Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tadokoro

Karakter Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Petugas Keamanan

Info Terkini | Friday, 10 Jun 2022, 13:45 WIB
sumber: indraga.com

Menemukan perusahaan jasa security yang terpercaya sangatlah penting. Petugas keamanan atau security sangat dibutuhkan dimana saja, baik di perumahan, sekolah, kantor, pusat perbelanjaan ataupun di tempat umum lainnya. Hal ini dikarenakan tindak kejahatan yang semakin meningkat dan bisa terjadi di mana saja, sehingga keamanan menjadi hal krusial yang perlu dijaga dengan baik, agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Karakter Petugas Keamanan

Menjadi seorang petugas keamanan memang bukan sesuatu hal yang mudah, karena perlu mengikuti beberapa pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu. Apalagi dengan tanggung jawabnya dalam menjaga keamanan suatu tempat atau lingkungan yang bisa dikatakan cukup berat.

Tidak hanya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempatnya ditugaskan, petugas keamanan juga memiliki tugas dan tanggung jawab lainnya seperti menegakan peraturan dan tata tertib yang berlaku di suatu perusahaan, mengamankan aset, proyek, properti, peralatan dan lainnya dari segala bentuk pengrusakan yang disengaja. Security juga bertugas untuk melakukan deteksi dini dari penyusup maupun pencuri yang bisa menimbulkan kerugian.

Agar dapat menjaga keamanan dengan baik, petugas keamanan atau personil security diharuskan memiliki beberapa karakter, diantaranya adalah:

• Cepat dan tanggap

Seorang petugas keamanan memang harus bisa bergerak cepat dan juga tanggap dalam segala situasi yang terjadi, apalagi jika terjadi kerusuhan di tempat umum, pembuat kerusuhan perlu ditindak tegas agar tidak mengganggu keamanan orang lain.

• Tegas dan berwibawa

Petugas keamanan juga perlu memiliki sifat yang tegas dan berwibawa. Hal ini diperlukan saat menegur orang yang membuat keributan atau membuat kesalahan di tempat tersebut. Menegur orang yang berbuat keributan memang perlu dilakukan dengan tegas, karena jika keributan tersebut tetap dibiarkan, keamanan dan kenyamanan orang lain bisa terganggu.

• Ramah dan sabar

Selain tegas dalam menghadapi orang yang berbuat rusuh, petugas keamanan juga perlu memiliki sifat yang ramah dan juga sabar terhadap orang lain, ramah dengan selalu memberikan salam saat ada orang yang melewatinya dan juga sabar saat memberikan bantuan kepada orang lain yang perlu bantuan. Contohnya saat nasabah kebingungan mengisi formulir di bank, security bisa memberikan bantuan.

• Memiliki rasa ingin tahu

Personil security juga perlu memiliki rasa ingin tahu tentang apa yang terjadi di lingkungan tempatnya bekerja, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

• Selalu waspada

Oleh karena rasa ingin tahu tersebut, seorang petugas keamanan bisa memahami situasi yang terjadi di lingkungan tempatnya bekerja, hal ini membuatnya selalu waspada dengan hal-hal yang mencurigakan dan berpotensi membuat keributan.

Sumber: https://indraga.com/perusahaan-penyedia-jasa-keamanan-security/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image