Pembelajaran dari Pandemi

Image
zachary marvi
Lomba | Sunday, 19 Sep 2021, 13:31 WIB

Pandemi Covid terjadi petama kali sekitar akhir 2019 hingga awal 2020. Artinya sudah hampir dua tahun kita mengalami musibah ini. Banyak rumor tetang awal mula dari pandemi ini. Tapi yang jelas saat ini Covid telah terjadi di seluruh dunia.

Jelas peristiwa ini telah membuat masyarakat dunia cemas. Banyak yang terjangkit karena pandemi ini, ada yang bisa selamat dan ada yang tidak. Kehilangan, kesedihan, dan kekhawatiran terjadi di mana-mana. Kehidupan masyarakat dunia sempat terganggu dan kini masyarakat berusaha untuk beradaptasi. Orang-orang selalu menggunakan masker dan menjaga jarak untuk menghindari penularan.

Persatuan dan solidaritas manusia sedang di uji. Terutama di Indonesia dengan jumlah penduduknya yang banyak. Saat ini kita semua harus saling bekerjasama demi mengatasi pandemi ini. Kesampingkan semua perbedaan yang ada. Apapun latar belakang kita, saat ini kita harus bahu membahu memikirkan solusi untuk mengatasi pandemi yang kita hadapi.

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa mungkin kita tidak akan kembali kepada kondisi sebelumnya. Tapi kita harus tetap optimis. Kondisi telah berubah, tapi perubahan itu tidak selalu buruk. Salah satu contohnya adalah lingkungan alam yang membaik karena kurangnya aktifitas manusia. Harus diakui selama pandemi karena berkurangnya aktifitas manusia, lingkungan alam bisa dibilang menyembuhkan dirinya.

Dari sudut pandang ini kita seharusnya menjadi lebih sadar. Lebih sadar untuk menjaga lingkungan alam. Bagaimanapun alam adalah bagian dari kita, bagian dari manusia sebagai makhluk hidup. Kita membutuhkan alam untuk hidup dan alam membutuhkan kita untuk merawatnya. Pandemi Covid seakan menjadi pengingat kita akan pentingnya lingkungan alam.

Dan terakhir sebagai penutup, andai pandemi ini berakhir. Manusia perlu sadar betapa pentingnya lingkungan alam. Kita perlu menjaga alam, karena bisa jadi wabah ini pun sebagai akibat karena kita abai terhadap lingkungan. Kejadian ini merupakan pembelajaran untuk umat manusia di seluruh planet ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pembelajaran dari Pandemi

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Moderasi Islam di Arab Saudi; Modernisasi atau Westernisasi?

Image

Insiden di Beirut dan Trauma Perang Saudara Lebanon

Image

Empat Fakta Unik Seputar Lam Alif

Image

WA Web : Cara Login Atau Menggunakan WhatsApp Web Di PC / Laptop

Image

Tentang Jodoh: Galau Jodoh Belum Kunjung Datang?

Image

Tgk Faisal Hadi Penceramah Maulid di Tanjung Selamat, Ini Jadwalnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image