Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

6 Penyebab Ban Motor Gundul, Berbahaya

Eduaksi | Monday, 30 May 2022, 18:48 WIB

Ban Motor Gundul atau Botak - Ban sepeda motor tidak hanya menopang beban berat pada sepeda motor Anda, tetapi juga menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan raya. Perforasi atau keausan pada ban sepeda motor dapat membahayakan keselamatan dan kenyamanan, bahkan berisiko kecelakaan di jalan licin dan keausan ban sepeda motor.

Kesalahan ini menyebabkan umur motor bervariasi dari motor ke motor. Dengan kata lain, umur ban tidak selalu bergantung pada material tanah yang digunakan dan struktur ban itu sendiri.

Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab ban motor gundul atau botak ini, GPSKU akan memberikan informasinya untuk sobat semua agar dapat menghindari ancaman bahaya karena ban motor yang tidak layak pakai, yuk simak dibawah ini!

6 Penyebab Ban Motor Gundul Dan Cepat Botak, Ganti Segera!

1. Jaga agar ban tetap kotor dan jangan pernah dibersihkan.

Anda tidak pernah tahu bahwa setiap hari permukaan ban sepeda motor Anda masih terkena berbagai bahan kimia penyebab kebotakan ban. Pastikan untuk membersihkan ban sepeda Anda setiap hari dan setiap malam. Bersihkan ban motor Anda dengan sabun dan sikat khusus hingga noda lengket hilang.

2. Frekuensi pengangkutan barang berat

Perhatikan juga kargo yang Anda angkut. Membawa beban berat seringkali dapat meningkatkan gesekan antara ban dan aspal. Melakukan hal ini berulang-ulang akan membuat Anda botak pada ban sepeda motor Anda.

3. Jarang memeriksa tekanan ban.

Banyak orang melemahkan tekanan ban. Jika permukaan ban lemah, aspal akan bergerak dengan keras meskipun ban terkena. Prediksikan ini dengan memberi ban tekanan udara yang benar.

4. Kami rata-rata jarang memarkir sepeda motor.

Hal ini sering diremehkan oleh para pemilik sepeda motor. Pasalnya, parkir di sisi standar kerap mempengaruhi kualitas ban. Memarkir sepeda Anda di kemiringan normal dapat melemahkan ban Anda. Oleh karena itu, biasakan memarkir sepeda motor Anda dengan standar standar atau sedang.

5. Sering melakukan pengereman mendadak.

ini dikarenakan bandelnya para pengendara sepeda motor yang nekat berbahaya dengan mengendarai motor berkecepatan tinggi.

Mereka sering mengerem secara tiba-tiba. Memang karena pengereman mendadak, ban cepat terkelupas. Dan pastinya bukan hanya membahayakan diri sendiri namun pengendara lain juga terkena imbasnya.

6. Lakukan pekerjaan berbahaya sesering mungkin (hindari penyok dan cepat membelokkan mobil ke tikungan tajam).

Jenis serangan ini mengurangi umur ban. Hal ini dikarenakan gesekan ban saat berputar juga kuat dan lembut serta percaya diri mengikis permukaan luar ban.

Jadi, setelah membaca artikel ini diharapkan sobat bisa labih dapat memperhatikan ban motor gundul yang bisa memicu terjadinya kecelakaan, terutama saat jalanan licin.

Segera ganti dengan yang baru ya sob jika ban motor sudah tak layak pakai lagi, jangan dibiarkan sampai robek!.

Nah, jika sudah diganti dengan yang baru tinggal dilengkapi dengan memasang gps pada motor kesayangan anda, hal ini bertujuan agar motor bisa menjadi lebih aman dan terhindar dari kasus pencurian.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image