Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image 43 Retno Diajeng Putri

Pentingnya Menggali dan mengembangkan Potensi Anak sejak dini, Mahasiswa UMM melakukan Penyuluhan ke

Eduaksi | Monday, 13 Jun 2022, 12:16 WIB

Howard Gardner berpendapat bahwa kecerdasan anak merupakan suatu ukuran kemampuan yang dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan individu, menciptakan sesuatu atau memberikan penghargaan dalam budaya seseorang. Terdapat sembilan kecerdasan yang dapat dikuasai secara majemuk apabila diasah dengan baik dimana setiap anak memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, sehingga perlu dilakukan pembekalan kemampuan untuk mengasah kecerdasan pada tiap anak untuk dapat mengetahui potensi diri mereka.

Melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen, 5 Mahasiswa UMM yang beranggotakan Retno Diajeng Putri, Muhamad Kolif Mustofa, Devi Krista Ferani, Muhammad Rizky Nur Rahman, dan Muhamad Ramadhan yang dibimbing oleh Bapak Widianto, ST., MT. berinisiatif melakukan penyuluhan kecerdasan anak dalam menggali potensi diri dan kualitas pribadi pada siswi SD Muhammadiyah 1 Kesamben beriringan dengan pelaksanaan pengabdian yang dilakukan oleh Bapak Widianto untuk Meningkatkan Kapasitas Guru SD Muhammadiyah 1 Kesamben Blitar dalam Mengasah Kecerdasan Anak.

Pelaksanaan kegiataan PMM ini berlangsung selama 1 Bulan, dengan kegiatan yang beragam untuk memberikan materi dan pelatihan untuk mengasah kecerdasan anak meliputi 1) Kecerdasan Linguistik, 2) Kecerdasan Logika-Matematika, 3) Kecerdasan Kinestetik, 4) Kecerdasan Spasial, 5) Kecerdasan Musikal, 6) Kecerdasan Moral, 7) Kecerdasan Naturalis, 8) Kecerdasan Interpersonal, dan 9) Kecerdasan Intrapersonal. Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menemukan peminatan yang sesuai dengan kompentensi mereka untuk berprestasi dengan bidang yang dikuasai serta memiliki pribadi yang baik.

Selain pemberian materi dan pelatihan, kegiatan ini juga melaksanakan lomba untuk siswa.i SD Muhammadiyah 1 Kesamben agar dapat menerapkan materi serta mengetahui potensi mereka dari berbagai macam kecerdasan yang ada. Dari kegiatan ini Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Kesamben, Blitar. Bapak Imam Muasjir, S.Pd.I. mengucapkan “terimakasih kepada mahasiswa UMM yang telah melaksanakan Pengabdian Masyarakat di SD Muhammadiyah 1 Kesamben dan berharap dapat terus menjalin hubungan baik dengan Universitas Muhammadiyah Malang dalam pelaksanaan Pengabdian Masyarakat.” Ujarnya dalam penutupan kegiatan PMM.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image