Guru Pengajar Praktik

Image
Darma Wati
Curhat | Saturday, 04 Jun 2022, 17:28 WIB
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Derap langkahku dari Calon Guru Penggerak hingga ke Guru Penggerak, mengantarkanku menjadi Guru Pengajar Praktik, dalam program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, Teknologi, yakni Guru Penggerak. Luncuran program ini saya sangat responi sebagai seorang guru. Hal inilah yang terus meronrong jiwa ragaku dan menyulut semangatku untuk terus bergabung. Rasanya, bergabung dalam program ini penuh dengan seni hingga ke kompetisi.

Bergabung dalam program ini melahirkan rasa keindahan bagi jiwa yang berhasil merasakannya. Inilah satu alasan sehingga saya mengatakan bahwa mengandung nilai seni atau keindahan. Selain itu, saya merasakan ada kesan kompetisi. Kompetisi bukan berarti mengalahkan yang lain kompetisi dalam hal ini menuntut kita tuk terus memacu diri dengan melakukan upaya kreatif dan konstruktif untuk menjadi bagian dalam program ini.
Saya sendiri awalnya kurang memahami orientasi program ini. Akan tetapi, berkat intensitas bergabung dalam webinar, membaca artikel terkait program ini, hingga melibatkan diri, akhirnya saya merasa terus terpanggil untuk menjadi bagian dari transformasi pendidikan Indonesia.

Awalnya saya dalah Calon guru Penggerak. setelah melalui Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2 selama 9 bulan lamanya, saya berhasil menjadi Guru Penggerak, dan memperoleh sebuah sertifikat Pendidikan. Selanjutnya saya mendaftar sebagai Caon Pengajar Praktik. setelah melalui seleksi berupa penulisan artikel dan wawancara oleh tim asesor, saya dinyatakan lulus. Tugas saya selanjutnya adalah mengikuti pelatihan Calon Pengajar Praktik Selama 2 pekan dengan materi yang sangat menarik, walau sangat padat. berkolaborasi dalam dunia maya serta melakukan telaah mendalam sekaitan tugas pengajar praktik menjadi kebiasaan baru yang serta merta saya lakukan dalam 2 pekan itu.Alhasil saya berhasil menyelesaikan pelatihan dan berhasil menjadi Guru Pengajar Praktik Guru Penggerak untuk Angkatan 5. dalam hal ini khusus Kabupaten Bulukumba, Calon Guru Penggerak yang terlahir adalah sebanyak 20 Orang. 15 orang diantaranya ditugaskan di angkatan 5, salah satunya adalah saya. 5 orang lainnya akan ditugaskan pada angkatan berikutnya.

Dalam mengembang tugas ini Tim kami dalam pengelaolaan Satker P4TK Penjas BK.

Calon guru penggerak yang sementara dibina di Kabupaten Bulukumba adalah sejumlah 75 orang yang berasal dari berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingggga Sekolah Menengah Atas (SMA). Tiap satu orang Pengajar Praktik mendamping secara intensif 5 orang Calon Guru Penggerak dalam kegiatan lokakarya dan pendampingan individu. Untuk angkatan 5, sekarang ini sudah memasuki pendampingan individu 1 yang dikenal dengan singkatan PI-1. Tema dasar pendampingan ini seputar refleksi kompetensi guru penggerak. Teknik pendampingan ini berupa kunjungan ke sekolah CGP dan melakukan diskusi dan membahas beberapa hal yang sekaitan dengan kompetensi guru penggerak.

Salah satu nilai plus yang saya rasakan dalam PI-1 ini adalah mudahnya mengoneksikan antara kebutuhan pendampingan dalam PI-1 karena sudah memiliki basic wawasan akan konten materi yang dikuasai CGP termasuk yang dipelajarinya dalam Learning Manajemen Sistem (LMS) bersama fasilitator dan instruktur. Sebagai pengajar praktik (PP) saya sudah merasakan bagaimana mendampingi CGP dalam lokakarya dalam PI. Kegiatan ini sangat mendukung pengalaman saya sebagai guru sekaligus sebagai pendamping Calon Guru Penggerak, menuju trasnformasi pendidikan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang guru. Menulis adalah salah satu hobi saya, dan Belajar sepanjang hayat adalah prinsip hidup saya.

SELENDANG PERKASA

Bentuk Karakter Anak Melalui Puasa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Program pembuatan ruang literasi sebagai bentuk peningkatan minat baca SDN 13 Tambun Sukkean kecamat

Image

Peringatan HUT RI ke 77, Rutan Purworejo Tampilkan Beragam Baju Daerah Ala Model Profesional

Image

HUT RI Ke-77, 22 WBP Lapas Terbuka Nusakambangan Mendapat Remisi, 5 diantaranya Langsung Bebas

Image

Makna Hijrah dan Momentum Peringatan Kemerdekaan

Image

Terus Belajar, Menginspirasi, Memberi Manfaat, HUT RI ke-77 SIT Tunas Bangsa

Image

Upacara Kolaboratif HUT RI ke-77 ala SMP Mugadeta

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image