Mengenal Desa Ciberes, Salah Satu Desa Binaan Pemuda Peduli

Image
Pemuda Peduli
Eduaksi | Friday, 20 May 2022, 13:39 WIB
Dokumentasi Bina Desa dalam kegiatan pengajaran pada (03/10/2021)

Bandung - Berdasarkan data dari Kemendikbudristek, tercatat 75.303 orang yang putus sekolah pada tahun 2021 dan sebanyak 38.716 pada tingkatan SD. Angka ini juga sudah menurun dari tahun 2020 dengan jumlah 44.516 pada tingkat SD. Hal ini menjadi harapan baru bagi pendidikan Indonesia untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan yang lebih baik dari sebelumnya.

Bina Desa, salah satu program dari Yayasan Pemuda Peduli, juga ikut memberikan harapan kepada pendidikan Indonesia. Dibentuk dari tahun 2016, sejauh ini sudah ada 4 desa binaan yang rutin dikunjungi secara bergiliran setiap bulannya. Desa Ciberes menjadi salah satu desa yang aktif dikunjungi oleh Bina Desa di awal tahun 2022 ini.

Desa Ciberes sendiri terpilih menjadi desa binaan pertama melihat dari kurangnya harapan terhadap masa depan anak dan lingkungan yang kurang mendukung anak-anak untuk melanjutkan pendidikannya. Bina Desa hadir membantu anak-anak dan orangtua disana dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang berlandaskan pada pengembangan nilai dan karakter.

Program pengajaran dilakukan kepada anak-anak sampai saat ini sebagai bentuk kontribusi Bina Desa terhadap kualitas pendidikan di Desa Ciberes. Anak-anak yang ikut dalam pengajaran ini mulai dari jenjang TK sampai SMP. Antusias mereka terlihat ketika volunteer memberikan materi tambahan yang tidak didapatkan di sekolah.

Dokumentasi Bina Desa bersama volunteer dan anak-anak di Desa CIberes pada (06/02/2022)

Delfina, salah satu volunteer aktif dari 2020 membagikan pengalamannya ketika mengajar di Desa Ciberes bersama volunteer lainnya di Bina Desa.

“Di Desa Ciberes anak-anaknya aktif, bahkan sampai sekarang walaupun aku udah jarang ke desa masih aja ada yang nanyain kabar lewat WhatsApp, jadi kerasa banget deketnya” ujar Delfina, salah satu volunteer aktif dari 2020.

Pada setiap kunjungannya, Bina Desa selalu membawa beberapa volunteer untuk turut membantu pengajaran yang sedang dilakukan. Pada Februari 2022 kemaren, Bina Desa membawa sekitar 8 volunteer pada satu kali pengajaran yang dilakukan di Desa Ciberes. Dengan mengikuti Bina Desa, volunteer yang ikut dapat meningkatkan kemampuan kreativitasnya karena metode pengajaran yang berbeda-beda pada setiap kunjungannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pemuda Peduli merupakan NGO yang berdiri legal sebagai sebuah Yayasan sejak tahun 2016 dengan latar belakang Suistanable Development Goals Nomor 4 yai

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom: Sekali Klik Download Youtube MP3 Disini

Image

QUO VADIS GURU DI ERA DISRUPSI : PELUANG ATAU TANTANGAN ?

Image

Pengamat Perkirakan Hoax Terkait Pilpres 2024 Akan Lebih Banyak Dibanding 2019

Image

Tingkatkan Kedisiplinan, Pesan Karutan Dalam Amanat Apel Pagi Staf Rutan Pasangkayu

Image

MP3Juice CC Baru 2022 Versi Biru Download YouTube MP4 to MP3

Image

URGENSI ETIKA DALAM TATA KELOLA PEMERINTAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image