7 Saat yang Tidak Tepat Menggunakan Smartphone

Image
Loker Pintar
Teknologi | Saturday, 21 May 2022, 20:16 WIB

Apakah Anda menjadi orang yang membosankan bagi seseorang sekarang? Saat ini, semakin banyak orang lebih suka bermain di ponsel saat bertemu teman. Padahal sebenarnya acara yang tepat adalah bertemu dengan teman-teman untuk bersantai, berbagi pengalaman, bercerita atau melakukan kegiatan bermanfaat lainnya.

Tampaknya ada lebih banyak kerugian daripada keuntungan menjadi sangat "super" dengan ponsel. Efek buruknya bisa merusak kesehatan, kehidupan sosial, bahkan psikis, lho.

Dilansir dari For Guides, Menurut survei sebuah situs web, warga Indonesia saat ini menggunakan ponsel rata-rata sekitar 190 menit sehari. Ada kalanya kita tidak membutuhkan ponsel atau tidak membutuhkannya sama sekali. Kapanpun itu? baca penjelasannya di bawah ini.

Ada kalanya kita tidak membutuhkan ponsel atau tidak membutuhkannya sama sekali. Kapanpun itu? Baca pernyataan ini.

1. Di tempat kerja

Sebagai karyawan, karyawan atau pemilik bisnis sendiri, pastikan suara ponsel Anda tidak mengganggu aktivitas Anda kecuali menyangkut sesuatu yang penting dan mendesak. Ada keuntungan lebih ketika kita bisa lebih fokus pada tugas daripada fokus pada dua hal yaitu tugas dan telepon.

Lain cerita jika Anda seorang pebisnis online yang mengandalkan pendapatan seluler. Mainkan ponsel lebih cerdas saat ada waktu luang atau istirahat kerja.

2. Saat makan

Makan sambil bermain di ponsel adalah rutinitas yang sangat buruk. Meskipun belum ada penelitian, makan sambil bermain game seluler dapat merusak kesehatan

Namun, jika Anda setidaknya makan tanpa memainkan ponsel, Anda akan merasa lebih fokus dan menikmati makanan. Selain itu, jika Anda makan bersama pasangan atau keluarga, sebaiknya jauhi dulu game mobile.

3. Ketika Anda sedang berbicara dengan seseorang

Pastinya Anda kesal saat melakukan percakapan yang serius, saat pasangan Anda membicarakan dirinya sendiri, dia sedang berkutat dengan ponselnya. Setelah itu, sepertinya Anda benar-benar harus meletakkan ponsel saat mengobrol dengan seseorang.

Juga, jika lawan bicara Anda adalah mitra bisnis atau pelanggan yang akan membeli produk Anda. Selain itu, bermain sendiri di ponsel Anda seharusnya tidak menyenangkan saat Anda bergabung dengan teman karena ini adalah kesempatan yang baik untuk berbagi cerita atau melakukan aktivitas yang bermanfaat.

4. Saat bergabung dengan keluarga

Ponsel bisa merusak keadaan atau bahkan menghancurkan hubungan dengan keluarga. Apakah Anda jarang mengunjungi keluarga karena lebih banyak bermain dengan ponsel?

Sekarang mulai membuang rutinitas itu. Sungguh menyedihkan ketika setiap bagian dari keluarga begitu mementingkan diri sendiri sehingga jarang ada hubungan antara orang tua dan anak atau dengan saudara kandung.

Jika ada anggota keluarga yang terganggu oleh ponselnya sendiri saat bergabung, Anda dapat mengatakan "Tolong tidak ada ponsel".

5. Mengemudi

Tidak ada yang lebih berbahaya daripada bermain di ponsel Anda saat mengemudi. Padahal, risikonya hampir sama dengan seseorang yang mengantuk saat mengemudi.

Jika mendesak dan penting, Anda bisa menghentikan kendaraan. Pernahkah Anda melihat pengendara sepeda motor menggunakan sepeda motor sambil menggunakan ponsel? Anda tidak bisa mengikutinya, itu sangat berisiko.

6. Saat melakukan ibadah

Anda pasti pernah melihat tulisan peringatan untuk mematikan ponsel di beberapa tempat ibadah. Tapi mengapa Anda masih melanggar peringatan ini?

Ibadah tanpa handphone akan membuatmu lebih khusyuk dan fokus. Bermain di ponsel dan tidak diam hanya akan mengganggu orang sekitar.

7. Saat tertidur

Tidur sebagai keadaan istirahat yang alami, dan selama tidur peran saraf motorik dan sensorik dalam aktivitas yang memerlukan koordinasi dengan mekanisme saraf pusat tampaknya terhambat.

Bagaimana jika suara ponsel di dekat kepala Anda mengganggu tidur Anda? Anda dapat menderita kurang tidur dan risiko terhadap kesehatan Anda bahkan lebih besar.

Misalnya, insomnia, cacat perkembangan, pelupa, risiko obesitas, risiko penyakit jantung dan sebagainya.

Penutup

Anda dapat dengan mudah menggunakan ponsel saat istirahat dari kantor atau sekolah. Lakukan ketika Anda memiliki waktu luang, tidak melakukan aktivitas, tidak mengobrol dengan siapa pun, dan tidak mengemudi.

Menggunakan ponsel tidak hanya untuk chatting dan bermain game, tetapi juga untuk menjalankan bisnis. Ini adalah cara yang tepat untuk memanfaatkan teknologi.

Anda bisa jual beli online, melakukan MLM online, menjadi dropshipper, mengelola internet dan lain sebagainya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

7 Cara Menghadapi Interview Kerja

4 Cara Negosiasi Gaji Untuk Fresh Graduate

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Layanan Eazy Passport Kantor Imigrasi Cilacap bersama KSPPS Mitra Sejahtera Mandiri Kebumen

Image

Tak Lupa Jasa Pendahulu, Kemenkumham Jateng Beranjangsana ke para Purna Bakti

Image

Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Koordinasi tentang Pengesahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

Image

Sosialisasi M Paspor Kantor Imigrasi Cilacap Di Tiga Kecamatan Di Kabupaten Banyumas

Image

Tekad KLHK Bangun Hutan Tropis Lewat Indonesia's FOLU Net Sink 2030

Image

Buka Pertandingan Futsal Bulutangkis HDKD ke-77, Kakanwil Pesan Utamakan Sportivitas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image