Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya Terhadap Industri Pariwisata

Image
Nabilah Putri sihaf
Wisata | Sunday, 05 Jun 2022, 16:58 WIB

A. PENGERTIAN LINTAS BUDAYA

Apa yang dimaksud lintas budaya? Kondisi dimana suatu budaya berinteraksi dengan budaya lain dan kedua nya memberikan pengaruh baik negatif maupun positif. Seperti Ketika ada manusia dengan adat dan kebudayaan nya sendiri dan bertemu manusia yang berbeda adat dan kebudayaan nya berinteraksi dan saling memberikan pengaruh terhadap satu sama lain nya.

B. PENTINGNYA LINTAS BUDAYA

Pemahaman terhadap budaya orang suatu masyarakat sangatlah penting, terutama bagi orang yang bekerja di hospitality dan tourism industry karena dalam keseharian nya mereka berinteraksi langsung dengan orang orang yang berasal dari kebudayaan berbeda.

Secara garis besar pemahaman lintas budaya tersebut mencangkup mengenai nilai nilai, kepercayaan, sikap, pola pikir, adat istiadat, kebiasaan, bahasa dan cara berkomunikasi.

Jika tidak ada nya rasa untuk saling mengerti dan memahami terhadap budaya orang di sekitar nya maka akan menimbulkan kesalahpahaman dan konflik berkepanjangan. Maka dari itu sangatlah penting untuk para pekerja di bidang hospitality dan tourism industry untuk memahami betul mengenai pemahaman lintas budaya.

C. TUJUAN PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA

Pemahaman lintas budaya akan diperlukan oleh orang yang bekerja berhubungan langsung dengan orang orang yang memiliki budaya yang berbeda seperti orang yang bekerja di hospitality dan tourism industry yang bidang pekerjaan nya melibatkan interaksi dan hubungan dengan orang orang yang berasal dari berbagai budaya. bukan hanya dengan turis dan pekerja asing, tetapi negara kita pun merupakan negara yang heterogen yang memiliki banyak suku,adat istiadat,kebudayaan,ras,etnis dan agama yang beragam.

Misalnya Stereotip tentang orang batak adalah orang yang kasar, orang jawa adalah orang yang lamban dan tidak dapat diandalkan dapat menimbulkan kesalahpahaman dan konflik yang berdampak negatif, kesalahpahaman antar budaya dapat dikurangi bila kita mengetahui bahasa dan budaya orang lain serta mengetahui prinsip prinsip komunikasi antar budaya dan mempraktikan dalam berkomunikasi dengan orang lain terutama dengan tamu dan turis. Dengan tujuan pemahaman lintas budaya seperti :

1.Menyadari bias budaya sendiri

2. Lebih peka terhadap perbedaan

3. Mendapatkan tempat yang tepat untuk terlibat dengan budaya lain

4. Mengembangkan pemahaman yang lebih atas budaya sendiri

5. Memperdalam pengalaman orang

6. Menambah skill berkomunikasi yang baik

7. Membantu memahami dan mengaplikasikan komunikasi antar budaya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Destinasi Pariwisata, Universitas Airlangga

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Unisa Yogya dan Orang Tua Wali Sepakat Memajukan Pendidikan Bangsa

Image

Penuh Semangat Kalapas Permisan Ikuti Touring Trail Adventure Pemasyarakatan Jawa Timur

Image

Wakil Bupati Banyumas : Saya Bangga Jadi Alumni UMP

Image

Certified Trainer of AR Learning Center (CT-ALC)

Image

Rektor Unisa Yogya: Kami Hadir Untuk Seluruh Lapisan Masyarakat

Image

Serunya Nonton Ala Bioskop Di Rumah Bersama IndiHome Cinema

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->