Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eko Tri Suyanti

Penguatan Literasi Menawan SD Eka Tjipta Seruyan

Eduaksi | Tuesday, 07 Jun 2022, 08:52 WIB

Sekolah Dasar Eka Tjipta Seruyan menyelenggarakan kunjungan ke beberapa tempat sebagai bentuk pelaksanaan salah satu program literasi sekolah. Radar Sampit dan Perpustakaan Daerah Kotawaringin Timur menjadi pilihan untuk menambah wawasan peserta didik untuk mendekatkan dengan sumber informasi. Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2022 dan dikuti oleh siswa kelas VI dan beberapa guru pendamping.

Radar Sampit menjadi tempat pertama yang di datangi oleh rombongan. Radar sampit adalah perusahaan yang menyediakan informasi, berita yang berada diwilayah Kalimantan Tengah. Disini siswa mengenal sumber informasi selain buku yang ada di perpustakaan sekolah. Materi tentang penyusunan berita hingga menjadi sebuah surat kabar yang diterbitkan di berikan langsung oleh bapak Tono Triyono ,S.Sos. Selain informasi dan ilmu yang diberikan pada kesempatan kali ini peserta didik juga ditunjukan mesin untuk mencetak surat kabar. “ Selain melalui surat kabar masyarakat juga dapat mengakses berita melalui website resmi sebagai literasi digital” imbuh bapak Tono Triyanto.

Kunjungan selanjutnya adalah Perpustakaan Daerah Kotawaringin Timur yang dikenal juga dengan nama Perpusda Kotim. Siswa mengenal beragai jenis buku bacaan yang tidak ada di koleksi perpustakaan sekolah. Ditempat ini peserta didik juga mendapatkan pengetahuan bahwa perpustakaan bukan hanya sekedar untuk mencari informasi namun sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk tulisan.

Ibu Erna Yohana M selaku kasie Layanan dan Pengolahan Bahan Pustaka juga memberikan petunjuk bagaimana sekolah dapat melakukan kerjasama dalam peminjaman buku. Kunjungan kali ini semua peserta didik merasa senang karena dapat membaca buku pengetahuan yang lebih menarik.

Wajah bahagia karena mendapatkan pengalaman berharga terpancar nyata disetiap wajah para siswa. Sambutan hangat dari semua jajaran pada perjalanan ini membuat para siswa ingin kembali dan terus kobarkan literasi untuk negri.

  • #sd
  • #
  • Disclaimer

    Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

    Berita Terkait

     

    Tulisan Terpilih


    Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

    × Image