Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Mursyid

Mengambil Momentum Pandemi untuk Kebangkitan Ekonomi

Lomba | Saturday, 25 Sep 2021, 08:02 WIB
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-nusantara/

Awal tahun 2020 adalah awal dimana penyakit yang sebelumnya tidak diketahui asal muasalnya hadir di tengah masyarakat dan menyerang banyak negara yang ada di dunia. Penyakit ini juga menular antara manusia satu dengan manusia lainnya, penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Covid 19. Sebagian besar negara mengalami kewalahan untuk menghadapi virus tersebut, banyak diantaranya yang menerapkan kebijakan lockdown. Hal ini yang menyebabkan mobilitas masyarakat menjadi terbatas sehingga perputaran roda ekonomi menjadi terhambat. Selain itu, ditambah lagi oleh berita-berita yang tidak bertanggung jawab yang membuat masyarakat menjadi takut dan panik, sampai-sampai banyak dari masyarakat yang rela menimbun barang untuk keperluannya di hari-hari berikutnya, sehingga barang yang ada di pasar menjadi langka dan harga barang menjadi mahal. Penyebab inilah menjadikan keadaan di masyarakat menjadi Chaos.

Kembali lagi ke kebijakan Lockdown, adanya penerapan kebijakan tersebut membuat suatu negara harus mengatur ulang mekanisme yang ada di negara tersebut untuk menjadi lebih mandiri dan membatasi hubungan dengan negara yang lain. Di sisi lain, nusantara memiliki keadaan sumber daya alam yang berlimpah ruah baik dari lautan maupun daratan. seharusnya dengan keterbatasan ruang tersebut, Indonesia mampu untuk menggunakan sumber daya yang ada untuk menjadi negara yang lebih mandiri dan menyusul negara-negara lainnya.

Berbagai macam usaha untuk meningkatkan ekonomi

Dalam sumber daya alam kelautan, Indonesia memiliki kekayaan alam laut yang banyak rupanya, Nelayan semestinya diberikan berbagai fasilitas untuk mendukung peningkatan hasil tangkapannya. Selain itu, tol laut juga harus berjalan dengan lancar agar mampu untuk memberikan mobilitas barang yang efektif dan efisien. kemudian, dalam sumber daya alam di darat, pertanian dan perkebunan sangat diperlukan untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat yang ada di indonesia. Segala sumber energi yang ada mampu untuk dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. kemudian, sebaiknya juga Indonesia mengurangi energi-energi fosil dan beralih ke energi alternatif dan terbaharukan karena setidaknya indonesia mampu mengurangi emisi karbon yang ada di wilayahnya bahkan mampu untuk berkontribusi untuk kesehatan udara di dunia. walaupun biaya-biaya menjadi lebih mahal karena kecanggihan teknologin alternatif tersebut dan pengetahuan masyarakat yang minim terhadap teknologi terbaharukan. Udara yang sehat membuat warga menjadi sehat dan mampu untuk menjalankan aktivitas sehari-hari terutama dalam hal berdagang yang nantinya bisa menumbuhkan perekonomian di wilayahnya tersebut pula.

Indonesia memiliki luas wilayah yang amat besar, sangat sulit jika negara yang begitu luas diatur hanya dengan sentralisasi pusat. desentralisasi sangat dibutuhkan agar mampu untuk mengatur setiap provinsi menjadi mudah dalam menerapkan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah daerah masing-masing dan hal ini juga membuat konsep bernegara yang lebih mengarah. Melihat potensi wilayah dan sumber daya alam juga menjadikan hal yang mendasar bagi setiap provinsi yang nantinya akan berpengaruh terhadap kemajuan provinsi itu sendiri. Daerah perkotaan fokus dalam hal perniagaan dan perkantoran, daerah pertanian dan perkebunan fokus pada sawah dan kebun, daerah peternakan fokus terhadap hewan ternaknya dan yang lainnya, sesuai berjalan dengan perannya masing-masing.

Saat keadaan pandemi yang seperti ini, kesehatan masyarakat menjadi keutamaan bagi sebuah negara dalam rangka melindungi setiap masyarakat yang ada didalamnya. semakin banyak korban yang berjatuhan, semakin bobroknya pula penanggulangan bencana yang dilakukan oleh sebuah negara. untuk menstabilkan ekonomi dalam keadaan pandemi, sebuah negara bisa melakukan kerja sama dengan setiap provinsinya untuk melakukan perpindahan barang saja dan menutup akses untuk perpindahan penduduknya. biarkan setiap provinsi mengurus wilayahnya masing-masing agar mampu untuk menurunkan laju dari virus yang tak berkesudahan ini. Lalu, negara juga mampu meningkatkan ekonominya di kala pandemi dengan memberdayakan UMKM masyarakat yang ada di wilayahnya sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan menghasilkan pendapatan warga wilayah tersebut. Karena indikator dari Negara yang tumbuh ialah Negara yang memiliki produktivitas yang tinggi, biarkan masyarakat bebas dalam melakukan usahanya masing-masing dan juga peran pemerintah disini adalah memberikan regulasi dan dukungan perlindungan terhadap para pelaku usaha masyarakat khususnya UMKM.

Sementara itu, keberadaan vaksin harus diperbanyak dan angka partisipasi vaksin juga harus ditingkatkan. Banyak dari masyarakat yang terkena kabar burung tentang pemakaian vaksin. hal ini yang wajib diberikan penyuluhan dan sosialisasi oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat yang telah sadar akan vaksin. Vaksin ini digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tingkat penularannya ke tubuh kita menjadi rendah atau biasa disebut sebagai booster. Hal ini pula sebagai ikhtiar kita untuk menjaga masyarakat di sekeliling kita demi menurunkan laju covid-19.

Bersyukur apa yang telah terjadi

Jadi adanya pandemi bukan menjadi suatu penyebab dari kemunduran ekonomi suatu negara, walaupun memang jelas bahwa pandemi memporak-porandakan perekonomian suatu negara. Namun, dengan adanya pandemi ini menjadikan kita semakin sadar akan potensi wilayah yang dimiliki oleh kita sendiri. mengubah pola pikir saat keadaan yang telah berubah membuat kita bisa menjadi lebih tahan dan adaptif untuk menerima segala perubahan.

Biarkanlah pandemi terjadi karena yang kita bisa rasakan hingga detik ini bahwa pandemi belum berakhir, nikmati saja kehidupan dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh yang maha kuasa. jangan terlalu untuk berandai-andai dan mengharapkan segala sesuatu yang ada di luar diri kita karena yang memiliki segala sesuatu yang berada di langit dan bumi maupun diantara keduanya hanyalah Tuhan yang maha kuasa

#Lombamenulisopini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image