TIPS PEMBAWA ACARA ATAU MASTER OF CEREMONY DALAM ACARA FORMAL YANG DISESUAIKAN DENGAN KEPROTOKOLAN

Image
Hadi Supriyanto
Eduaksi | Saturday, 21 May 2022, 17:15 WIB

Keprotokolan adalah serangkaian aturan dalam acara kenegaraaan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan, sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dalam negara, pemerintah atau masyarakat. Dari pengertian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa protokol berisi pedoman atau tata cara kegiatan dan semua hal yang mengatur pelaksanaan kegiatan resmi disebut protokoler. Dengan adanya pedoman atau tata cara tersebut, dapat ikut menentukan terciptanya suasana yang mempengaruhi keberhasilan suatu acara, menciptakan tata pergaulan yang mendekatkan satu sama lain, terselenggaranya upacara yang khidmat, tertib, teratur.

MC dan Protokol merupakan dua hal yang yang berbeda, namun ada keterkaitan. Peran MC sangat penting, karena akan menentukan kelancaran dan keberhasilan suatu acara. Oleh karena itu, seseorang yang ditugaskan menjadi MC harus memiliki ketrampilan berbicara di depan umum dan tidak memiliki hambatan yang mengganggu kelancaran berbicara di depan umum.

Teknik dasar pembawa acara atau MC harus mampu dan terampil berkomunikasi. Membedakan acara resmi dan tidak resmi. Dalam acara resmi seorang pembawa acara harus bisa berbicara jelas dan tegas tentu sesuai lafal yang benar. Harus mampu dan terampil menggunakan bahasa lisan yang efektif dan vokalnya jelas. Harus mampu dan terampil berpenampilan atraktif dan simpatik. Atraktif itu kreatif tapi tidak berlebihan.

Berikut beberapa tips saat menjadi pembawa acara atau MC dalam acara formal:

1. Confident

Kepercayaan diri mutlak harus dibutuhkan seorang pembawa acara dan MC, karena harus berhadapan dengan publik baik dalam acara besar atau kecil, Hal ini akan membantu kita menguasai panggung dan audience serta memudahkan Kita berinteraksi dan mengatur jalannya acara.

2. Management’s Skill

Seorang pembawa acara dan MC yang baik memiliki kemampuan untuk memandu atau membawakan suatu acara, Kita juga harus mengetahui dengan detail apa acaranya, lokasinya seperti apa , siapa saja yang diundang, siapa tokoh atau pejabat yang akan hadir, siapa audience-nya, dan seperti apa rundown acara dari panitia atau penyelenggara acara.

MC harus ikut serta dalam beberapa briefing yang diadakan panitia untuk memudahkan MC mengatur manajemen acara di atas panggung. MC profesional harus mampu melakukan riset, meskipun sederhana dan kecil-kecilan, terhadap topik, tokoh, produk, dan hal lain yang terkait acara yang akan dipandunya.

3. Adaptif

Pembawa acara dan MC harus mampu beradaptasi dengan lingkungan tempat dia melakukan tugasnya. Lingkungan bukan berarti sempit dan terbatas pada panggung saja, namun juga setiap detail yang bersangkutan dengan acara, termasuk : Audience (profesi, strata sosial, usia), Jenis acara (formal, informal, protokoler) dan lain-lain

4. Good Attitude

Seorang Pembawa acara dan MC harus memahami terkait menjaga perilaku dan sopan santun baik dalam bentuk lisan maupun bahasa tubuh dalam memandu sebuah acara.

5. Berwawasan Luas

Seorang pembawa acara dan MC layaknya seorang presenter atau jurnalis yang memiliki kemampuan mengetahui banyak hal diberbagai bidang, meskipun tidak mendalam seperti seorang pakar.

Seorang pembawa acara dan MC harus memiliki dasar pendidikan yang baik, formal maupun informal seperti kursus dan pelatihan serta gemar membaca dan terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi, untuk memiliki pengetahuan yang luas.

6. Kreatif, Inisiatif serta Mampu Berimprovisasi

Seorang pembawa acara dan MC harus kreatif dan memiliki inisiatif dalam memandu acara sehingga tidak membosankan dan monoton. Kreatif dan inisiatif juga diperlukan apabila ada perubahan situasi dan kondisi yang tak terduga ketika acara sedang berlangsung, sebelum acara berlangsung, atau sebelum acara berakhir. Seorang pembawa acara dan MC harus tanggap terhadap perubahan-perubahan tersebut dan harus berpikir cepat dan tepat untuk mengantisipasinya.

menjadi seorang pembawa acara dan MC profesional bisa dicapai siapa saja. Siapapun bisa menjadi pembawa acara dan MC asalkan memiliki kemauan dan kemampuan. Pada banyak situasi, kedua hal ini seringkali berjalan tidak beriringan. Hal ini biasanya ketika memiliki kemauan tetapi tidak memiliki kemampuan, juga sebaliknya.

Kemauan erat kaitannya dengan mindset, kecerdasan emosional dan motivasi untuk berkeinginan menjadi bagian dari sebuah proses acara secara utuh. Sedangkan kemampuan adalah hal teknis menjadi seorang pembawa acara dan MC yang dimiliki secara profesional dengan mengambil peran yang sesungguhnya.

Oleh: Hadi Supriyanto (Mahasiswa Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Jakarta)

(Picture by Pinterest)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Bukit Alesano Tempat Wisata Asoy : Harga Tiket Hingga Rute Terbaik Cek Penjalasan Terlengkap disini

Image

Generasi Lama Vs Generasi Baru

Image

Kredit Mobil Honda Bandung yang Murah, Konsultasikan dan Temukan Pilihan Mobil yang Tepat

Image

Pentingnya Pengetahuan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut sejak Masa Anak Anak

Image

Film Minion 2 Rise of Gru (2022) Sub Indo

Image

Wallpaper Layar Kunci Spongebob

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image