Kritik Manis Sang Istri

Image
Mohamad Su'ud
Eduaksi | Saturday, 21 May 2022, 20:12 WIB

Saya bersyukur ternyata sang istri, Siti Zulaikhah, selalu mengikuti dan menyimak ketika saya menyampaikan ceramah atau kajian. Tanpa Saya minta sang istri memberikan komentar, catatan dan kritik yang sangat saya tunggu. Saya senang sekali menerima masukan-masukan dari istri. Masukan dan sarannya begitu tulus, baik sebagai istri maupun sebagai pendamping dakwah.

Sebelum memberikan "komentar", istri pasti minta izin dulu. "Kang, bolehkah saya memberikan catatan dan masukkan," begitu tutur istri kepada Saya. "Boleh, silahkan istriku," jawabku dengan senyum.

"Ceramah sudah sangat baik, materi sudah sesuai, tapi ada beberapa intonasi yang kurang jelas, ada beberapa artikulasi yang cepat, sehingga kurang bisa didengar dan ditangkap dengan jelas" urai istri dengan lembut.

Sambil sambil senyum saya menyampaikan terima kasih kepada istri.

Kini telah hadir di sisi saya seorang istri yang senantiasa memberikan support, memberikan dukungan moril terhadap apa yang saya lakukan. Sungguh, kami sangat bersyukur kepada Allah.

Mengevaluasi juga menjadi kebiasaan yang saya lakukan ketika saya menyampaikan materi atau ceramah di beberapa tempat, saya pasti menyempatkan untuk menghubungi atau melalui chat WhatsApp kepada salah satu peserta yang ikut hadir di dalam acara itu.

Foto bersama keluarga (jilbab merah--sisi kanan: Istri)/ DokPri

Ini kami lakukan dalam rangka memberikan umpan balik, apakah yang saya sampaikan itu sudah sesuai dengan kondisi atau kebutuhan jamaah setempat.

Selain masukan-masukan yang sangat berharga biasanya para jamaah juga memberikan apresiasi apa yang saya sampaikan kepada jamaah. Tapi itu tidak membuat saya tidak tinggi hati dan tidak merasa sombong.

Kritik itu ibarat jamu, walaupun pahit tapi lambat laun akan menjadi obat bagi tubuh kita. Jangan pernah alergi dengan kritik karena dengan kritik manusia bisa melakukan pembenahan sekaligus menunjukkan bahwa tidak ada manusia yang sempurna pasti ada khilaf pasti ada salah.

Bagi Anda yang masih merasa ogah masih merasa terganggu dengan kritik mulailah terbuka insya Allah dengan kritik itu kita anda akan menjadi orang-orang yang lebih hebat, lagi lebih berkualitas, dan tentu akan lebih bermanfaat bagi orang lain insya Allah.

Kritik tidak akan menjatuhkan martabat kita.

InsaAllah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Aktifis Muhammadiyah. Saat ini aktif menulis dan editor beberapa buku. Juga mengelola beberapa channel kajian di telegram.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Inkubator Bisnis Politeknik Kutaraja Terima Kunjungan LPDB-KUMKM RI

Image

Tingkatkan Sanitasi Lingkungan, Rutan Mamuju Perbaiki Saluran Pembuangan

Image

Bantu pengawasan Wbp Asimilasi. Rutan Mamuju Hadirkan Keluarga sebagai penjamin

Image

Beberapa Fungsi Kampas Ganda pada Motor Matic

Image

Masalah pada Karburator Penyebab Motor Susah Dihidupkan

Image

Rutan Banjarnegara Terima Arahan dan Penguatan Tusi dari Sekjen Kumham

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image