Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Banyuasin

Lapas Banyuasin Kemenkumham Sumsel Ikuti Launching Kumham - CSIRT

Info Terkini | Tuesday, 14 Jun 2022, 11:51 WIB
Foto : Humas Lapas Banyuasin

Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuasin Kemenkumham Sumsel mengikuti launching Kumham Computer Security Incident Response Team atau disingkat Kumham (CSIRT) secara virtual, Selasa (14/06/2022).

Kegiatan berpusat di Graha Pengayoman Republik Indonesia dan dihadiri langsung Kepala BSSN, Sekjen Kumham, Plt. Sestama BSSN, Staf Khusus Menkumham Bidang Transformasi Digital, Pimpinan Tinggi Pratama Pemangku Fungsi TI, Tim Kumham CSIRT, serta diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan UPT Kementerian Hukum dan HAM se-Indonesia melalui aplikasi zoom.

Foto : Humas Lapas Banyuasin

Pada kesempatan tersebut, Kepala BSSN Republik Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Sibarian mengapresiasi pembentukan Kumham CSIRT ini, menurutnya, mengutip dari amanat presiden Joko Widodo bahwa kejahatan Siber termasuk kejahatan peyalahgunaan data. Data adalah jenis kekayaan baru bangsa dan kini lebih berharga daripada minyak.

“Kita harus siaga menghadapi ancaman kejahatan siber, dalam bidang pertahanan keamanan, kita juga harus tanggap dan siap menghadapi perang siber,” ujarnya.

Selain itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Komjen Pol Andap Budhi Revianto menjelaskan, perkembangan lingkungan strategis sudah di depan mata. Reformasi digital di bidang keamanan harus dibentuk dan dilakukan secara konsisten. Kumham - CSIRT ini digagas sebagai langkah penanganan insiden keamanan data di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

“pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kita telah mencapai indeks 3,68 dengan kategori sangat baik, hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan bagi kita untuk terus menjalankan birokrasi digital, termasuk dalam hal keamanan data. Kita harus sigap dan tanggap menghadapi perang siber, terorisme dan intoleransi,” jelasnya.

Kegiatan diikuti secara virtual oleh Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa didampingi Kasubbag Tata Usaha M Faikar, Kasi Adm Kamtib Ibrahim Lakoni, Kepala KPLP serta jajaran Kasubsi dan staf.

sumber : lapasbanyuasin.kemenkumham.go.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image