Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Neng siti Nurma

Guru hebat, guru melek teknologi. sudahkah efektifitas pembelajaran daring teratasi?

Guru Menulis | Saturday, 02 Oct 2021, 08:31 WIB

PENDAHULUAN

Kemudahan dalam mengakses seluruh aspek dalam kehidupan dapat kita raih dengan sebuah teknologi, demikian pula erat keterkaitan satu sama lain dan tinggi nya dampak dari pengaruh yang ditimbulkan tidak akan pernah terlepaskan antara teknologi dengan dunia pendidikan.

Pandemi Covid-19, membawa kita kepada era new-normal, dimana seluruh kegiatan yang biasanya dilakukan secara langsung bertatap muka satu sama lain, diharuskan dilakukan dirumah, yang mengakibatkan terganggunya banyak aktivas manusia. Tidak hanya itu saja, pandemi juga berdampak pada proses belajar mengajar antara peserta didik dan tenaga pendidik, dimana semua kegiatan harus dilakukan via online/ daring. Kendati pandemi sudah lama berlangsung dan menjadi makanan sehari hari, masih saja ada halangan atau tantangan yang masih belum terselesaikan dalam pembelajaran daring terutama bagi peserta didik.

Adapun yang menjadi fokus masalah yang akan dibahas adalah berkenaan dengan teknologi yang digunakan oleh guru sebagai tenaga pendidik dalam memberikan penyampaian bahan ajar yang baik kepada peserta didik, disamping masalah belajar daring pada umumnya seperti jaringan internet yang lambat, harga kuota yang mahal, terbatasnya akses ke perangkat, banyaknya gangguan dirumah, dan masih banyak lagi kendala lainnya yang dapat diselesaikan dengan satu tindakan nyata.

ISI

Pencapaian target materi dan penghafalan konsep merupakan target utama pada proses pembelajaran guru saat ini, dimana dalam aktivitasnya guru lah yang dominan aktif di dalam kelas. Dengan penyampaian materi yang monoton, aktivitas siswa menjadi pasif dan tidak kondusif tanpa adanya pemahaman yang jelas dan matang kegiatannya pun hanyalah sebatas mendengarkan, memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan oleh gurunya tersebut. Dengan diterapkannya proses pembelajaran yang demikian, tidak sedikit siswa mersakan jenuh dan bosan, menyebabkan pemahaman konsep yang buruk.

Prestasi peserta didik harus ditingkatkan, berkenaan dengan itu tenaga pendidik dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam penyampaian sebuah materi pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan tidak lain dengan guru yang melek akan teknologi, penggunaan aplikasi pembuatan video pembelajaran dan menguasainya, pembuatan ppt yang interaktif atau bahkan dengan mengenalkan akun shoology kepada peserta didik.

Memanfaatkan teknologi informasi sudah menjadi hal yang tidak asing bagi sebagian guru, tapi disamping itu tidak sedikit juga guru yang bahkan smartphone canggih sekalipun sudah ditangannya saja masih belum bisa memaksimalkan kegunaannya dalam pembelajaran daring atau guru yang biasa dikenal dengan istilah guru gaptek. Kendati demikian, guru dituntut untuk melek teknologi informasi sebagai kebutuhannya dalam pembelajaran daring ini.

Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikan bagi peserta didiknya adalah tahap selanjutnya yang harus dilakukan oleh guru melek teknologi agar penyampaian materi daat berjalan dengan baik. Pertama, dapat dilakukan dengan penggunaan aplikasi pembuatan video pembelajaran oleh para guru. Dimana atraktif nya kegiatan belajar daring dapat disampaikan dengan baik dengan jalur alternatif yaitu pembuatan video pembelajaran. Peserta didik akan lebih semangat belajar, dan proses pemahaman konsep pun akan lebih mudah dicerna. Video pembelajaran yang akan dibagikan sebagai bahan ajar kepada peserta didik pertama tama di siapkan terlebih dahulu materinya, kemudia pemilihan tools atau aplikasi pembuatan video pembelajaran seperti biteable, animaker,powtoon, kinemaster, filmorago, capcut dan masih banyak lagi. Langkah selanjutnya adalah proses pengambilan video atau perekaman yang kemudian akan dikemas sedemikian rupa sehingga layak dijadikan sebagai bahan ajar untuk diberikankepada peserta didik.

Yang kedua adalah berkenaan dengan dibuatnya ppt yang interaktif oleh guru. Ppt interaktif ini sangat berguna untuk peserta didik lebih memahami dan mengerti konsep sebuah materi, karena isi dari ppt sendiri adalah point point. Cara pembuatan ppt interaktif ini dapat menggunakan software Microsoft Power Point, dimana langkah awal pembuatan yaitu memilih background yang sesuai dengan materi yang akan dibahas, pengisian materi pada ppt dengan memasukan gambar yang menarik. Adapun Tab Insert – Shapes merupakan fitur utama yang amat penting dalam pembuatan ppt interaktif dan agar tombol tersebut berjalan dengan apa yang diharapkan kita dapat menggunakan shorcut Hyperlink.

Terakhir adalah mengenalkan akun shoology kepada peserta didik. Schoology yaitu sarana pembelajaran dimana anggotanya saling berinteraksi satu sama lain. Seperti LMS (Learning Management System) yang merupakan nama lain dari Schology, yang didalamnya siswa dapat mengakses materi, video pembelajaran, forum diskusi, form upload tugas, dapat melihat progress peserta didik dalam belajar, dan masih banyak lagi isi dari LMS ini. Schoology adalah jawaban dari semua masalah yang ada.

PENUTUP

perkembangan teknologi sangat pesat, begitu juga dalam aspek pendidikan. Guru dituntut untuk dapat melakukan penyampaian materi dengan baik agar peserta didik lebih memahami materi yang diberikan. Adapun penerapan teknologi oleh guru melek teknologi dapat dilakukan dengan penggunaan aplikasi pembuatan video pembelajaran dan menguasainya, pembuatan ppt yang interaktif atau bahkan dengan mengenalkan akun shoology kepada peserta didik. Melalui ketiga proses tersebut, diharapkan dapat tercapainya suasana pembelajaran yang baik dan menyenangkan bagi para peserta didik.

DAFTAR PUSTAKA

Amanda, Gita. 2020. Manfaat Penggunaan Teknologi Untuk Pendidikan. https://m.republika.co.id/berita/qjj68s423/manfaat-penggunaan-teknologi-untuk-pendidikan/ 9 November 2020 (20:17)

BLOG. 2020. 10 Tantangan Belajar Daring untuk Anak Sekolah dan Kuliah.. 26 December 2020.

Hamid, H Abdul. 2020. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dalam Pembelajaran. Artikel Ilmiah. https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/pembelajaran-aktif-kreatif-efektif-dalam-pembelajaran-h-abdul-hamid. 21 Novmber 2020 (17:45)

Giyono. 2020. Belajar Daring Memaksa Guru Melek Teknologi Informasi. https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/10/09/belajar-daring-memaksa-guru-melek-teknologi-informasi. 9 Oktober 2020.(15:04)

Webinar Series. 2020. Mengenal Aplikasi Video Pembelajaran Melalui Webinar Series BPK Penabur. 8 Juli 2020.

Koding, Juli. 2018. Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif di Power Point. 12 Juli 2018. (13:24)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image