Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

7 Tips Merawat Motor Matic Yang Benar Agar Selalu Panjang Umur

Eduaksi | Saturday, 04 Jun 2022, 19:57 WIB

Saat ini motor matic menjadi banyak incaran dikalangan masyarakat Indonesia, sebab motor matic lebih mudah digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Apalagi buat para cewe, motor matic menjadi pilihan karena tidak riber digunakan dan lebih nyaman.

Namun, jangan asal ngegas aja sob motor juga perlu dirawat dengan baik dan benar agar memiliki umur yang panjang dan awet. Agar tidak cepat rusak harus tau nih tipsnya dibawah ini.

Pengguna sepeda motor saat ini didominasi oleh pengguna sepeda motor matic. Siapapun, laki-laki atau perempuan, tanpa memandang usia atau jenis kelamin, dapat dengan mudah mengendarai sepeda motor ini. Mungkin Anda salah satu pengguna sepeda motor.

Dalam hal perawatan, sepeda motor tidak jauh berbeda dengan sepeda motor bebek dan sepeda motor sport. Namun, sepeda motor membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Secara khusus, sepeda motor menggunakan teknologi injeksi yang membutuhkan perhatian khusus.

Jika Anda memiliki sepeda matic, beberapa tips berikut akan membantu Anda merawat sepeda matic Anda. Dapat diaplikasikan langsung ke mesin matic untuk menjaga durabilitas dan umur panjang sepeda motor. Agar lebih faham GPSKU akan memberikan tips dibawah ini khusus untuk sobat pengguna motor matic.

7 Tips Menjaga dan Merawat motor Matic Agar Selalu Awet

1. Hindari kehabisan bensin

Agar sepeda motor Anda lebih awet, hindarilah sampai Anda kehabisan bensin. Jangan menghentikan sepeda motor Anda di jalan karena Anda mungkin lupa mengisi bahan bakar atau sengaja menundanya. Hal ini dapat membahayakan kondisi mesin matic sepeda motor khususnya pada sepeda motor matic injeksi.

Jadi biasakan untuk selalu memeriksa tingkat bahan bakar Anda sebelum mengemudi. Kedua, jika Anda berada dalam keadaan wajib, Anda dapat membeli gas dari pengecer pinggir jalan untuk mencegah kekurangan bahan bakar.

2. Stabilkan putaran mesin

Sepeda Motor Ketika kebiasaan buruk pengguna adalah putaran mesin tinggi, throttle tiba-tiba diturunkan dan kecepatan dinaikkan lagi dengan segera.

Jika Anda melakukannya secara konsisten, praktik ini akan memengaruhi umur mesin dan sabuk mesin Anda. Berkendara dengan kecepatan konstan dan berhati-hatilah saat mengemudi.

3. Hangatkan sepeda motor sebelum berkendara

Sangat disarankan agar semua kendaraan listrik menghangatkan kendaraan setiap pagi atau sebelum berkendara. Mesin dipanaskan sehingga oli di mesin tercampur sempurna.

Untuk menghangatkan mesin, cukup dengan menjalankannya selama 5-10 menit. Juga sangat disarankan jika Anda ingin memanaskan motor matic di Kickstarter agar tidak boros baterai.

4. Ganti oli mesin dan oli peredam kejut secara berkala

Oli mesin bisa diganti secara rutin setiap dua bulan sekali tergantung pemakaian. Mungkin juga perlu mengganti oli kejut secara teratur untuk memastikan pengoperasian yang benar.

5. Hindari pengisian bahan bakar dengan bensin komersial

Saat mengisi bahan bakar, kemurnian bensin adalah kriteria pertama untuk menjaga ketahanan mesin otomatis. Kami menyarankan Anda membeli bensin di pom bensin terdekat. Hal ini dapat menunda pengecer bensin yang menjual bensin tidak murni.

6. Servis Rutin di Bengkel Resmi

Keuntungan servis di Bengkel Resmi adalah mengganti suku cadang asli tergantung dari sepeda motor yang Anda beli. Jika ada kerusakan yang perlu diganti, bengkel bisa menggantinya dengan spare part yang tersedia.

Tentu saja, ini ramah kantong, tetapi jika Anda benar-benar ingin menjaga sepeda Anda dalam kondisi prima, itu sangat berharga. Menggunakan suku cadang asli membuatnya lebih tahan lama daripada suku cadang non-asli.

7. Anda harus rajin mencuci sepeda motor

Saat mencuci sepeda motor, sepeda motor mungkin terlihat seperti baru lagi. Tidak hanya itu, mencuci motor juga membuat komponen di dalam motor matic menjadi lebih awet. Jadi seringsering bersihin motor kamu ya.

Nah, jika sudah dilakukan perawatan terhadap motor matic sobat, sisanya tinggal meningkatkan keamanan motor dengan memasang gps motor yang terbaik dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Hebatnya lagi sobat bisa mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh, bukan hanya melacaknya melalui smartphone.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image