Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Kandungan Eco Farming yang Perlu Anda Ketahui, Banyak Manfaat!

Info Terkini | Tuesday, 28 Sep 2021, 18:09 WIB
Sumber: https://www.ecofarming.support

Setiap petani pasti menginginkan hasil tanamannya berkualitas baik. Tidak hanya menyiraminya saja namun pemberian pupuk tidak boleh terlewat dan harus berkualitas baik. Terdapat salah satu produk pupuk untuk tanaman yang berkualitas terbaik yaitu eco farming. Dengan kualitas yang baik pastinya kandungan eco farming dapat memenuhi setiap kebutuhan bertani.

Kandungan - kandungan yang terdapat dalam pupuk eco farming tersebut nantinya akan membuat hasil tanaman anda memiliki kualitas terbaik.

Kandungan Pada Produk Eco Farming

Terdapat 13 kandungan pada pupuk eco farming, antara lain:

1. Unsur Hara Makro N (Nitrogen)

Unsur ini berperan penting untuk membentuk klorofil sebagai proses fotosintesis dan juga sebagai perangsang untuk pertumbuhan daun, batang, dan akar.

2. Unsur Hara Makro P (Phosphor)

Dalam unsur ini nantinya dapat merangsang pembentukan bunga dan pematangan buah agar cepat proses panennya. Kemudian menambah daya tahan tumbuhan agar kebal dari serangan hama.

3. Unsur Hara Makro K (Kalium)

Unsur ini membantu proses penyerapan air dan unsur hara lainnya pada tumbuhan. Selain itu, kalium dapat membantu penyebaran karbohidrat pada tanaman.

4. Unsur Hara Makro Ca (Kalsium)

Mencegah terjadinya kekurangan kalsium pada tumbuhan. Jika terjadi kekurangan kalsium maka dapat memperburuk kualitas tumbuhan seperti berwarna tidak segar, bunga yang rontok, dan lainnya.

5. Unsur Hara Makro Mg (Magnesium)

Merangsang pembentukan klorofil dan membantu metabolisme dalam tumbuhan. Jika kekurangan Magnesium akan muncul bercak kuning pada daun dan juga tulang daun.

6. Unsur Hara Makro S (Sulfur)

Unsur ini berperan untuk menyusun protein pada tumbuhan karena tumbuhan membutuhkan kandungan sulfur untuk membentuk asam amino sistin.

7. Unsur Hara Mikro Cl (Klorin)

Berfungsi untuk menjaga kadar air dalam tumbuhan dan juga merangsang pembentukan zat hijau daun (klorofil).

8. Unsur Hara Mikro Fe (Ferrum)

Berfungsi untuk meningkatkan daya simpan pada hasil panen dan membuat warna tumbuhan lebih hijau dan awet.

9. Unsur Hara Mikro Mn (Manganese)

Dapat meningkatkan kandungan vitamin C pada tumbuhan yang memiliki buah dengan rasa asam dan mempertahankan zat hijau daun.

10. Unsur Hara Mikro Cu (Cuprum)

Unsur ini berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan kayu pada tumbuhan dan meningkatkan kadar ascorbic acid pada tumbuhan berbuah vitamin C.

11. Unsur Hara Mikro Zn (Zinc)

Untuk mempercepat tumbuh batang dan cabang dan menjaga kondisi pertumbuhan dalam perubahan suhu yang ekstrim.

12. Unsur Hara Mikro B (Boron)

Untuk meningkatkan kadar gula pada tumbuhan, meningkatkan berat saat panen, dan mempercepat proses penyerbukan.

13. Unsur Hara Mikro Mo (Molibdenum)

Berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan bakteri rhizobium agar N lebih maksimal sehingga dapat mengurangi N anorganik.

Dengan demikian, kandungan eco farming yang dapat memenuhi semua kebutuhan dalam tumbuhan sangat komplit. Para petani jadi tidak usah khawatir lagi dengan kualitas tanamannya jika menggunakan produk pupuk tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image