Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Yuri

JMQH Panjatan Kulon Progo

Info Terkini | Monday, 13 Jun 2022, 09:42 WIB

JMQH (Jam'iyyah Mudarasatil Qur'an Lil Hafidzat) adalah tempat berkumpulnya para penghafal AL Qur’an khususnya perempuan untuk bersama-sama menjaga hafalannya dengan kegiatan semaan Al Qur’an baik di tingkat pusat sampai tingkat kapanewon.

Kegiatan rutin JMQH yaitu semaan Al Qur'an dimulai dari tingkat pusat hingga tingkat kapanewon selalu digalakkan.

Hal ini dikarenakan agar semangat para penghafal Al Qur'an khususnya perempuan, selalu terjaga dan terus meningkat untuk muroja'ah.

Tidak dipungkiri, terkadang semangat untuk muroja'ah menurun jika hanya sendiri tanpa adanya semaan dengan para penghafal lainnya. Di samping kesibukan yang menjadi penghalang untuk muroja’ah.. Akan tetapi, bagi para penghafal Al Qur'an (hafidzah) harus selalu menjaga hafalannya dengan muroja’ah secara istiqomah, dengan ada dan tidak adanya kegiatan semaan.

Semaan JMQH Panjatan Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan setiap Ahad Wage.

Ketua JMQH Panjatan, beliau Ibu Hj. Wasiatun, S. Ag selalu mengajak Hafidzah di area Panjatan untuk ikut dalam kegiatan ini.

Berapapun hafalan, lancar dan belum lancar bukan hambatan. Dari ke empat tujuan kegiatan JMQH seperti yang diutarakan Ibu Nyai Hj. Maftuhah Minan ketua Umum Pimpinan Pusat JMQH diantaranya adalah untuk menjaga hafalan dan memperlancar bacaan agar lebih baik sesuai hukum kaidah tajwid.

Mempererat silaturahim sesama Hafidzah, tidak hanya di tingkat kapaneweon, akan

tetapi hingga di tingkat pusat.

Run down acara semaan JMQH Panjatan.

1. Pembukaan

2. Bacaan sholawat Kalamun Qadimun dan Qur’anuna

3. Semaan (dilaksanakan secara berpasangan, dengan agenda satu pertemuan dengan juz yang sama dibaca bergantian dan tartil)

4. Membaca tartil per ayat setiap orang satu putaran

5. Tahlil dan doa

6. Sholawat Nisyan, Mars JMQH, Nadhom Asmaul Husna

7. Lain-lain

8. Penutup

Bacalah Al Qur’an karena Al Qur’an itu indah

Hafalkan Al Qur’an karena Al Qur’an itu mudah

Istiqomahkan Al Qur’an karena Al Qur’an itu barokah

Cintailah Al Qur’an karena Al Qur’an itu syafa’ah

JMQH Pusat

Hafidzoh Berkiprah, Indonesia Berkah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image