Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alfirra Riznia

Kedudukan Media Dalam Konteks Komunikasi Pendidikan

Eduaksi | Sunday, 26 Sep 2021, 18:24 WIB
https://pin.it/56hAtZx

Kedudukan media dalam konteks komunikasi pendidikan sangat berperan aktif dalam pendidikan dan sangat efektif untuk pembelajaran para siswa, ketika dikomunikasikan dengan baik. Dslam proses komunikasi terdapat langkah yang tepat untuk menciptakan informasi sampai dipahami oleh komunikan. Dan proses komunikasi yang baik pula akan menimbulkan daya tangkap dan interaktif siswa dalam hal menangkap mata pelajaran yang telah guru berikan sehingga tepat pada sasaran media yang telah diberikan guru untuk para siswa agar penyampaian pesan pemahaman dan pendalaman terhadap materi yang diberikan.

Kedudukan media dalam konteks komunikasi pendidikan ini juga sangat penting dalam proses pembelajaran yang telah mengalami pergeseran zaman. Dimana media pembelajaran saat ini haruslah menajadi media yang sangat wajib dan bukan hanya sebagai media untuk penyampaian pesan, Namun media juga harus mampu menjadi pengaruh besar di media pendidikan.

Media pembelajaran yang digunakan saat ini sebagai alat bantu penunjang pendidikan seperti Teknologi Pembelajaran Perkembangan dunia pendidikan yang mana saat ini sedang memasuki era yang ditandai dengan gencarnya inovasi teknologi, sehingga menuntut adanya penyesuaian sistem pendidikan yang selaras dengan tuntutan dunia kerja. Adanya Media Pembelajaran Mengajar dapat dipandang sebagai usaha yang dilakukan guru agar siswa belajar. Banyak cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, diantaranya yaitu penggunaan multimedia dalam pembelajaran. Kemudian dengan adanya Media Powerpoint Apabila siswa mempunyai minat belajar atau motivasi belajar yang tinggi, kemudian pembelajarannya inovatif, menarik dan tidak monoton, misalnya menggunakan multimedia PowerPoint yang menarik perhatian peserta didik, tidak hanya teks saja, hasil belajar dapat dilihat dari perubahan tingkah laku seperti asalnya tidak mengerti menjadi mengerti, dan dari tidak bisa menjadi bisa.

Disamping itu kedudukan media dalam konteks komunikasi juga memberikan manfaat dalam media pembelajaran seperti Pembelajaran dapat bekerja secara mandiri menurut tingkat kemampuannya atau dalam kelompok kecil dan lebih efektif untuk menjelaskan materi baru yang bersifat simulasi interaktif sehingga pembelajaran mendapatkan suatu pengalaman belajar yang menarik, dalam suatu komunikasi juga memuat unsur – unsur komunikasi dan prinsip-prinsip komunikasi yang pada dasarnya merupakan penjabaran lebih jauh dari definisi atau hakikat komunikasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image