Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Iwan Sumantri

Covid-19 : Jadikan Pembelajaran dan Media Yang Bisa Bermakna

Guru Menulis | Thursday, 23 Sep 2021, 18:55 WIB
Guru Harus Melek Media Online di Era Covid-19 (Foto Dok.Pribadi)

“Dan sungguh akan Kami beri ujian kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”. (QS. Al Baqarah ; 155).

Kurang lebih setahun tujuh bulan sudah kami para guru dan siswa melewati kegiatan rutinitas seperti bekerja, belajar dari rumah, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, menggunakan masker saat bepergian dan hal lainnya yang hubungannya dengan protokol kesehatan dimasa covid-19. Hal ini tentu tidaklah mudah untuk di lewati. Kebiasaan kami sebelumnya belajar disekolah, berbaur dengan teman teman seperjuangan, serta menghirup udara sejuk tanpa tersekat sebuah alat yang kita sebut sebagai masker demi melindungi tubuh agar tidak terpapar virus Corona.

Jumat, 13 Agustus 2021yang lalu, baru saja kami memulai dan melaksanakan proses pembelajaran tatap muka terbatas berdasarkan Keputusan Bupati Sukabumi Nomor 443.1/Kep.727-Hukum/2021 tentang perpanjangan kedua Pemberlakuan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 Covid-19 di kabupaten Sukabumi dan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Nomor 421/8235/Sekret tertanggal 10 Agustus 2021 tentang pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Masa PPKM Level 3 COVID-19.

Hampir memasuki tahun kedua, kami tidak hanya merasa jenuh, terkekang dan terpenjara serta berbagai rasa seperti halnya permen nano-nano, dengan keadaan yang tidak kondusif dan tak menentu ini, kami dituntut untuk terus produktif melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru, siswa, dan juga peran serta orang tua siswa tentunya. Disamping itu kami pun wajib mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah dengan PJJ dan BDR onlinenya melalui berbagai media Online seperti WhatsApp Grup (WAG), Google Classroom, Google Meet, Zoom, Blog, akun pembelajaran dan media-media lainnya yang bisa menunjang proses pembelajaran secara daring. Media tersebut dijadikan sarana bagi guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dan menjaga komunikasi yang baik dengan siswanya, itu semua telah kami lalui dengan kesbaran dan penuh dedikasi untuk menciptakan anak-anak generasi emas di masa mendatang. Sekarang kami memulai pembelajaran tatap muka terbatas dengan aturan dan prosedur protokol kesehatan yang sangat ketat dan harus dipatuhi oleh semua elemen disatuan pendidikan.

Covid-19 telah memberikan pembelajaran dan hikmah yang luar biasa bagi saya dan tentunya warga sekolah SMP Negeri 3 Cibadak.

Menjadi pendidik adalah pilihan yang mulia, menebarkan ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat bagi orang sekitar, adalah bagian kecil dari pengabdian dan sumbangsih pemikiran seorang pendidik untuk dunia yang luas ini, bentuk pengabdian dan pengahambaan pendidik akan keluasan ilmu pengatahuan Tuhan Yang Maha Luas tak terbatas.

TVs3 (https://sites.google.com/view/tvs3-cerdik-berbudi/beranda) dan Buku “PELANGI” ini lahir dan hadir tak lepas dari perjuangan dan pemikiran intens saya selaku guru yang diberi tugas tambahan sebagai wakasek kurikulum, dan para guru SMP Negeri 3 Cibadak di suasana pandemic covid-19 dalam proses pembelajaran dari rumah. TVs3 adalah media yang bisa membantu para siswa untuk melihat,belajar dan memfasilitasi siswa belajar di rumah. TVs3 berisi video-video pembelajaran yang dibuat oleh guru-guru SMP Negeri 3 Cibadak dimasa Pandemi Covid-19 yang dikemas dalam bentuk website. Para siswa akan belajar fokus di video-video pembelajaran yang sebelumnya sudah diposting di yuotube. Mereka akan fokus terhadap video-video pembelajarn yang ada di TVs3 dibanding mereka menonton langsung di link youtubenya. Penanaman nilai karakter disiplin,religius,akhlakulkarimah kami tanamkan di media ini. Dan buku PELANGI ini berisi tentang berbagai ragam rasa dan kesan yang dialami oleh para guru, orang tua dan siswa SMP Negeri 3 Cibadak khususnya selama proses pembelajaran dalam situasi dan kondisi yang tidak diharapkan oleh kita semua, sehingga buku ini di beri judul “PELANGI” (PELajaran berhargA jangan sampai terulaNGI) Ceria Berbudi Berbudi di Masa COVID-19, dimana di dalamnya berisi tentang kegiatan,harapan,mimpi dan asa penulis dan guru-guru SMP Negeri 3 Cibadak (Ceria Berbudi) yang merasakan langsung dampak dari pandemic Covid-19 di dunia pendidikan khusus kegiatan belajar dari rumah dalam rangka program Work From Home (WFH).

TVs3 (https://sites.google.com/view/tv-sekolah-guruataya/beranda) dan buku PELANGI ini tak lain adalah titik dan tetesan kecil diantara hamparan luas lautan ilmu pengetahuan yang terbentang dan juga hikmah dari adanya Covid-19 ini. Terlepas dari itu semua, TVs3 dan buku yang diberi judul “PELANGI” Ceria Berbudi Di Masa COVID-19 ini adalah jerih payah dan bukti nyata pendidik, bahwa ia adalah manusia yang bukan hanya mampu mengajar,mendidik,melatih, menilai, namun juga mampu memberikan kontribusi dan fakta nyata pendidikan dengan beragam corak di dalamnya..

Cerita ini hadir di hadapan kita,karena Covid-19 dijadikan pembelajaran dan media yang bisa bermakna serta berhikmah bagi kita semua. Terkahir saya kutipkan: "Anda terpilih menjadi bagian generasi yang sedang diuji dan semua menjadi pilihan apakah Anda ingin menjadi generasi yang lebih matang, lebih cerdas, lebih peduli, lebih memiliki kecerdasan emosi, dan solidaritas sosial, atau tidak," (Sri Mulyani).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image