Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aulia Hamazunnisa Bahtiar

Adakan Pelatihan Sosmed, PMM UMM: Agar Karang Taruna Desa Bocek Semakin Mahir Tonjolkan Potensi

Info Terkini | Monday, 27 Sep 2021, 08:33 WIB
Pelatihan sosmed yang dihadiri oleh lima orang pengurus Karang Taruna Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.
PMM UMM Kelompok 25 Gelombang 13 mengadakan Pelatihan Sosial Media untuk Karang Taruna Desa Bocek.

Dihadiri oleh lima orang pengurus dan anggota dari Karang Taruna Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, pelatihan sosial media (sosmed) ini berjalan dengan cukup khidmat. Tepat pada hari Ahad (26/9) pukul 19.30 WIB, pelatihan ini dimulai dengan mengenalkan terlebih dulu berbagai macam jenis sosmed. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok serta apa saja karakteristik dan kelebihan dari masing-masing media tersebut.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 25 Gelombang 13 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini juga mengarahkan untuk menggunakan Instagram atau TikTok sebagai official media account Karang Taruna Desa Bocek. Karena para pemuda di desa tersebut yang kebanyakan mengakses antara dua sosmed tersebut. Namun dalam pelatihan ini, lebih ditekankan tentang bagaimana mengelola Instagram. Sehingga harapannya nanti, Karang Taruna ini pada akhirnya akan dapat mengelola official Instagram account mereka dengan baik. Serta sebagai sarana untuk mengeskpos apa saja kegiatan dan pencapaian mereka kepada khalayak yang lebih luas, utamanya pemuda dan warga Desa Bocek.

Selain karena Karang Taruna Desa Bocek yang belum memiliki official account, pelatihan ini dimaksudkan agar para pemuda desa tersebut juga tetap bisa ikut mengimbangi perkembangan teknologi. Mulai dari mengelola sosial media untuk desanya, memaksimalkan fitur-fitur yang ada di masing-masing sosmed, hingga bagaimana memproduksi konten agar menjadi lebih menarik.

Untuk kebutuhan konten Instagram, PMM Kelompok 25 Gelombang 13 ini juga memberi sedikit wawasan tentang bagaimana cara mendesain yang mudah dengan menggunakan Canva. Selain untuk mengelola official account Karang Taruna Bocek nantinya, ilmu ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan desain lainnya. Seperti desain spanduk, baliho, foto produk, selebaran, dan pamflet untuk kebutuhan apapun. “Sebenernya saya udah pernah ngedesain-desain gitu, belajar sendiri dari Youtube. Tapi saya pakenya Pixel Lab. Ternyata kalau pake Canva malah lebih lengkap ya,” ujar Izar, salah satu pengurus Karang Taruna Bocek. Kemudian pada pukul 21.00 WIB, pelatihan yang bertempat di salah satu rumah pengurus Karang Taruna ini ditutup dengan sharing pengalaman pengurus Karang Taruna dalam berselancar di Instagram.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image