Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amelda Dahni

GURU SEBAGAI PENJUNJUNG TINGGI NILAI PENDIDIKAN BANGSA

Guru Menulis | Sunday, 10 Oct 2021, 23:34 WIB

GURU SEBAGAI PENJUNJUNG TINGGI NILAI PENDIDIKAN BANGSA

Guru adalah sosok hebat yang berperan sangat penting begi kehidupan bangsa Indonesia, guru adalah seseorang yang memberikan banyak kemampuan dan keahliannya dalam dunia pendidikan, seperti yang kita ketahui, di zaman sekarang ini kita sedang menghadapi maraknya konflik tentang virus yang sudah menyebar luas dalam masyarakat, yaitu virus korona, dalam menghadapi persoalan dan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat ini semua orang rela untuk berkorban dalam berbagai bidang.

Dari bidang pekerjaan untuk masyarakat hingga bidang pendidikan yang sangat penting dan sangat dibutuhkan bagi semua kalangan anak-anak dan remaja untuk menjunjung nilai pendidikan mereka, dari sini untuk terus melanjutkan pendidikan dan pengajaran dalam masyarakat, maka dilaksanakanlah pembelajaran melalui system internet atau sering kita sebut dengan kata DARING.

Dalam pembelajaran system tersebut dapat kita ambil banyak manfaat maupun kekurangan darinya, karena dalam pembelajaran ini para murid tidak dapat bertemu langsung oleh guru masing-masing, dalam pembelajaran daring ini kita akan menemukan kurangnya efektifitas pembelajaran bagi para murid, yang disebabkan oleh kurangnya pertemuan antara murid dan guru, sehingga murid kurang terkontrol dalam belajar.

Dan banyak pula orang tua yang tidak dapat mengawasi secara langsung pembelajaran anak-anak mereka, hingga mereka lengah dan anak-anak pun tidak mendapatkan perhatian khusus dari orang tua, dan dalam pembahasan ini kita juga dapat menilai tentang komitmen atau kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran tanpa batas untuk anak-anak sangatlah kurang, karena pembelajaran secara langsung dikelas sangatlah lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas.

Oleh karena itu para guru tidak dapat memberikan kemampuannya secara langsung untuk para muridnya, sehingga kita akan menemukan kurangnya kualitas dalam pemberian informasi dan kemampuan pembelajaran yang tanpa batas dalam masa pandemi ini, tidak hanya sekedar anak-anak dalam bangsu sekolah namun para mahasiswi dan mahasiswa pun merasakan dampak dan efek yang sama, sehingga kurangnya pendirian dalam melakukan pembelajaran bagi guru.

Sehingga guru memiliki banyak sekali tantangan dalam memberikan ilmu dan pengetahuannya bagi para murid, karena kemampuan guru sendiri untuk memberikan semua pengetahuannnya terhalang oleh pembelajaran secara daring itu sendiri, oleh karena itu kompetensi guru saat pandemi ini sangatlah terbatas oleh banyaknya keadaan yang ada, dan kurangnya ilmu yang diterima oleh para murid pula dalam melakukan pembelajaran ini, karena banyak dari murid yang kurang memperhatikan gurunya saat melakukan dan melaksanakan masa pembelajaran daring tersebut.

Dalam masa pandemi ini kita banyak sekali belajar tentang pentingnya pendidikan secara efektif bagi para murid dan mahasiswa, potret dari dunia pendidikan dapat kita ambil dan kita lihat melalui berapa banyaknya usaha murid dan mahasiswa dalam menerima pendidikan dalam hidupnya, karena pandemi ini memberikan kita gambaran bagi dunia bahwasanya semua ini adalah teguran dari yang maha kuasa.

Dalam proses apapun kita belajar, semua tergantung dari niat dan kemampuan para murid untuk bisa dan mau menerima ilmu yang diberikan oleh para guru, oleh karena itu kita haruslah memiliki banyak keinginan untuk dapat menerima ilmu dari para guru, karena itu guru juga memiliki banyak sekali peran penting bagi masyarakat di seluruh dunia, karena GURU HEBAT BANGSA KUAT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image