Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santya Letish

3 Tips Aman Konsultasi Dokter Secara Online

Gaya Hidup | Sunday, 12 Jun 2022, 12:40 WIB

Di era yang semakin canggih ini beragam platform konsultasi dokter online banyak bermunculan dengan berbagai penawaran menarik. Tidak sedikit orang yang tertarik dan mencobanya tanpa memperhitungkan risiko yang akan dihadapi ke depan. Agar tetap aman pada saat berkonsultasi dengan dokter secara online, mari simak tips dalam ulasan berikut!

1. Pilih Aplikasi Terpercaya

Pilihlah aplikasi atau website konsultasi dokter yang menyediakan proses pendaftaran secara sistematis. Kenapa? Dengan begitu mereka akan secara otomatis menyimpan catatan medis Anda. Selain itu perhatikan pula kebijakan privasi yang memberikan pernyataan bahwa mereka hanya akan menggunakan data pribadi Anda untuk kepentingan penyediaan layanan yang diminta.

Jika aplikasi atau website penyedia jasa konsultasi dokter online gratis yang akan Anda gunakan tidak memilikinya, maka putuskan untuk memilih platform yang lain. Karena, kemungkinan besar data Anda dapat disebarluaskan tanpa izin untuk kepentingan-kepentingan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

kunjungi juga : telekonsultasi dokter online

2. Siapkan Jawaban Terkait Riwayat Medis

Pada saat sesi konsultasi dokter berlangsung, akan ada kemungkinan dokter mengajukan beberapa pertanyaan terkait riwayat medis Anda. Siapkan dengan matang sebab, hal itu akan sangat membantu dokter dalam melakukan analisis terkait kondisi terkini Anda. Adapun beberapa hal yang perlu disiapkan di antaranya:

Masalah medis, durasi, onset, dan lokasi.Riwayat pengobatan sebelumnya.Diagnostik yang pernah dilakukan.Riwayat obat yang pernah dikonsumsi.

3. Sampaikan Gejala Anda dengan Jujur

Adapun tips konsultasi dokter yang ketiga adalah jujur menyampaikan gejala. Jujur perihal gejala penyakit yang sedang Anda alami merupakan hal yang sangat penting pada saat pemeriksaan. Terlebih pemeriksaan dilakukan dengan cara online. Gejala merupakan bukti adanya kelainan atau penyakit pada tubuh. Beberapa gejala yang mungkin bisa Anda sampaikan contohnya demam, nyeri, benjol, naik atau turunnya berat badan, susah tidur, dan lain sebagainya.

Pada saat konsultasi dokter sampaiakan dengan jelas, kapan gejala-gejala tersebut muncul, jam berapa kambuhnya, dan berapa lama gejala tersebut bertahan. Gejala-gejala tersebut akan memudahkan dokter dalam mendiagnosis penyakit yang sedang Anda alami.

Demikian informasi terkait 3 tips aman konsultasi dokter secara online. Usahakan untuk selalu memperhatikan hal-hal di atas. Baik pada saat melakukan konsultasi melalui web, aplikasi, atau konsultasi dokter via WhatsApp.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image