Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Sisi Termahal dari Anak Kita

Eduaksi | Monday, 30 May 2022, 00:55 WIB
Dok. Martunis. Sukma Bangsa Pidie. Aceh

MEMBAYANGKAN anak di hadapan kita, sebenarnya sedang membayangkan kefitrian, kesucian yang Allah amanahkan.

Inilah sifat utama yang ia bawa dan yang dititipkan Allah dalam dirinya. Fitrii dalam makna bukan semata suci dan keislaman, tetapi merangkum semua potensi baik yang semampunya bisa ia maksimalkan.

Hadis Nabi yang mengisyaratkan “kedua orangtuanyalah yang membentuknya kemudian”, diindikasikan oleh ahli pendidikan sebagai faktor eksternal (lingkungan luar) yang memengaruhinya secara konstan.

Bahkan, saat ia telah mandiripun, masih besar pengaruh rekaman mental yang ia terima kala kecil dalam perilaku dewasanya. Misalnya, saat ia berinteraksi dengan lawan jenisnya, bisa ditentukan dari seberapa baik pengalaman yang ia terima dari ayah-ibu dan lingkungan sekitarnya dulu.

Pengalaman yang Mengkristal:

Penghargaan dia terhadap pekerjaan, ilmu dan seterusnya diwarnai oleh pengalaman yang ia terima sebelumnya.

Yah.. walaupun ia dapat mengubah pengalaman pahit menjadi sesuatu yang mesti ia perbaiki, tapi berat baginya mengondisikan kenyataan tersebut hingga membuatnya bahagia.

Pepatah menyebutkan, kesenangan anak terhadap masa kecilnya dan penerimaan akan dirinya dapat menjadi dasar yang sangat baik bagi kedewasaannya.

Kalimat ini bukan menjadi penjamin, tetapi dapat membuka perspektif kita untuk memberikan ruang yang tepat bagi segenap potensinya, termasuk bagaimana kita mengelola sifat fujurnya untuk lebur ke dalam karakter taqwa, tentu dengan beragam pendekatan dan pembinaan.

Tugas Berat

inilah tugas besar kedua orang tua selaku madrasah utama dan lembaga pendidikan dalam memengaruhi prilaku anak, hingga ia matang sebagai pribadi.

Kealpaan kita akan hal ini, dan kecerobohan kita dalam menangkal dampak buruk lingkungan akan menagih biaya mahal bagi perbaikan masyarakat dan kemajuan bangsa di kemudian hari.

Sesungguhnya, apa yang dipetik masyarakat kita hari ini, dari menjamurnya kasus korupsi dan prilaku menyimpang lainnya hanyalah buah dari yang ditanam dulu.

Buah dari apa yang pernah diterima anak saat ia kecil (inner child, kata sebagian psikolog), ketidakpuasan dan kemarahan (sikap fujur/negatif) mereka yang mengendap di dalam bawah sadar yang terbawa dalam perkembangan pribadinya.

Hal Termahal, Penutup:

Sehingga, memelihara kefitrian si anak dan merawat kebahagiannya menjadi hal termahal yang tak boleh diabaikan.

Marilah, secara bersama memperbaiki pola interaksi kita terhadap anak dan menjadikan lingkungan di luar anak ikut serta dalam membantu munculnya sikap positif, sekaligus menjadi pengontrol saat mereka berbuat salah.

Misal, alangkah baik pemilik toko rokok tidak menjual rokoknya ke anak-anak, itulah contoh terkecil yang berdampak bagi perbaikan masyarakat kita ke depan.[]

ket: pertah tayang di portalsatu aceh. 2019. dengan beberapa perubahan kecil.

Taufik Sentana *Guru dan peminat kajian sosial-budaya. Tergabung dalam Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Aceh Barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image