Kaprodi S1 PTE FT UNESA: Laksanakan Sosialisasi Kurikulum berbasis OBE

Image
L Endah Cahya Ningrum
Guru Menulis | Tuesday, 12 Oct 2021, 06:19 WIB
Sosialisasi oleh Kaprodi S1 PTE FT UNESA (sumber: Jurusan Teknik Elektro)

OBE (Outcome Base Education) merupakan sistem pendidikan yang berfokus pada kemampuan yang dapat dilakukan mahasiswa di akhir pengalaman belajar. Penyusunan kurikulum berbasis OBE memiliki tahap-tahap antara lain perumusan Tujuan Prodi, perumusan Capaian Lulusan, penyusunan kurikulum dan asesmen Capaian Lulusan.Tujuan Prodi yang diuraikan dalam Capaian Lulusan dapat digunakan oleh mahasiswa setelah lulus untuk menjalankan profesinya maupun untuk melanjutkan studi.

Kaprodi S1 PTE (Pendidikan Teknik Elektro) FT UNESA, bapak Muhamad Syariffuddien Zuhrie, S.Pd., M.T. mengadakan kegiatan sosialisasi kurikulum prodi berbasis OBE di Jurusan Teknik Elektro (JTE). Kegiatan tersebut diikuti oleh 39 peserta yang merupakan dosen di JTE. Beliau menyampaikan tentang kurikulum berbasis OBE sekaligus uraian kurikulum prodi S1 PTE.

Prodi S1 PTE memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana pendidikan bidang keahlian teknik ketenagalistrikkan dan teknik elektronika-komunikasi yang dapat berprofesi sebagai guru, instruktur, widyaiswara, peneliti dalam bidang pendidikan, akademisi dan wirausahawan.

Prodi S1 PTE memiliki Capaian Lulusan yang diuraikan sebagai berikut:

1. Mampu menyelaraskan kurikulum mata-diklat teknik ketenagalistrikkan dan elektronika pada pendidikan kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global.

2. Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan kejuruan teknik elektro yang relevan dengan perkembangan industri global.

3. Mampu menerapkan riset terapan untuk inovasi metode pembelajaran kejuruan, optimalisasi teknologi proses produksi dan jasa teknik elektro yang relevan dengan industri.

4. Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pendidikan dengan scope pengetahuan umum, sosial dan humaniora.

5. Mampu berkomunikasi dalam proses pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan.

6. Memiliki karakter bertanggung jawab dan berkomitmen pada etika profesi keguruan.

7. Memiliki pengetahuan yang luas dibidang matematika, sains dan teknik elektro sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program studi pendidikan teknik elektro dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah.

8. Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program keahliaan teknik ketenagalistrikkan dan teknik elektronika dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah.

9. Mampu mendesain rangkaian, perangkat, dan produk pada program studi pendidikan teknik elektro.

10. Mampu menjadi guru yang dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya untuk mengembangkan produk di program studi pendidikan teknik elektro secara komprehensif.

11. Memiliki kemampuan manajemen proyek dan praktik bisnis dalam berwirausaha sebagai wujud belajar sepanjang hayat melalui pendidikan/pelatihan secara formal maupun non formal.

Kurikulum prodi S1 PTE ditinjau dan diperbarui secara berkala setiap lima tahun, agar sesuai dengan dinamika pendidikan dengan tetap menjaga proporsi yang signifikan dari inti Pendidikan Teknik Elektro. Kurikulum yang diterapkan oleh prodi saat ini mengadopsi paradigma baru pendidikan, yaitu:

1. Pendidikan berbasis Outcomes

2. Pendidikan/pembelajaran berpusat pada mahasiswa

3. Perbaikan berkelanjutan

4. Akreditasi dan benchmarking internasional

Mahasiswa prodi S1 PTE minimal harus menempuh 144 SKS untuk memperoleh gelar sarjana.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Download Video dari Twitter Kualitas HD

Image

Fitur Unggulan & Download GB WhatsApp Pro Apk Desember 2021

Image

Doktrinisasi Hak Masyarakat Hukum Adat Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Image

MENJADIKAN PUISI SEBAGAI SARANA EKSPRESI DAN OLAH TATA BAHASA BAGI ANAK

Image

Fitur Unggulan GB WA Mod Terbaru Dan Paling Keren

Image

Alight Motion Pro Apk tanpa Watermark dan Preset

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image