5 Cara Meningkatkan Kemampuan Manajemen Keuangan Keluarga

Image
Grisse Anastasya
Gaya Hidup | Wednesday, 18 May 2022, 06:43 WIB
Tips Manajemen Keuangan Keluarga

Anda tidak perlu memiliki gaji yang sangat besar untuk memperbaiki situasi keuangan anda saat ini. Sesungguhnya yang paling penting dan mendasar adalah anda tahu bagaimana cara tepat dalam pengelolaannya.

Sebagian orang yang cerdas finansial sangat faham betul bagaimana membaca cashflow keuangan yang dimilikinya. Mereka secara sadar memiliki keahlian untuk menentukan kemana dan untuk apa uang mereka digunakan.

Apakah hanya digunakan untuk hal konsumtif? Tentu tidak. Sebisa mungkin kebutuhan untuk hal-hal tersebut mereka pangkas seminim mungkin.

Tidak seperti kebanyakan orang yang suka berfoya-foya, mereka lebih suka menginvestasikan uang mereka kepada hal yang lebih produktif.

Jika anda merasa bahwa keuangan anda saat ini buruk, mungkin ada yang salah dengan cara pengelolaannya.

Untuk itu, silahkan anda baca dan fahami 5 tips cara meningkatkan kemampuaan manajemen keuangan berikut ini.

1. Lacak pengeluaran Anda

Jika anda tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah pengeluaran anda dan digunakan untuk hal apa saja, maka anda perlu memperbaiki hal tersebut.

Pengelolaan uang yang lebih baik pada dasarnya dimulai dengan kesadaran anda dalam berbelanja. Gunakan aplikasi pengelolaan uang seperti MoneyTrack untuk melacak seluruh pengeluaran anda.

Apakah anda belanjakan untuk hal-hal yang tidak penting seperti makanan, hiburan, dan lain sebagainya atau untuk hal-hal positif. Setelah Anda melakukan hal ini, Anda dapat membuat rencana untuk melakukan perbaikan.

2. Buat anggaran bulanan yang realistis

Gunakan data pengeluaran bulanan Anda, serta gaji bulanan Anda, untuk menentukan anggaran bulanan.

Buat sedetail mungkin, dan hanya gunakan untuk hal-hal primer saja. Buang setiap hal-hal yang sifatnya konsumtif dari daftar pengeluaran bualanan tersebut.

3. Biasakan untuk menabung

Siapkanlah dana darurat yang bisa Anda andalkan saat keadaan tak terduga terjadi. Sekalipun nilainya kecil, dana tersebut dapat menyelamatkan Anda dari situasi berisiko di mana Anda harus meminjam uang dengan suku bunga tinggi atau Anda mungkin tidak dapat membayar tagihan tepat waktu.

4. Bayar tagihan Anda tepat waktu setiap bulan

Membayar tagihan Anda tepat waktu adalah cara mudah untuk mengelola uang Anda dengan bijak. Percayalah, menunda pembayaran tagihan adalah salah satu penyebab terbesar masalah keuangan yang anda miliki.

5. Mulailah berinvestasi

Bahkan jika kemampuan Anda untuk berinvestasi terbatas, mulailah dengan nominal kecil. Pilihlah tempat investasi yang resikonya tidak terlalu besar.

Berinvestasi tak melulu hanya berupa uang atau saham, anda bisa mulai berinvestasi dalam hal hal fisik seperti emas, barang-barang antik dan sebagainya.

Jalan menuju keuangan yang lebih baik dimulai dengan mengubah kebiasaan Anda. Maka dari itu mulailah dari sekarang demi masa depan yang lebih cerah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suka berbagi melalui tulisan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkara Laper Mata, Perubahan Iklim Siap Mengancam

Image

Logika Alu

Image

Sempurnakan Ibadah, Penyuluh Agama Kemenag Ajarkan Adab Shalat kepada WBP Rutan Prabumulih

Image

Bhayangkara Mitra Ulama dan Santri dalam Menegakkan Amar Maruf - Nahyi Munkar

Image

Kehujanan Saat Liburan Musim Panas di Vienna

Image

Raih 3 Medali Sekaligus dalam Satu Event Lomba PAI Tingkat Nasional

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image