Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image bukhori muslim

Tantangan Kompetensi Guru di Masa Pandemi

Lomba | Friday, 01 Oct 2021, 14:56 WIB

Di masa pandemi seperti sekarang mayoritas kegiatan dilakaukan secara daring. Tak terkecuali kegiatan belajar mengajar di sekolah/madrasah. Keadaan tersebut menuntut setiap guru khususnya, harus bekerja keras membuat inovasi metode pembelajaran sekaligus model evaluasi pemebelajaran daring. Tentunya ini menjadi tantangan bagi guru-guru sekaligus harus meningkatkan kompetensi dirinya. Guru tidak hanya memiliki kemampuan profesional, pedagogik, personal dan sosial, namun juga harus memiliki keterampilan menggunakan teknologi informasi untuk menunjang proses pembelajran daring.

Masalahnya sampai saat ini masih banyak guru-guru yang masih kurang terampil dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Menurut Jumeri Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud “Diperkirakan masih terdapat sekitar 60 persen guru yang masih terbatas dalam penggunaan TIK, dan ini tugas kita untuk belajar. Ini nyata sekali di pandemi Covid-19 banyak keluhan tentang kesenjangan kemampuan di antara guru, siswa dan orang tua yang beragam," Hal tersebut disampaikan dalam acara Peluncuran BimTek Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) Tahun 2021, Kamis (15/4). Jumeri juga melanjutkan bahwa “Kita masih butuh banyak konten. Untuk itu kreativitas guru-guru kita untuk membangun konten pembelajaran sangat penting,".Dari pendapat tersebut dapat diartikan, bahwa minimnya keterampilan guru dalam penggunaan TIK membawa dampak negatif yang lainnya, yaitu keterbatasan konten bahan ajar bagi siswa di dunia maya. Tentunya ini membuat pengetahuan siswa menjadi sempit dalam memahamisebuah toeri yang diajarkan oleh guru. Artinya informasi yang didaptkan hanya sebatas apa yang diketahui guru. Padahal di era saat ini yaitu erea 4.0 murid dituntut untuk mengeksplorasi terkait materi pelajaran dari berbagai sumber. Seharusnya guru harus memfasilitasi akan hal ini.

Akan tetapi untuk menghadapi tantangan tersebut, pemerintah melalui Kemendikbud sudah mengadakan sebuah pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan TIK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menargetkan 75 ribu guru dapat mengikuti Pelatihan Kompetensi Teknis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau PembanTIK tahun ini. Jika dibanding tahun sebelumnya, maka mengalami peningkatan lima ribu peserta.

Menurut Nadiem Makarim dalam acara Pembatik mengatakan “Pembatik telah menjadi salah satu program unggulan Pusat Data dan Teknologi Kemendikbud, diikuti oleh 70.300 guru di seluruh Indonesia pada tahun 2020 luar biasa. Dan tahun ini kami menargetkan 75.000 untuk mengikuti program bimbingan teknis,"

Selain mengikuti pelatihan dari pemerintah, ada cara lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan TIK. Caranya adalah sekolah merekrut beberapa ahli di bidang TIK untuk mengajari guru secara intens, terutama mengajari mereka dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik. Bisa juga memberdayakan guru-guru di sekolah yang sudah memiliki keahlian dalam bidang tersebut, kemudian diberikan kesempatan untuk mengajari sedikit-demi sedikit guru-guru yang kurang menguasi TIK.

Intinya guru dalam pandemi saat ini harus selalu meningkatkan kompetensi dirinya dengan cara apapun. Terutama dalam penguasaan TIK, supaya dapat menciptakan sebuah inovasi model pembelajaran yang menyenangkan. Dengan begitu kualitas penddidikan di Indonesia akan menjadi lebih baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image