Warga Binaan Rutan Pasangkayu, Dibimbing Baca Iqra dan Al-Qur’an

Image
Rutan Pasangkayu
Info Terkini | Saturday, 04 Jun 2022, 08:04 WIB
WBP Rutan Pasangkayu Mengikuti Kegiatan Pembelajaran Iqra' Untuk Yang Belum Bisa Membaca Al-Qur'an. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (04/06)

Pasangkayu - Pembelajaran iqra adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka membentuk dan membina kepribadian warga binaan pemasyarakatan (WBP) khususnya yang beragama Islam di lingkungan Rutan Kelas IIB Pasangkayu. Diwajibkan utamanya bagi warga binaan yang kurang lancar atau tidak tahu membaca Al-Qur’an.

Kegiatan ini telah berlangsung sejak lama, karena disadari masih terdapat beberapa warga binaan yang kurang paham dan mengerti dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran iqra ini hadir untuk mewadahi dan memenuhi hak-hak warga binaan untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran.

Petugas Pembina Kepribadian Mengawasi dan Membina WBP Rutan Pasangkayu Dalam Pembelajara Iqra. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (04/06)

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin sampai dengan Jumat mulai pukul 09:00 - 10:00 di Masjid Nurul At-Taubah Rutan Pasangkayu. Sampai hari ini, kegiatan ini telah diikuti oleh 44 orang warga binaan yang diajari oleh sekitar 15 orang takmir masjid (remaja masjid) serta diawasi oleh seorang pegawai pemasyarakatan dalam hal ini kepala bagian pembinaan kepribadian.

Kegiatan ini dimulai dengan pengarahan dan pembacaan doa sebelum memulai kegiatan oleh Pegawai Pembina Kepribadian. Kemudian peserta dibagi per kelompok untuk diajari membaca dan memahami Al-Qur’an. Mulai dari membaca dan mengenal huruf hijaiyyah, mengeja dan membaca satu ayat, hingga warga binaan dapat membaca Al-Qur’an secara lancar.

Dengan adanya kegiatan ini tentunya dapat memberikan nilai positif bukan hanya bagi warga binaan, tetapi juga untuk pegawai pemasyarakatan agar dapat berbaur dan saling memahami sehingga tercipta suasana yang harmonis antara pegawai dengan warga binaan. Kelak, setelah warga binaan menjalani masa pidananya, ia dapat diterima kembali oleh masyarakat dengan bekal ilmu yang telah mereka dapatkan di Rutan Pasangkayu ini.

WBP Rutan Pasangkayu Mengikuti Kegiatan Pembelajaran Iqra' Untuk Yang Belum Bisa Membaca Al-Qur'an. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (04/06)
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Akun Resmi Rutan Kelas IIB Pasangkayu Sulawesi Barat #KumhamSulbar #KanwilKemenkumhamSulbar #KemenkumhamSemakinPasti #KamiPasti #RutanPasangkayu #Rupa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kebijakan Keimigrasian Terbaru Bantu Industri Pariwisata dan Film Internasional

Image

Sosialisasi Peran Perangkat Daerah dalam Melakukan Pengawasan Orang Asing

Image

Percepatan Pemanfaatan Data Sistem Penanganan Perkara Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI)

Image

Meriah! Sebanyak 3.000 Peserta Akan Menghadiri Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah

Image

Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Jateng Paparkan Hasil Rapat Koordinasi

Image

Kepala Rutan Temanggung Ikuti arahan Menkumham lewat Kakanwil Kemenkumham Jateng

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image