Andai pandemi pergi : Impian Sederhana di Masa Ini

Image
siti anisa
Lomba | Monday, 20 Sep 2021, 20:03 WIB

Sumber : www.republika.co.id

Impian Sederhana di Masa Ini

Impian itu keinginan yang dimiliki setiap orang, namun apakah masih dibilang impian jika hanya sebatas ucapan tanpa reaksi? hanya berandai-andai tanpa tujuan, berharap yang sudah terjadi tak akan terjadi dan berharap perubahan tapi kerjaannya hanya rebahan.

Anisa, Pelajar SMA

Kehilangan, kesusahan, ketidakadilan itu gambaran yang cocok untuk saat ini. ini bukan tentang banyaknya orang yang teraniaya atau dianiaya akan tetapi tentang si kecil troublemaker yang sedang viral dari tahun ke tahun , ya siapa lagi kalau bukan Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona. karenanya, semua aktivitas yang biasa dilakukan itu harus di upgrade dari offline ke online.

dalam kurun dua tahun lebih manusia yang ada di dunia ini meminimalisir melakukan aktivitas di luar ruangan, semua kegiatannya dilakukan di dalam ruangan. otomatis pembelajaran pun tak dilakukan lagi di sekolah melainkan di rumah melalui sistem Daring (online) hal tersebut dilakukan bertujuan untuk menurunkan angka penyebaran covid-19. Pemerintah berharap kegiatan PJJ ini akan bisa tetap dilaksanakan hingga setelah pandemi berlalu. Namun, menurut survei kejenuhan anak yang dilakukan oleh UNICEF sebanyak 66% dari 60 juta siswa dari berbagai jenjang pendidikan di 34 provinsi mengaku tidak nyaman belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19.banyak pertanyaan yang timbul mengenai sistem ini, seperti :apakah pembelajaran tersebut apakah berjalan dengan efektif ?bagaimana jika siswa tidak paham dengan pembelajaran berbasis daring ini? dan banyak lagi pertanyaan yang keluar dari orang tua siswa.

sebab argumen tersebut keluar karena menurut orang tua guru itu tak akan bisa digantikan walau oleh teknologi secanggih apapun, interaksi yang dilakukan oleh guru dan siswa juga itu diperlukan dalam proses pembelajaran ini . interaksi inilah yang menjadi penunjang utama kesuksesan dalam dunia pendidikan. karena pendidikan itu bukan hanya sekedar mendapatkan ilmu melainkan mendapatkan nilai-nilai yang dapat menjaga keseimbangan ilmu tersebut. Pandemi ini sudah memberikan pelajaran pada kita untuk bisa beradaptasi dengan keadaan, di mana pemanfaatan teknologi ini harus kita lakukan karena melalui teknologi digitalisasi maka transformasi layanan pendidikan, informasi bisa kita lakukan lebih cepat. Efektifitas dan efisiensi sudah diakui, serta ketepatan waktu dan sumber informasi yang diperlukan lebih mudah kita dapatkan, jelas Sri Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis (4/3/2021).

namun hanya ini jalan satu-satunya untuk menyelamatkan generasi ini, tetap belajar meski tak duduk dibangku sekolah. seperti yang dikutip di kompas.com

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bukanlah kebijakan Kemendikbud. Metode ini dipilih agar pendidikan tetap hadir, khususnya bagi anak-anak usia sekolah, dalam suasana yang menyenangkan dan aman," kata Nadiem dalam keterangannya, seperti melansir laman Kemendikbud, Jumat (11/9/2020). walaupun pembelajaran dilaksanakan secara daring siswa tetap dapat bisa mengekspor dirinya secara lebih karena yang namanya belajar tidak harus terpaku di sekolah ada banyak tempat dan ada banyak hal yang dapat kita ambil pembelajaran, karena itu merupakan hakikat pembelajaran yang sebenarnya.

peran orang tua saat ini sangat dibutuhkan untuk membangkitkan semangat para pelajar, agar tidak terjadi loss generation. seharusnya ini bisa menjadi peluang orang tua untuk bisa lebih dekat lagi dengan sang buah hati dalam memberikan edukasi yang lebih banyak lagi. kalaupun Pembelajaran ini masih tetap seperti ini, dilakukan melalui daring, setidaknya kita sudah mulai terbiasa dan sudah mulai bisa beradaptasi dengan sistem ini.

Menurut Grant Thornton, para orang tua akan lebih mudah dalam menjalankan perannya jika mereka mau melakukan beberapa hal berikut:

Menyediakan waktu ekstra saat mendampingi anak belajar

Kenali teknologi lebih jauh.

Asah Keterampilan Bersama Anak Belajar di rumah secara Daring

Orang tua memastikan anak belajar dengan Orang tua membantu anak agar dapat belajar dengan aman serta efektif

Beri Semangat Anak untuk Belajar Secara Daring.

Orang tua bisa menghubungi guru jika mengalami Dalam pembelajaran Daring

Dengan demikian siswa dapat lebih efektif menggunakan waktunya untuk tetap bisa menuntut ilmu walau pembelajaran tersebut dilakukan dirumah, oleh karena itu peran orang tua disini sangat dibutuhkan untuk memantau dan mengawasi kegiatan siswa sehari-hari. banyak anak yang merasa dirinya begitu bebas ketika PJJ dirumah penyebab hal itu terjadi karena kurangnya perhatian, pantauan dan kepekaan orang tua untuk lebih dekat dengan sang buah hati.

Maka dari itu, ayo lakukan yang terbaik disetiap waktu yang dimiliki, memanfaatkan waktu seefektif mungkin agar tidak terjadi loss generation. walaupun masih dalam kebimbanggan dalam menerima situasi ini dan berpikir ingin seperti biasa itu hal yang lumrah dirasakan oleh setiap orang. tapi, ingat ini sudah terjadi dan tak akan bisa diulang atau dihentikan. bangkit, semangat dan lakukan perubahan yang baik untuk menjemput masa depan yang lebih baik.

#kebiasaanbaru#bebasmasker#bebasbekerjadikantor#bebaspembelajarantatapmuka#beribadahsecaralangsung#bebasbelanjadanberwisa

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image