Wacana: Kebangkitan dan Metaverse

Image
taufik sentana
Eduaksi | Friday, 20 May 2022, 14:15 WIB
Dok. Tonny Syiariel. Ilustrasi

Kebangkitan dan Metaverse

=====

Learning loss belakangan akrab di telinga. begitupun metaverse. ya. dua kata yang mewakili zaman kita, zaman serba terkoneksi.

Menurut sebagian pakar, diantaranya dirjen pendidikan Islam kemenag RI, M. Ali, learning loss yang dianggap sebagai proLlem pasca pandemi, merupakan bentuk kegagalan pendidikan dalam beradaptasi dengan teknologi.

Maksudnya, pendidikan kita bergerak lambat dibanding laju teknologi. sudah tentu, muara sebabnya adalah sistem pemerintah sendiri, soal pemerataan misalnya.

Adapun pranata lainnya hanya sebagai ekosistem regulasi, termasuk guru yang menjadi ujung tombak: sedang sisi kreativitas adalah hal lain, wujud usaha lainnya yang otonom.

Maka terkait dengan itu, masuknya kita di era metaverse, yang melampaui capaian koneksi dan dimensi digital saat ini, seperti sulit terbendung. Bahkan di beberapa kota maju telah membangun tata kota versi metaverse, begitupun beberapa lembaga swasta.

Dalam hal ini, pendidikan dan pengajaran yang berafiliasi atau terkoneksi pada tautan metaverse menjadi hal pokok juga. cepat atau lambat, siap atau tidak, iklim pengajaran khususnya akan terdampak oleh gelombang metaverse, yang didengungkan oleh pemimpin pasar hegemoni digital (istilah penulis) : saat kita, negara kita, hanya sebagai konsumen, terbawa dalam arus besar dominasi pemilik industri/bisnis metaverse (sebagaimana kita sekarang begitu tergantung dengan google).

Inilah kaitan antara kebangkitan dengan tantangan metaverse yang tak bisa kita elakkan. Bagaimana cara kita membangun mekanisme pertahanan nilai dan teknologi

Adapun pendidikan, akan selalu menjadi katalisator utama dalam transformasi nilai masyarakat Indonesia dengan makna yang sesungguhnya.

Inilah hakikat kebangkitan yang idealnya kita dengungkan, kebangkitan pendidikan dan penyadaran cita cita luhur manusia Indonesia dalam zaman apapun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pendidikan Islam dan Sosial Budaya

Peradaban Kota

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

MP3Juice CC Versi Download Lagu dan Musik MP3 yang Dulu 2020

Image

VidMate Apk MP3 dan MP4 Downloader Youtube Versi Lama

Image

Dredown: Download Video Private Facebook HD 1080p Quality Tanpa Aplikasi

Image

Petugas Lapas Lubuklinggau Berhasil Gagalkan Upaya Pelarian Dua Narapidana

Image

SSSTikTok 2022 : Download Video dari TikTok Gratis Tanpa Aplikasi

Image

Mp3 Juice.cc: Converter Youtube Mp4 To Mp3 Musik Tanpa Aplikasi 2022 Anti Ribet

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image