Sudahkah Keuangan Syariah Berkontribusi di Perekonomian Indonesia?

Image
Anggun Sukma Putri
Lomba | Sunday, 17 Oct 2021, 14:15 WIB

Sistem keuangan syariah dikenal sebagai salah satu sistem yang digunakan dengan menggunakan metode prinsip Islami dasar syariah sebagai dasar untuk mengimplementasikannya selain itu juga menggunakan dasar hukum Islam sebagai pedoman semua berbasis agama islam agar sistem ini dapat dilakukan untuk aktifitas pada lembaga keuangan syariah. Lembaga keuangan syariah sudah marak terdengar ditelinga masyarakat selain pemabaga keungannya arti atau makna keuangan syariah bukanlah hal asing yang terdengar di telinga kita, keuangan syariah sejauh ini sudah membantu perekonomian indonesia. Bisa membantu menstabilkan ekonomi dengan pinjaman bank ataupun penanaman modal dan menggunakan cara syariah yang memang bisa terhindar dari kata bunga. Namun akhir-akhir ini lembaga keuangan yang voncong untuk digunakan adalah lembaga keuangan sektor perbankan syariah.

Selain lembaga-lembaga syariah seperti perbankan syariah, keuangan syariah kini mulai mendapat tantangan industri khususnya bidang keuangan syariah yakni meningkatkan pemahaman kepada masyarakat terhadap produk keuangan syariah. Karena kita tidak bisa menjamin info mengenai keuangan syariah bisa terdengar atau dipahami para masyarakat yang memiliki akses jalan atau akses internet yang kurang memadai. Semua fasilitas tentang keuangan syariah tentunya harus merata dirasakan oleh masyarakat maka ituenjadi tantangan bagi lembaga keuangan syariah untuk memecahkan permasalahan tersebut. Seiring berjalannya waktu keuangan syariah sudah banyak berkontribusi di perekonomian Indonesia. Membantu mengentaskan permasalah sulit mengenai keuangan disektor perbankan. Drai zaman ke zaman industri keuangan syariah memiliki kapasitas yang mapan dalam menghadapi gejolak dalam sistem keuangan.

Dalam dua puluh terakhir ini perkembangannya sejak kelahiran bank syariah pertama di Tanah Air, sistem keuangan syariah telah berkembang pesat. Tidak hanya perbankan syariah, tetapi juga sudah berkembang industri keuangan non-bank syariah. Misalnya asuransi syariah, dana pensiun syariah, perusahaan pembiayaan syariah, obligasi syariah (sukuk), reksadana syariah, dan aktivitas pasar modal syariah lainnya. Sistem syariah juga telah merambah ke beberapa sektorl dengan hadirnya beberapa jenis usaha syariah yang mencakup makanan dan obat-obatan halal, Islamic fashion, dan bahkan pariwisata syariah. Memang sudah banyak industri keuangan yang merambah di Indonesia. Semua bahkan hampir berhasil berkontribusi untuk Indonesia. Mampu sedikit mengangkat perekonomian di Indonesia.

Dalam salah satu sumber dalam mempertahankan dan memperjuangkan agar masyarakat tetap mengenal bahkan bisa menggunakan salah satu sektor keuangan syariah OJK bersama dengan pemgenag kekuasaankeuangan syariah mendorong pelaksanaan Kampanye Nasional Aku Cinta Keuangan Syariah, Kampanye Nasional Aku Cinta Keuangan Syariah ini memiliki tujuan mendorong kesadaran kolektif dari seluruh pelaku ekonomi da n keuangan syariah untuk memahami dan mencintai produk dan aktivitas keuangan syariah dengan bersinergi dan secara bahu membahu mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

