Langkah Belajar Copywriting Bagi Pemula

Image
Ahmad Rifa'i
Info Terkini | Friday, 20 May 2022, 14:30 WIB

Copywriting wajib dimiliki oleh setiap pelaku bisnis, termasuk didalamnya beuatypreneur karena dapat menaikkan citra dari perusahaan tersebut. Tapi apakah kamu tahu bahwa menjadi seorang yang menulis copywriting itu tidak mudah, diperlukan pemahaman khusus tentang itu. Bagi kamu pemula yang ingin menjadi copywriter, kamu berada pada artikel yang tepat untuk mempelajarinya.

Copywriting sangat wajib dilakukan apabila kamu memulai untuk menjalankan bisnis, tidak hanya itu dengan adanya copywriting yang baik akan mampu meningkatkan citra dari brand yang kamu tawarkan. Tidak akan menutup kemungkinan pula bahwa produkmu menarik banyak target konsumen dan tujuan yang ingin kamu capai akan meningkat.

Perusahaan dari berbagai bidang, sangat memperlukan copywriting dalam proses marketing mereka. Oleh karena itu, profesi menjadi copywriting atau copywriter gencar dicari dan peluangnya pun banyak saat ini. Namun, untuk menjadi seorang copywriter itu tidak mudah diperlukan sebuah pembelajaran atau pembekalan tentang seluk beluk copywriting dan bagaimana menciptakan tulisan yang menarik di hati konsumen.

Tidak boleh asal dalam membuat tulisan, karena menyangkut citra brand yang kamu tawarkan kepada konsumen. Dan bentuk dari copywriting banyak medianya bisa berupa media tulisan ataupun video yang biasa kita jumpai seperti iklan pada billboard di jalan, video naskah, konten media sosial, tagline, slogan, podcast, website, brosur, dan masih banyak lagi.

Mengenal Copywriter

Pada dasarnya copywriting adalah sebuah teknik penulisan yang bertujuan agar konsumen melakukan tindakan tertentu. Tindakan yang dimaksudkan disini adalah membagikan kembali iklan yang mereka baca, membeli, mendaftar diri, meninggalkan pesan, dan mengikuti akun sosial media marketing.

Copywriting sendiri meskipun hanya berupa tulisan namun memiliki nilai jual yang tinggi. Satu kalimat dari copywriting mampu meningkatkan penjualan dan meningkatkan target konsumen yang akan mengenal produkmu.

Jenis-Jenis Copywriting

Sebelum kamu belajar tentang copywriting, ada baiknya kamu pelajari dulu apa saja jenis-jenis copywriting agar kamu paham nantinya copywriting jenis apa yang akan kamu buat untuk klien. Berikut jenis-jenis copywriting :

1. SEO Copywriting

Copywriting jenis ini berguna untuk membuat konten bekerja optimal secara SEO agar mudah ditemui oleh pembaca di mesin pencarian online.

2. Sales Copywriting

Copywriting jenis ini sering kita jumpai karena umum digunakan oleh sebagian para marketer. Copywriting ini dapat berupa iklan teks, kategori produk, ulasan produk, dan lain-lain.

3. Web Copywriting

Copywriting jenis ini berguna untuk membangun relasi dengan konsumen melalui cerita atau tulisan panjang terkait dengan produk atau brand yang dituangkan dalam web berupa postingan blog, artikel, konten di media sosial, dan sebagainya.

4. Creative Copywriting

Copywriting jenis ini tidak memfokuskan pada banyaknya tulisan yang dihasilkan, tetapi lebih tulisan singkat seperti slogan, jingle, tagline, atau kalimat yang menarik perhatian konsumen dengan menyelingi tulisan untuk menonjolkan tujuan brand, visi dan misi, serta ciri khas dari brand.

5. Technical Copywriting

Copywriting jenis ini lebih kepada penulisan untuk menjelaskan penggunaan dari suatu produk dengan kata-kata yang mudah dipahami, namun dengan penjelasan yang detail.

6. PR Copywriting

Copywriting jenis ini lebih kepada membuat konten seperti siaran pers dan pernyataan perusahaan yang dapat mewakili perusahaan di mata masyarakat.

