Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supranatural Nusantara

Cara Menulis Berita

Eduaksi | Monday, 13 Jun 2022, 23:02 WIB
Berita Supranatural Nusantara

X-PoseNews.com - Berita menjadi informasi penting yang harus diketahui masyarakat. Agar lebih paham dengan apakah yang dimaksud dengan berita, kamu bisa baca di sini.

Dikutip dari buku ‘Dasar-dasar Jurnalistik’ karya A. Fatih Syuhud, berita berbeda dengan artikel dan feature. Adapun berita lebih mengutamakan fakta dan data aktual serta ditulis tanpa opini penulis.

Adapun, berita dibagi menjadi dua jenisnya, yakni straight news atau hard news (berita langsung) dan in-depth news (berita mendalam).

Struktur Berita
Struktur berita ibarat sebuah piramida terbalik yang terdiri dari beberapa tahapan, yakni sangat penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

Adapun, contoh struktur berita adalah

1. Judul Berita
2. Dateline (tanggal penulisan berita)
3. Lead berita (alinea pertama berisi yang paling penting)
4. Body (tubuh) berita

Bagaimana Ciri-ciri Teks Berita?
1. Pemberitaan tersebut adalah sesuatu yang benar-benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis
2. Peristiwa yang jarang terjadi, bukan hal umum
3. Aktual, yakni pemberitaan masih segar atau baru bukan terjadi di masa lampau
4. Data yang disajikan real, asli dan tidak direkayasa
5. Menggunakan bahasa yang menarik dan dapat dimengerti pembaca
Sebutkan Unsur-unsur Berita?
Apakah yang dimaksud dengan berita dan unsurnya adalah kandungan isinya. Berita yang baik dan informatif mengandung beberapa unsur, yakni 5W + 1H atau what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (kenapa), dan how (bagaimana).

Kegunaan Berita bagi Pelajar Apa?
Tak hanya untuk pelajar, tetapi untuk masyarakat luas tujuan utama dibuatnya berita adalah untuk menyampaikan informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian yang sedang maupun sudah terjadi. Informasi yang disajikan adalah yang penting, terkini, menarik dan menjadi perhatian masyarakat.

Nah, sudah jelas kan apakah yang dimaksud dengan berita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image