Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Kenikmatan Reksa Dana Campuran, Seenak Es Campur di Saat Terik

Bisnis | Monday, 20 Sep 2021, 10:05 WIB

Salah satu jenis reksa dana yang cukup menarik untuk dinikmati di masa kebangkitan pasar saham adalah reksa dana campuran. Ibarat es campur yang mendatangkan kenikmatan karena kombinasi nangka, kolang-kaling, alpukat, nanas, kelapa muda, susu hingga cincau, begitu juga dengan reksa dana campuran yang terdiri atas ekuitas (saham), surat utang (obligasi) dan pasar uang (deposito) mendatangkan kenikmatan tersendiri.

Daya tariknya tentu saja pada return yang lebih baik dibandingkan reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Apalagi, reksa dana campuran ini relatif lebih aman.

Reksa dana campuran ini aman dikarenakan fleksibilitas dalam pengelolaannya sesuai dengan batasan alokasinya. Demi return yang maksimal, semisal saham sedang loyo dan tidak bergairah maka investasi bisa difokuskan pada obligasi atau pasar uang (deposito).

Sebaliknya manakala pasar saham sedang bergairah, tentu portofolio sahamnya bisa ditingkatkan. Tapi dalam pengalokasian untuk mencari cuan, tidak serta merta bisa dilakukan dengan mengalihkan begitu saja karena tetap ada aturannya.

Dalam reksa dana campuran yang sering juga disebut hybrid funds, portofolionya harus ada sahamnya dan obligasinya namun tidak ada yang alokasinya melebihi 79%. So, tidak boleh jika portofolio obligasi 90%, begitu juga jika portofolio sahamnya 90%. Yang diperbolehkan isi obligasinya 79% atau portofolio sahamnya 79%.

Karena ada diversifikasi maka boleh dikata risiko investasi reksa dana campuran ini juga tersebar. Dengan begitu, saat salah satu portofolionya mendatangkan kerugian maka portofolio yang lain bisa mendatangkan cuan sehingga bisa mengimbangi kerugian.

Nah, karena investasi reksa dana campuran ini cocok untuk investor individu yang memiliki profil risiko moderat dengan jangka waktu pencapaian tujuan investasi kategori menengah yakni 3-5 tahun maka kesabaran dan kedisiplinan perlu dimiliki mereka yang memutuskan memilih reksa dana jenis ini.

Moderat di sini dipahami sebagai investor yang mengharapkan keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan reksa dana campuran, tetapi menginginkan risiko di bawah reksa dana saham.

Selanjutnya, kenapa investor reksa dana campuran ini harus sabar dan disiplin? Tentu saja karena jangka waktu yang tidak pendek dan pada saat yang bersamaan pasti ada fluktuasi maka investor sebaiknya tidak terpancing emosinya dan kehilangan kedisiplinannya.

Pasar yang fluktuatif bisa saja membuat investor tidak sabar dan terbawa emosi sehingga buru-buru untuk menjual produknya, padahal memang belum waktunya.

Ada pun pilihan reksa dana campurannya pun kini sudah sangat beragam seperti yang tersedia di supermarket reksa dana online IPOTFund yang sudah terintegrasi di aplikasi IPOT. IPOTFund menjajakan 259 reksa dana terbaik dari 42 Manajer Investasi.

Dalam memilih reksa dana campuran yang terbaik, investor juga bisa dengan mudah dalam memilihnya karena sudah tersedia fitur IPOTFund Evaluator yang memudahkan investor memilih reksa dana dengan kinerja terbaik dan fitur Analisis Performa yang membantu nasabah untuk membandingkan performa antar reksa dana dan instrumen investasi lainnya dengan benar dan akurat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image