Pentingnya Mengkonsumsi Ikan bagi Tubuh

Image
Naela Alvianita Azzahra
Kuliner | Saturday, 04 Jun 2022, 13:49 WIB

Indonesia merupakan negara maritim yang terbagi atas pulau-pulau dan sebagian wilayahnya merupakan perairan yang cukup luas. Potensi yang cukup luas terdapat di laut Indonesia berupa sumber daya alam yang melimpah, termasuk didalamnya terdapat banyak spesies ikan khususnya ikan yang dapat dikonsumsi. Oleh sebab itu, seharusnya sektor perikanan memiliki peluang yang cukup besar untuk dapat berkembang.

Sumber : Liputan6.com

Negara ini seharusnya dapat memanfaatkan kekayaan alamnya secara maksimal, kita tentu sudah mengetahui bahwasannya indonesia sebagai negara dengan cakupan perairan yang cukup luas, dimana di dalamnya terdapat banyak jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi penduduk indonesia dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan protein penduduk indonesia. Namun , kita mengetahui bahwasannya penduduk indonesia memiliki tingkat konsumsi ikan yang masih dikategorikan rendah bahkan di kawasan Asia Tenggara Indonesia masih kalah dari Singapura dan Malaysia apalagi jika dibandingkan dengan Jepang dan Korea. Rendahnya konsumsi ikan perkapita penduduk di indonesia berbanding terbalik dengan wilayahnya yang kaya akan sumber protein nabati ini.

Ikan memilki banyak kandungan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak Omega 3, 6, 9 yang baik manfaat nya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan atau sumber protein yang lain nya. Mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan maupun dalam mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal bagi kesehatan tubuh

Sumber : hellosehat.com

Manfaat mengkonsumsi ikan antara lain yaitu :

Jantung :

Di dalam minyak ikan terdapat asam lemak tidak jenuh Omega 3 terutama Eikosa Pentaenoat (EPA) dan Dakosa Heksaenoat (DHA) yang dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida dan lipoprotein darah. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol, trigliserida dan lipoprotein.

Otak :

Mengkonsumsi ikan dapat mengurangi risiko penurunan fungsi otak. Pikun atau Alzheimer, adalah penyakit gangguan otak yang secara bertahap merusak sel-sel otak, dimana fungsi kognitif (memori dan komunikasi) menjadi terganggu dan berdampak terhadap pengendalian diri seseorang. Mengkonsumsi ikan minimal satu kali per minggu sangat bermanfaat bagi kesehatan syaraf dan dapat mencegah penuaan dini termasuk pikun.Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Sehingga konsumsi ikan untuk anak sangat dianjurkan untuk merangsang perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Kulit :

Dengan mengkonsumsi ikan dapat mencegah penuaan dini dan penuaan kulit, sehingga tanda-tanda penuaan pada kulit seperti keriput dapat diperlambat. Ikan sangat kaya akan Vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.Ikan dan produknya merupakan makanan yang dikonsumsi di seluruh dunia. Ikan menyediakan protein berkualitas tinggi. Lebih dari satu miliar penduduk dunia mengandalkan ikan sebagai sumber protein utama.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Universitas Airlangga'21

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Image

Unisa Yogyakarta Tandatangani Kerjasama dengan Pemkab Kapuas Hulu

Image

Pariwisata Religi Solo-Magetan, Akulturasi Budaya Islam-Jawa

Image

Cyberbullying Pengaruhi Kesenjangan Sosial Masyarakat

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Image

21 Tahun Berikhtiar, YBM BRILiaN Kembali Raih Penghargaan Indonesia Fundraising Award 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image