Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Naela Alvianita Azzahra

Pentingnya Mengkonsumsi Ikan bagi Tubuh

Kuliner | Saturday, 04 Jun 2022, 13:49 WIB

Indonesia merupakan negara maritim yang terbagi atas pulau-pulau dan sebagian wilayahnya merupakan perairan yang cukup luas. Potensi yang cukup luas terdapat di laut Indonesia berupa sumber daya alam yang melimpah, termasuk didalamnya terdapat banyak spesies ikan khususnya ikan yang dapat dikonsumsi. Oleh sebab itu, seharusnya sektor perikanan memiliki peluang yang cukup besar untuk dapat berkembang.

Sumber : Liputan6.com

Negara ini seharusnya dapat memanfaatkan kekayaan alamnya secara maksimal, kita tentu sudah mengetahui bahwasannya indonesia sebagai negara dengan cakupan perairan yang cukup luas, dimana di dalamnya terdapat banyak jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi penduduk indonesia dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan protein penduduk indonesia. Namun , kita mengetahui bahwasannya penduduk indonesia memiliki tingkat konsumsi ikan yang masih dikategorikan rendah bahkan di kawasan Asia Tenggara Indonesia masih kalah dari Singapura dan Malaysia apalagi jika dibandingkan dengan Jepang dan Korea. Rendahnya konsumsi ikan perkapita penduduk di indonesia berbanding terbalik dengan wilayahnya yang kaya akan sumber protein nabati ini.

Ikan memilki banyak kandungan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak Omega 3, 6, 9 yang baik manfaat nya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan atau sumber protein yang lain nya. Mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan maupun dalam mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal bagi kesehatan tubuh

Sumber : hellosehat.com

Manfaat mengkonsumsi ikan antara lain yaitu :

Jantung :

Di dalam minyak ikan terdapat asam lemak tidak jenuh Omega 3 terutama Eikosa Pentaenoat (EPA) dan Dakosa Heksaenoat (DHA) yang dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida dan lipoprotein darah. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol, trigliserida dan lipoprotein.

Otak :

Mengkonsumsi ikan dapat mengurangi risiko penurunan fungsi otak. Pikun atau Alzheimer, adalah penyakit gangguan otak yang secara bertahap merusak sel-sel otak, dimana fungsi kognitif (memori dan komunikasi) menjadi terganggu dan berdampak terhadap pengendalian diri seseorang. Mengkonsumsi ikan minimal satu kali per minggu sangat bermanfaat bagi kesehatan syaraf dan dapat mencegah penuaan dini termasuk pikun.Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Sehingga konsumsi ikan untuk anak sangat dianjurkan untuk merangsang perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Kulit :

Dengan mengkonsumsi ikan dapat mencegah penuaan dini dan penuaan kulit, sehingga tanda-tanda penuaan pada kulit seperti keriput dapat diperlambat. Ikan sangat kaya akan Vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.Ikan dan produknya merupakan makanan yang dikonsumsi di seluruh dunia. Ikan menyediakan protein berkualitas tinggi. Lebih dari satu miliar penduduk dunia mengandalkan ikan sebagai sumber protein utama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image