Kepala Madrasah; Lulusan Madrasah Harus Siap Bangun Negeri

Image
Widiarini
Info Terkini | Wednesday, 25 May 2022, 21:11 WIB
Batik Karnival sebagai karya seni MAN 2 Cilacap pertanda masuknya prosesi kirab Wisuda Tahun 2022 (Dokumentasi/Izzah)

Kirab berlangsung Sabtu pagi, 14 Mei 2022 sebagai tanda akan segera dibukanya serangkaian prosesi Wisuda dan pelepasan siswa Kelas XII MAN 2 Cilacap Tahun Pelajaran 2021/2022. Start mulai dari luar pintu gerbang madrasah menuju lokasi parkir yang telah disulap sedemikian rupa menjadi tempat utama kegiatan Wisuda.

Para Wisudawan memasuki lokasi utama di area parkir MAN 2 Cilacap (Dokumentasi/Izzah)

Terpancar wajah-wajah ceria para siswa putri mengenakan pakaian kebaya nasional dan siswa putra mengenakan jas hitam berdasi. Keserasian juga terlihat dari para guru dan tenaga kependidikan mengenakan pakaian senada. Kekompakan tercipta pula pada momen ini. Para orangtua/walipun tak mau ketinggalan mengikuti prosesi Wisuda putra putrinya ini.

Pada awal bulan, tepatnya 5 Mei 2022 MAN 2 Cilacap tahun pelajaran 2021/2022 telah merilis kelulusan siswa siswinya melalui daring sejumlah 420. Terdiri dari 37 Program Keagamaan, 172 Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan 211 Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dari data ini, terekap undangan sebanyak 840 termasuk diantaranya untuk satu orangtua/wali. Namun ternyata saat gelaran Wisuda berlangsung, panitia harus menambahkan kursi dan teras masjid untuk tempat duduk orangtua/wali yang hadir. Diketahui dari para wisudawan bahwa kedua orang tua antusias ingin menghadiri acara. Sehingga diperkirakan terdapat seribu orang berkumpul pada perhelatan wisuda akhir tahun ini.

Penabuhan gong oleh Kepala MAN 2 Cilacap, Drs. Muntohar menandai pembukaan Wisuda dan Pelepasan Kelas XII Tahun 2022. (Dokumentasi/Izzah)

"Tetap semangat. Teruskan perjuangan. Jadilah generasi penerus dan pemimpin bangsa ini kelak. Siap bangun negeri" pesan Drs Muntohar, Kepala MAN 2 Cilacap dalam sambutan singkatnya beberapa saat usai mewisuda 420 wisudawan/wati. Menurutnya lulus pendidikan dari MAN tidak memutus hubungan guru dan anak didik. Selamanya hubungan ini tetap terjalin.

Harapan disampaikan pula oleh Caswati, Ibunda wisudawati Anggun Aulia Putri, “Semoga anak kami dapat meneruskan pendidikan menggapai cita-citanya. Dan bisa membanggakan keluarga, almamater tercinta dan masyarakat.” Ibu dua anak ini pun bercerita bahwa sangat beruntung putrinya dapat mengenyam pendidikan dan pengalaman di MAN 2 Cilacap. Kepedulian terhadap lingkungan dan keaktifan sebagai Ketua OSIS serta pencapaian saat ini dapat diterima di Managemen Bisnis IPB memberikan semangat orangtua untuk terus mendukung pendidikannya.

Beberapa pesan singkat disampaikan pula oleh adik kelas. “Happy graduation,” kata perwakilan OSIS oleh Risda Ayu Lestari. Disampaikan pula para wisudawan untuk tetap semangat menuntut ilmu dan meningkatkan pendidikan serta memohon do’a agar adik-adik kelas bisa meneruskan cita-cita menjadi pribadi dan penerus negeri yang lebih baik, terus berprestasi hingga level internasional.

Wisudawan terbaik berturut-turut adalah Alfi Nuraeni (IPA), Arni Khumairoh (IPS), dan Nor (Agama). Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi akademik para wisudawan terbaik mendapatkan penghargaan dari Bank BRI, BSI dan Toko Remaja Kota Majenang.

Penyampaian SK Wisudawan terbaik oleh Waka Kurikulum MAN 2 Cilacap, Udin Wardoyo, M.PKim. (Dokumentasi/Izzah)

Berdasarkan data terhimpun dari Koordinator BK MAN 2 Cilacap, H. Subagyo, M.Pd dan Tim bahwa tahun 2022 ini para siswa kelas 12 tersaring dan lulus SNMPTN/SPAN PTKIN/POLINES/POLTEKKES/KETOS IPB sebanyak 85 siswa. Sebagian siswa lain masih harus berjuang untuk mendapatkan posisi di Perguruan Tinggi impian mereka melalui UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) pada pekan ketiga Mei. Selamat Berjuang (Red/Widi)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Istana Schnbrunn dan Masjid Bergaya Arsitektur Turki Usmani di Vienna

Image

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Untuk Membeli Minyak Goreng dan MyPertamina untuk Membeli Pertali

Image

Polda Sumsel Ajak WBP Lapas Perempuan Palembang Ikut Berantas Rantai Narkoba

Image

Berikan Pelayanan Prima, Lapas Perempuan Palembang Fasilitasi Layanan Sipanjung Bagi Pengguna Layana

Image

Cara Membuat Milk Tea Sederhana, Namun Dijamin Enak!

Image

Perkara Laper Mata, Perubahan Iklim Siap Mengancam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image