Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rodia Faisah

Inilah Tips Meningkatkan SEO Website Terampuh

Bisnis | Saturday, 11 Jun 2022, 10:54 WIB

Bagi orang biasa, mungkin merasa kesulitan untuk meningkatkan SEO website. Walaupun sebenarnya ada tips meningkatkan SEO website yang bisa dilakukan. Namun, tidak ada salahnya juga Anda menggunakan jasa penulisan artikel SEO terbaik seperti AndreTron milik Andreas Natawijaya.

AndreTron sebagai jasa penulis artikel SEO terbaik sudah punya banyak pengalaman. Bagi Anda yang ingin konten websitenya jadi nomor satu di situs pencarian, optimasi SEO perlu dilakukan. Ada beberapa tips optimasi SEO website seperti diantaranya adalah:

Pelajari Dasar-dasar SEO

Tips meningkatkan SEO website yang paling utama adalah pelajari dulu dasar-dasarnya. Dengan begitu, Anda akan makin mudah menerapkan semua metode yang disarankan. Pengenalan dasar ini bisa dikatakan bagian terpenting. Mengingat SEO dapat sangat berpengaruh pada keberhasilan pembuatan website bisnis atau tujuan lain.

Menggunakan WordPress

Bila Anda tergolong pemula, ada baiknya gunakan platform wordpress. Wordpress ini platform yang paling populer di dunia dan biasa dimanfaatkan orang-orang membuat situs website. Wordpress pun dapat diakses secara gratis.

Lagipula meningkatkan SEO website melalui platform ini jauh lebih mudah dari yang lain. Selain itu, penggunaannya pun begitu ramah oleh pemula dan komunitasnya pun sangat besar. Artinya, tips meningkatkan SEO website yang perlu Anda coba adalah menggunakan Wordpress sebagai pilihan platform.

Tambahkan Alamat Website di Google Search Console

Sebagai informasi saja, Google Search Console ini gratis dan bisa Anda gunakan untuk banyak tujuan. Mulai dari memantau kinerja website, menganalisis halaman, hingga mengetahui domain yang memberikan link pada website Anda. Pastikan untuk daftar dulu sebelum mulai menggunakannya.

Membuat Sitemap

Tips meningkatkan SEO website berikutnya adalah dengan membuat sitemap. Dengan sitemap, konten pada website Anda akan lebih cepat terindeks oleh mesin pencari. Dari sisi pengunjung pun dapat makin mudah menemukannya. Sitemap adalah daftar isi dari halaman website itu sendiri. Anda beberapa jenis sitemap yang perlu Anda ketahui yaitu video, news, image, serta XML.

Memasang Google Analytics

Bagi yang merasa sudah cukup lama mencoba optimasi SEO mungkin pernah mendengar Google Analytics. Tools ini biasanya digunakan untuk melakukan identifikasi pengunjung website.

Bukan hanya itu saja, dengan google analytics Anda juga bisa melihat halaman mana saja yang menghasilkan konversi tinggi. Sehingga tidak ada salahnya Anda memasang Google Analytics ini sebagai tips meningkatkan SEO website. Lagipula gratis sehingga tidak akan memberatkan Anda.

Lakukan Riset Keyword yang Tepat

Jangan asal membuat konten yang akan dimuat pada website. Lebih baik Anda riset keyword dulu yang tepat. Tanpa melakukan hal penting ini, mau sebagus apapun konten yang mau dibuat, percayalah tidak akan mudah terindeks oleh mesin pencari.

Anda harus tahu cukup banyak praktisi web developer bilang jika tahap riset keyword ini sangat penting. Bisa dikatakan sebagai penentu keberhasilan pembuatan sebuah website baik untuk bisnis maupun tujuan lain. Sehingga, tips meningkatkan SEO website satu ini pun tak kalah harus diperhatikan.

Membuat Konten Lengkap dan Menarik

Anda juga diharuskan untuk selalu membuat konten yang lengkap dan menarik. Google sebagai mesin pencari nomor satu di dunia sangat berfokus pada konten yang memenuhi 2 kriteria tersebut. Dengan begitu, bila ada konten yang menarik dan disajikan lengkap akan langsung menduduki peringkat satu.

Tips meningkatkan SEO website dengan membuat konten lengkap dan menarik sebenarnya tidak sulit dilakukan. Anda bisa menambahkan gambar ilustrasi, infografik, atau video. Konten dengan tambahan komponen tersebut akan terlihat makin menarik. Bahkan, jangan ragu menggunakan content marketing untuk pengembangan kualitas website.

Buat Konten SEO Friendly

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat membuat konten SEO friendly. Misalnya seperti memilih judul yang tepat, gunakan meta description, menggunakan url, dan lain sebagainya. Banyak orang mengaku membuat konten SEO friendly cukup sulit. Tapi memang harus dijalankan supaya konten dapat masuk peringkat pertama mesin pencari.

Lakukan Optimasi Gambar

Ada lagi salah satu tips meningkatkan SEO website lainnya yaitu jangan ragu menambahkan gambar pada konten. Gambar pada konten artikel akan secara langsung memberikan penjelasan pada pengunjung. Sehingga para pengunjung akan mengetahui muatan dari konten website tersebut.

Namun, gambar yang akan disisipkan juga perlu diperhatikan. Anda harus mengusahakan supaya gambar tidak malah mendukung keterlambatan loading website. Caranya bagaimana memilih gambar untuk konten? Paling tidak pilih gambar yang memiliki ukuran tidak terlalu besar.

Update Konten Lama

Tips meningkatkan SEO website lain sehingga dapat masuk rangking satu mesin pencari adalah jangan ragu untuk update konten-konten lama. Anda memang diharapkan untuk selalu memperbaharui konten terbaru. Tapi konten lama pun masih bisa dipakai untuk optimasi SEO.

Caranya adalah lakukan evaluasi via Google Search Console. Dari sana cari konten yang memiliki impresi tinggi dan CTR rendah. Jika sudah ketemu, lengkapi keyword yang setidaknya bisa menaikkan CTR tersebut.

Itu dia tadi beberapa tips meningkatkan SEO website. Bagi Anda yang merasa masih pemula di dunia SEO, informasi di atas dapat dipergunakan sebagai bahan referensi terbaik buat sekarang maupun masa depan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image