Mengingat kemajuan teknologi digital, upaya peningkatan inklusi keuangan syariah juga dilakukan melalui pemberian dukungan terhadap pengembangan produk dan layanan keuangan digital syariah. Inisiatif ini memudahkan akses untuk tetap berlayanan kepada sektor keuangan syariah. Dalam upaya pemulihan ekonomi saat ini kontribusi semua sektor termasuk ekonomi terutama keuangan Syariah sangat diperlukan dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional ini. sektor jasa keuangan menjadi sangat penting sebagai penggerak dalam memulihkan perekonomian kita, karena didalamnya mencakup beberapa sektor yang cukup mudah untuk dilakukam di lingkungan masyarakat. Perbankan syariah yang menjadi salah satu industri keuangan syariah menjadi tonggak untuk mempercepat perekonomian. Mudahnya akses dan mudahnya persyaratan juga menjadi salah satu industri ini banyak diminati masyarakat. Sehingga roda ekonomi akan terus dan tetap berputar. Pertumbuhan ekonomi Syariah yang tinggi. Pada tahun 2019, pertumbuhan ekonomi Syariah tercatat sebesar 5,72%. Lebih tinggi dibanding pertumbuhan PDB nasional. Selain condong ke perbankan syariah ada bebearapa sektor keuangan syariah yang semakin meningkat pesat salah satunya industri halal Indonesiav Pada tahun 2020, nilai perdagangan industri halal Indonesia antara lain makanan, kosmetik dan obat-obatan, travel, fashion telah mencapai US$ 3 miliar dan terus dalam tren meningkat. Angka itu bukanlah angka yang disedikit di industri keuangan syariah. Pencapaian angka itu merupakan hasil kerja keras para pemangku kepentingan keuangan syariah yang memang sudah di percaya masyarakat untuk membantu keuangannya ataupun menikmati segala produk barang atau jasa yang di tawarkan oleh industri keuangan syariah.

Sektor perbankan menjadi penyumbang utama yang paling besar di industri keuangan Syariah. Karena memang masyarakat sudah terbiasa akses ke dalam sektor itu, entah untuk melakukan deposito ataupun melakukan pinjaman. Hal itu mendapat respon positif karena membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia

Semakin maraknya lembaga – lembaga keuangan di Indonesia yang cukup terkenal di masyarakat. Pemegang kepentingan keuangan Syariah harus mengembangkan inovasi untuk terus memperbaharui sistem ataupun segala benefit dari produk agar tetap terus dipercaya oleh masyarakat. Bukan hanya dari faktor pesaing, faktor perkembangan zaman pun menjadi faktor utama untuk terus mengembangkan bisnis atau menambah bisnis di Industri keuangan Syariah,bisa dengan memudahkan persyaratan yang cukup hanya dengan mengunakan smartphone ataupu membuat aplikasi yang bisa memudahkan akses kesemua produk dari Industri keuangan itu sendiri. Tetap menjaga rahasia pelanggan dan menjaga akuntabilitas keuangan Syariah itu menjadi kunci agar industry keuangan Syariah tetap bisa dipercaya masyarakat.

Dengan semua industri yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan Syariah dan kini sudah merambah luas di masyarakat menandakan produk itu diterima positif oleh masyarakat. Dengan adanya kepercayaan masyarakat keuangan Syariah sudah berkontribusi penuh di Indonesia untuk membantu memulihkan perekonomian serta mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar lebih maju lagi. Harapan lain dari keuangan Syariah yakni agar tetap konsisten dengan kerjanya an tentunya tetap bidangnya yaitu Syariah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Biodata dan Akun Instagram Putri Tanjung yang Lagi Viral di Twitter

Image

Peran Manajemen Kasus dalam perawatan Pengguna NAPZA

Image

Freefirc.xyz Situs Generator, Dapatkan Unlimited Diamond Free Fire

Image

Inilah Beberapa Manfaat Terapi Pijat yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Image

Canggih, Ada Fitur Mode Pesawat Di Gb Whatsapp Versi Terbaru 2022

Image

Reface Pro Mod Apk (Pro Unlocked) No Watermark + Unlimited

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image