indonesia. HiveFive mempunyai layanan penyewaan Virtual Office dengan harga terjangkau serta sarana lengkap yang dapat digunakan buat ketentuan posisi usaha baik buat PT perorangan ataupun PT biasa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image