Langkah Belajar Copywriting Untuk Pemula

Sampailah kita pada topik utama dari artikel ini, sesudah kamu mengetahui jenis-jenis copywriting maka kamu bisa mempelajari langkah-langkah belajar copywriting untuk pemula yang bisa kamu ikuti. Berikut langkah-langkahnya :

1. Perbanyak Bacaan Sebagai Sumber Referensi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah perbanyak referensi dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan copywriting. Dengan kamu banyak membaca maka akan meningkatkan ilmu yang kamu punya tentang copywriting. Kamu bisa mengetahui seluk beluk copywriting dengan langkah awal ini. Carilah berbagai sumber bacaan tentang copywriting, tidak hanya di media cetak tapi juga baca melalui media online.

2. Menganalisa Iklan

Selanjutnya kamu bisa mengamati secara langsung dari iklan yang biasa kamu lihat atau saat kamu tidak sengaja menjumpai sebuah iklan yang menarik perhatianmu. Kamu bisa melakukan Analisa dari tulisan tersebut, bagaimana penulisan yang dipakai dapat menarik konsumen. Perhatikan pula bagaimana tulisan tersebut dikemas dengan menarik oleh sang copywriter tersebut.

3. Latih Kemampan Menulis dengan Rutin

Jika kamu rajin mengasah kemampuan menulismu maka akan sangat memungkinkan kamu menghasilkan tulisan yang menarik. Cobalah untuk rutin menulis agar kemampuanmu dapat terasah dengan baik.

Tuangkan idemu kedalam tulisan, bisa kamu coba menggunakan media kertas terlebih dahulu atau dapat kamu tulis di gadget. Apabila kamu sudah melakukan langkah ini, maka kamu akan menemukan gaya penulisanmu akan seperti apa dan gaya penulisan ini akan memudahkan kamu menuangkan ide dari pikiran ke dalam tulisan.

4. Mempelajari Penulisan Persuasif

Memilih kata-kata untuk menjadi satu kalimat yang menarik memang tidak mudah, terkadang pikiran buntu menjadi penghalangnya atau bisa saja kamu kurang dalam penguasaan kosa kata. Karena copywriting ini bertujuan untuk menarik konsumen agar melakukan Tindakan maka langkah ini bisa kamu pelajari untuk merangkai kata yang mempengaruhi konsumen.

Yang akan kamu pelajari dari penulisan persuasif ini adalah bagaimana kamu menggunakan repetisi, kompetisi, alasan dan kenapa tulisanmu dibuat, storytelling, dan lain-lain. Mulailah pelajari penulisan persuasif dengan benar.

5. Pelajari Kemampuan Dasar Copywriting

Langkah terakhir yang paling penting adalah kamu harus tahu dulu kemampuan dasar copywriting. Tidak hanya cukup belajar tentang penulisan persuasif, kamu juga harus paham tentang dasar dari copywriting itu seperti apa dan bagaimana.

Yang harus kamu pelajari dari kemampuan dasar copywriting adalah cara penulisan copywriting secara lebih mendalam seperti penulisan headline, landing page, keseimbangan antar kalimat atau paragraf iklan, video, dan lain-lain.

Nah, demikian langkah belajar copywriting yang cocok bagi pemula di atas. Cobalah untuk terus mengikuti langkah yang ada atau mencari alternatif lain dengan mengikuti pelatihan copywriting. Dengan rajin mengasahnya maka kamu akan mendapatkan hasil yang baik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Istana Schnbrunn dan Masjid Bergaya Arsitektur Turki Usmani di Vienna

Image

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Untuk Membeli Minyak Goreng dan MyPertamina untuk Membeli Pertali

Image

Polda Sumsel Ajak WBP Lapas Perempuan Palembang Ikut Berantas Rantai Narkoba

Image

Berikan Pelayanan Prima, Lapas Perempuan Palembang Fasilitasi Layanan Sipanjung Bagi Pengguna Layana

Image

Cara Membuat Milk Tea Sederhana, Namun Dijamin Enak!

Image

Perkara Laper Mata, Perubahan Iklim Siap Mengancam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image