Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image xxdsyprmta

Kedudukan Media Dalam Sistem Pembelajaran

Eduaksi | Monday, 27 Sep 2021, 20:14 WIB
https://pin.it/7oBwWlK

Pembelajaran sebagai kegiatan untuk mencapai tujuan, jenis dan prosedur kegiatannya, membutuhkan rangkaian pemikiran yang cermat agar jenis dan prosedur kegiatan yang dipilih dan ditetapkan mempunyai nilai fungsional yang tinggi sebagai alat untuk penncapaian tujuan.

Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran harus sesuai dengan komponen pembelajaran agar fungsinya optimal dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran dikenal sebagai alat bantu dalam pembelajaran yang seharusnya dimanfaatkan para guru, namun seringkali terabaikan. Media pembelajaran dapat membantu siswa dalam mempelajari sesuatu, menyediakan berbagai jenis pilihan bahan ajar, sehingga mencegah timbulnya rasa bosan pada peserta didik

Dalam pembelajaran terdapat komponen tujuan, komponen bahan atau bahan, komponen strategi komponen alat dan media, serta komponen evaluasi. Media merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran. Sehingga kedudukannya tidak hanya sekedar sebagai alat bantu mengajar, tetapi sebagai bagian integral dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, media dalam pembelajaran sangat penting karena media dapat menunjang keberhasilan pembelajaran. Mengapa sih media pembelajaran sangat diperlukan?

Media pembelajaran sangat diperlukan karena memiliki tujuan dalam penggunaannya, yaitu :

1. Untuk dapat menjelaskan kriteria pemilihan dan prosedur pengembangan media pembelajaran adaptif.

2. Untuk dapat menganalisis karakter media pembelajaran menurut gaya belajar peserta didik.

3. Untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran

Selain tujuan media pembelajaran juga memiliki kelebihan untuk proses pembelajaran, yaitu :

1. Dapat memberikan kepada pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran secara mandiri, apakah digunakan, kapan, di mana saja, maka bahan ajar tersebut dapat mengantarkan peserta didik belajar secara optimal.

2. Dengan menggunakan media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

3. Dapat menjadikan siswa lebih semangat dan temotivasi dalam pembelajaran yang awalnya hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan saja.

Tidak sembarangan dalam menggunakan media pembelajaran, untuk itu ada beberapa faktor yang harus dilakukan dalam penggunaan media pembelajaran yaitu sebagai berikut :

1. Faktor perasaan

Dalam proses pembelajaran guru perlu memberdayakan perasaan peserta didik sebaik mungkin dengan menjaga ritme perasaan peserta didik dengan menyajikan media pembelajaran yang menarik.

2. Faktor Pikiran

Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk fokus memikirkan kelebihan dan keuntungan dari yang dipelajari melalui media pembelajaran.

3. Faktor Kesadaran

Membangun kesadaran belajar menjadi kunci keberhasilan internal selain pentingnya memberdayakan kesadaran dan pikiran karena kesadaran peserta didik perlu dibangun secara optimal.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa kedudukan media dalam sistem pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk menerima dan memahami materi yang disampaikan guru tanpa membuat siswa kebingungan. Media pembelajaran memang sangat efektif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kedudukan media dalam sistem pembelajaran sangat diperlukan karena untuk membuat siswa lebih mendalami dalam proses pembelajaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image