FMWhatsApp V 9.21 Update Mei 2022 Anti-Trojan

Image
Nizam NY
Teknologi | Saturday, 28 May 2022, 14:02 WIB

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang banyak dimodifikasi. Aplikasi FMWhatsApp merupakan versi modifikasi dari aplikasi chat ini, yang diklaim anti-banned.

Versi ini juga menawarkan banyak fitur yang tidak diberikan dari versi asli, diantaranya terkait hal penyesuaian, privasi, keamanan, dan lainnya.

Dilansir GB Plus, FMWhatsApp memiliki beberapa fitur yang disediakan yang dinilai lebih baik dari aslinya, sebagai berikut :

Pertama, diantara beberapa fitur yang ada di FMWhatsApp adalah yang memungkinkan pengguna untuk tidak diketahui saat melihat status pengguna lainnya. Dengan kata lain, mengaktifkan fitur ini membuat Anda dapat diam-diam mengamati status yang dibagikan atau diunggah orang lain tanpa diketahui oleh mereka.

Kedua, ada freeze last seen yang memungkinkan untuk menyembunyikan kapan terakhir kali Anda terlihat atau membuka maupun menggunakan WhatsApp. Dalam versi asli, ada pilihan untuk mematikan fungsi last seen, namun konsekuensinya, Anda juga tidak dapat melihat di orang lain.

Karena itu, dengan FMWhatsApp, Anda dapat memilih freeze last seen dan menyembunyikan waktu terakhir membuka aplikasi ini, namun bersamaan tetap bisa melihat status last seen pengguna lainnya.

Ketiga, ada fitur menyembunyikan apakah Anda sudah menerima atau membaca pesan dari pengguna lain. Ini juga berlaku untuk tanda centang biru.

Dengan demikian, pengirim tidak akan tahu apakah Anda sudah melihat pesannya atau belum. Hanya ada satu centang yang muncul, meski sudah dibaca oleh Anda yang menggunakan FMWhatsApp.

Keempat, FMWhatsApp memungkinkan Anda langsung mengirim pesan teks, suara, atau bahkan panggilan video ke siapapun tanpa benar-benar menyimpan nomor kontak mereka.

Fitur ini berguna ketika kita hanya perlu mengirim pesan teks satu kali ke seseorang dan tidak ingin nomornya disimpan di ponsel. Cukup, klik tiga titik di sudut kanan atas dan klik 'pesan nomor' dan cukup masukkan nomor, kemudian langsung kirim pesan dan mulai percakapan.

Kelima, FMWhatsApp memungkinkan Anda dapat melihat status atau cerita yang dibagikan pengguna di kontak sekalipun itu sudah dihapus. Fitur ini tentu saja memberi akses utama bagi Anda saat tidak ada lagi yang bisa melihatnya.

Keenam, FMWhatsApp hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda memilih banyak tema untuk tampilan percakapan yang menyenangkan. Ada lebih dari 100 tema tersedia di aplikasi ini.

Meski demikian, sejumlah keunggulan dari FMWhatsApp tidak membuat aplikasi ini dapat digunakan dengan nyaman begitu saja. Sebab, ada sejumlah faktor keamanan yang rentan di dalamnya.

Dilansir Hindustan Times, Kaspersky, perusahaan keamanan komputer pada bulan Agustus lalu mengeluarkan peringatan terkait versi modifikasi WhatsApp ini.

Menurut laporan Kaspersky pada Agustus lalu, aplikasi modifikasi WhatsApp seperti FMWhatsApp menggunakan modul iklan pihak ketiga yang menyertakan malware berupa Trojan.AndroidOS.Triada.ef. Triada Trojan adalah versi berbahaya yang bisa mengumpulkan data tentang perangkat pengguna, lalu mengunduh malware lainnya.

Daftar lengkap malware di aplikasi tersebut menurut Kaspersky adalah sebagai berikut :

1. Trojan-Downloader.AndroidOS.Agent.ic, Trojan yang mengunduh dan menjalankan modul jahat

2. Trojan-Downloader.AndroidOS.Gapac.e, yang mengunduh dan menjalankan modul jahat lainnya dan juga dapat menampilkan iklan layar penuh pada saat yang tidak terduga

3. Trojan-Downloader.AndroidOS.Helper.a, yang mengunduh dan menjalankan modul penginstal Trojan xHelper dan menjalankan iklan tak terlihat di latar belakang

4. Trojan.AndroidOS.MobOk.i, Trojan yang mendaftar untuk langganan berbayar

5. Trojan.AndroidOS.Subscriber.l, Trojan lain yang mendaftar untuk langganan berbayar

6. Trojan.AndroidOS.Whatreg.b, yang dapat masuk ke akun WhatsApp di ponsel, menyadap teks konfirmasi login. Perangkat tersebut kemudian dapat menjadi situs untuk berbagai jenis aktivitas ilegal seperti perdagangan ilegal.

Kaspersky membagikan beberapa tips untuk menghindarkan Anda dari kerugian akibat malware tersebut. Pertama hindari mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi dan menggunakan pengaturan perangkat Anda untuk menolak izin untuk menginstalnya.

Kedua, gunakan hanya aplikasi percakapan resmi dan unduh hanya dari toko aplikasi resmi. Meski mungkin tidak memiliki fitur yang diinginkan pengguna, tetapi ini tidak akan membanjiri ponsel Anda dengan virus.

Ketiga, periksa izin apa yang Anda berikan untuk aplikasi yang diunduh, di mana beberapa diantaranya mungkin menimbulkan ancaman nyata. Keempat sekaligus terakhir, instal aplikasi anti-virus seluler yang andal di ponsel Anda dan jangan lupa untuk memperhatikan peringatannya. Baca Selengkapnya>>

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

For Your Information

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Tingkatkan Pengelolaan Administrasi Pengelolaan Rumah Negara, Pengelola BMN Rutan Majene Ikuti Rekon

Image

Kupas Tuntas Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kejadian Miopi atau Mata Minus

Image

Penuhi Syarat, 10 Warga Binaan Lapas Pagar Alam Mendapatkan Program Asimilasi dan Integrasi

Image

Vaksinasi Massal, Rutan Pasangkayu Kerjasama Dengan BINDA dan Puskesmas Setempat

Image

Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Standar Etika Organisasi Pemerintah

Image

3 Tempat Wisata di Nusa Penida View Keren

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image