Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Milenial Aceh Investasikan Rp1,5 Triliun di Bursa Saham

Bisnis | Sunday, 19 Sep 2021, 15:50 WIB
Diskusi Pasar Modal bersama Kepala Perwakilan BEI Aceh, Thasrif Murhadi, Jumat, 17/9/2021 | Dokpri.

Besaran modal milik investor Aceh yang tercatat di bursa saham menurut catatan PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Aceh, per 31 Agustus 2021 plus minus Rp1,5 triliun. Data BEI Aceh peiode yang sama menunjukkan sebanyak 13.674 milenial tercatat sebagai investor saham.

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Aceh, Thasrif Murhadi, mengatakan meskipun mengalami peningkatan, jumlah dana masyarakat Aceh di pasar modal masih tergolong kecil secara nasional.

"Bila dibandingkan dengan total Market Capitalisasi yang mencapai Rp7.456 triliun, dana masyarakat Aceh di pasar modal saat ini Rp1,5 triliun masih kecil. Meski ada peningkatan dari tahun sebelumnya," kata Thasrif Murhadi, Jumat, (17/9/2021).

Jumlah tersebut, kata Thasrif, merupakan gabungan dari instrumen yang diperjual-belikan di pasar modal, meliputi saham, reksadana, obligasi dan sukuk. Beberapa anggaran pembangunan infrastruktur diperoleh pemerintah melalui instrumen obligasi/sukuk.

Namun sejauh ini belum diketahui apakah Pemerintah Aceh juga mengeluarkan instrumen tersebut untuk menarik dana dari masyarakat guna membiayai pembangunan. Atau berapa surat utang yang sudah beredar.

Thasrif memastikan kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun dan pengembangan awareness Investor milenial terus dilakukan. Karena, tambah Thasrif, dalam berinvestasi di saham membutuhkan ilmu untuk mitigasi resiko.

"Resiko investasi di saham itu sudah pasti ada. Tidak dapat dibuang, yang ada adalah bagaimana kita mengelola resiko itu. Ya caranya dengan ilmu dan terus meng-upgrade pengetahuan," jelasnya.

Mempelajari secara fundamental dan teknikal sangat penting dilakukan oleh investor, tidak saja para milenial, tapi juga investor pada umumnya. Sehingga tidak ikut-ikutan membeli satu saham tanpa melakukan analisa yang cukup untuk membuat keputusan.

PT BEI hingga 31/8/2021 telah melakukan kegiatan awareness program sosialisasi dan edukasi publik sebanyak 40 kali, sekolah pasar modal (SPM) 41 kegiatan, dan Investor Gathering 69 kegiatan. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image