Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Agung Nursidik

Tantangan Kompetensi Guru di Masa Pandemi Dengan Elearning SDIT Gameel Akhlaq

Guru Menulis | Monday, 20 Sep 2021, 09:59 WIB

Pandemi COVID 19 yang terjadi di Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu memaksa kegiatan pembelajaran beralih kepada pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau ada yang memberikan istilah lain adalah pembelajaran online atau daring.

Sejumlah guru, sekolah dan praktisi pendidikan harus siap beradaptasi dengan kondisi yang ada. Hal tersebut bukan untuk dihindari tetapi harus dihadapi dengan penuh kesabaran dan hati yang tenang. Kondisi tersebut menjadi tantangan besar bagi guru, siswa dan orang tua untuk mencoba hal-hal baru dalam pembelajaran. Seperti pembelajaran selama ini yang sudah berjalan dengan tatap muka langsung. Namun harus mulai membiasakan dengan pembelajaran online dan blended learning.

Banyak hikmah yang didapatkan dari pandemi yang melanda negeri ini, diantaranya adalah lahirnya guru-guru yang kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran yang ada. Karena sebenarnya perkembangkan teknologi yang pesat telah banyak menyediakan aplikasi, media pembelajaran secara gratis. Diantaranya adalah blog, google form, google classroom, zoom meeting, youtube, bandicam, kinemaster dan lain-lain.

Di negara maju blended learning sudah dilakukan sejak lama dengan memanfaatkan teknologi pembalajaran yang sudah ada. Maka dari itu hikmah lainnya dengan adanya pandemi covid 19 di Indonesia adalah terjadi percepatan blended learning yaitu memadukan pembelajaran di sekolah dan pembelajaran dari rumah. Sehingga sekolah dan orang tua harus bekerjasama dalam mensukseskan blended learning tersebut. Sekolah harus menyiapkan sarana dan prasarana dalam menfasilitasi siswa dalam kegiatan blended learning, sedangkan orang tua membantu mendampingi belajar siswa dari rumah dengan terus beradaptasi dan mengupgrade diri dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran.

Selain harus beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi pembelajaran, guru-guru juga harus beradaptasi dengan kondisi siswa-siswi dan orang tua yang memiliki latar belakang berbeda. Sekolah memberi kemudahan pemanfaatan teknologi pembelajaran yang mudah dipelajari oleh guru tetapi juga mudah diakses dan dimanfaatkan oleh siswa dan orangtua.

Maka dari itu SDIT Gameel Akhlaq meluncurkan terobosan jitu model pembelajaran jarak jauh kepada orang tua. Terobosan tersebut dibuat dan diciptakan oleh kepala sekolah SDIT Gameel Akhlaq (Agung Nursidik, S.Pd.I,M.Pd) yang terinspirasi oleh ruang guru. Maka dari itu lahirlah Ruang Guru E-learning SDIT Gameel Akhlaq (www.elearningsditgamais.sch.id) untuk menfasilitasi guru, siswa dan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh. Ruang guru SDIT Gameel Akhlaq adalah model pembelajaran online yang di dalamnya diisi langsung oleh guru-guru sebagai pengganti tatap muka, sehingga siswa-siswi tetap tidak kehilangan sosok gurunya.

E-learning SDIT Gameel Akhlaq mengintegrasikan semua teknologi pembelajaran yang disebutkan di atas. Maksudnya adalah semua guru yang sudah ditraining oleh kepala sekolah menggunakan media pembelajaran google form, video pembelajaran, youtube, zoom meeting, bandicam dan lain-lain semua akan diintegrasikan ke E-learning atau Ruang Guru SDIT Gameel Akhlaq. Dengan kata lain E-Learning SDIT Gameel Akhlaq berfungsi untuk media pembelajaran online, menyimpan modul pembelajaran guru, menyimpan video pembelajaran guru, menyajikan latihan soal online, daftar hadir online, chat siswa dengan guru dan lain-lain. Adapun skema pengintegrasian media pembelajaran ke Ruang Guru SDIT Gameel Akhlaq adalah :

Ilustrasi 1 Proses Integrasi Media Pembelajaran Guru ke E-Learning

Setelah semua materi pembelajaran dan daftar hadir sudah terintegrasi di Ruang Guru SDIT Gameel Akhlaq, maka belum selesai sampai disini. Karena sekolah ingin mempermudah siswa dan orang tua dalam mengakses Ruang Guru SDIT Gameel Akhlaq.

Sekolah sudah memberikan sosialisasi dan tutorial penggunaan Ruang Guru SDIT Gameel Akhlaq sebelum pembelajaran jarak jauh pada semester satu tahun ajaran 2020-2021. Adapun tutorial penggunaan Ruang Guru tersebut adalah :

1. Buka www.elearningsditgamis.sch.id

2. Klik daftar hadir : lalu klik kelas sesuai dengan kelasnya

3. Klik Ruang kelas : sesuai kelas masing-masing

4. Klik Mata Pelajaran (Mapel) : sesuai jadwal PJJ

5. Siswa dan orang tua bisa menikmati dan melihat langsung gurunya dalam memberikan pembelajaran jarak jauh

Adapun untuk pembelajaran daring online menggunakan zoom meeting, bagi siswa-siswi yang tidak bisa mengikutinya maka akan dibuatkan recording dan modul oleh gurunya, sehingga siswa-siswi dan orangtua tidak akan ketinggalan pembelajaran baik online langsung maupun online daring. Berikut ini alur pembelajaran daring SDIT Gameel Akhlaq :

Gambar 2. Lustrasi Alur Pembelajaran Daring SDIT Gameel Akhlaq

Untuk saat ini Ruang Guru SDIT Gameel Akhlaq sudah memiliki kurang lebih limaratus model pembelajaran baik video pembelajaran, modul dan recording di semester satu, dan akan dilanjutkan lagi disemester dua.

Alternatif selanjutnya adalah blended learning, yaitu memadukan pembelajaran di sekolah dan pembelajaran dari rumah. Menurunnya kasus covid 19 pada awal September 2021 telah membuka sinyal lampu hijau untuk mengadakan sekolah tatap muka terbatas. Maka dari itu tatap muka terbatas tersebut di formulasikan dengan blended learning yaitu pemberlakuan jadwal belajar shifthing di sekolah dan pembelajaran online dari rumah. E-Learning SDIT Gameel Akhlaq masih menjadi alternatif utama sebagai sarana pembelajaran dari rumah, mengingat pembelajaran offline di sekolah masih terbatas yaitu alokasi waktu hanya 3 jam, 50% dari jumlah siswa dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Berikut ini alur blended learning SDIT Gameel Akhlaq :

Gambar 3. Ilustrasi Blended Learning SDIT Gameel Akhlaq

Semoga dengan adanya pandemi kita semua sebagai pelaku pendidikan dapat memanfaatkan peluang untuk terus memunculkan kreatifitas dan inovatif dalam pembelajaran. Karena hakekatnya pembelajaran harus terus mengikuti perkembangan teknologi.

# GuruHebatBangsaKuat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image