Inilah Kota Terbaik & Paling Layak Di Tempati Di Dunia Menurut Islam

Image
Muhammad Abdul Aziz, Lc
Info Terkini | Sunday, 19 Sep 2021, 06:17 WIB

Kehidupan manusia tidak lepas dari tempat tinggalnya, apalagi di zaman modern ini orang-orang berlomba-lomba dan mendabakan tempat tinggalnya yang terbaik untuk kehidupannya. Ya, itu sangat wajar, karena tempat tinggal pun lingkungan sangat bisa mempengaruhi kehidupan seseorang. Tempat tinggal yang baik bias membuat seseorang jadi lebih baik, begitupun sebaliknya. Namun yang jadi pertanyaan bagaimana karakteristik kota baik itu & dimana? Banyak peneliti yang menentukan dan mengukur bahwa kota paling layak huni, dinilai dari tingkat stabilitas keamanan, budaya, lingkungan, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Yang akhirnya munculah juara juara kota paling layak tinggal di berbagai belahan dunia, seperti kota Wina di Austria, Sydney di Australia, Calgary di Kanada, Tokyo Di Jepang dll.

Namun demkian beda halnya penilain menurut islam, bahwa kota terbaik dan paling layak di tempati di dunia adalah kota Al-Madinah AL-Munawwaroh, ya kota Madinah selatannya kota Mekkah, Saudi Arabia. Kota yang penuh sejarah bagi ummat muslim, seluruh perbtasannya dijaga malaikat-malaikat, dimana Rosululloh Shallallahualaihi wa sallam tinggal di dalamnya selama kurang lebih 20 tahun dengan penuh perjuangan dakwah, sebagian besar Al Quran diturunkan di dalamnya, terdapat taman surga yang tidak terdapat di kota manapun, terdapat masjid suci Nabawi yang menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah masjidil haram mekkah al mukarromah, yang mana didalamnya bukan hanya sekedar untuk melaksanakan sholat saja namun menjadi pusat pembelajaran, kajian-kajian keislaman, halaqoh tahfidz quran dll.

Madinah jadi kota terbaik, pasalnya kota Madinah memenuhi kriteria dan unsur unsur penilain sebagaimana diatas juga banyak sekali keutamaan, keberkahan di dalamnya sebagaimana terdapat di hadis Saad bin abi waqqosh radhiyallohu anhu, Rosululloh Shallallahualaihi wa sallam bersabda:

" "

Kota Madinah adalah kota terbaik untukmu sekalian jika kamu mengetahuinya. (H.R Muslim 1363).

Al-Madinah yang artinya kota dan Al-Munawwaroh artinya bercahaya, jadi Al-Madinah Al-Munawwaroh adalah kota yang senantiasa bercahaya. Tak hanya itu, kota Madinah juga memliki banyak nama lain atau julukan yang mana disebutkan dalam kitab Tarikh Al Madinah AL Munawwroh karya Syeikh AL-Mubarokfury bahwa kota Madinah memiliki nama lain sebanyak 29 nama, salah satunya disebut kota Al mahabbah, An Naajiyah, Daarulhijrah, AL Mukhtaroh, Al Muharommah, Al Mubaarokah dll.

Diantara keutamaan kota Madinah lainnya adalah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menamainya dengan nama Thaibah juga Thbah (yang baik dan mulia), bahkan diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Allh menamai kota Madinah dengan Thbah. Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

" "

Sesungguhnya Allh menyebut kota Madinah dengan (nama) Thbah. (H.R Muslim 1385).

Dalam hadis lain dari Ibnu Umarradhiyallahu anhuma, Nabishallallahu alaihi wa sallambersabda,

Siapa yang bisa memilih mati di Madinah, silahkan dia lakukan. Karena saya akan memberi syafaat bagi mereka yang mati di Madinah.(HR. Ahmad 5437, Tirmidzi 4296).

Dari hadis ini kita bisa menyimpulkan secara tidak langsung bahwa begitu besar anjuran untuk kita tinggal di Madinah sehingga Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan & menganjurkan kita untuk bias meninggal di kota Madinah.

Juga tak lama dari sekarang sebagaimana di tulis Republika, Ahad 24 Jan 2021 09:11 WIB menyatakan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui Kota Madinah di Arab Saudi sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Ini menandakan bahwa Madinah dengan segala keutamaan, keamanan, keberkahan di dalamnya dan kelebihannya dibanding kota-kota lainnya, maka pantaslah kota Al-Madinah Al-Munawwaroh menjadi kota terbaik & paling layak ditempati di dunia sepanjang hayat.

*Muhammad Abdul Aziz*

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Niat itu pondasi segala urusan

Artikel Lainnya

Image

Elon Musk Kini Orang Terkaya di Dunia

Image

Cara Menghapus Background Foto Online

Image

Puisi Cahaya Bulan Karya Asep Perdiansyah

Image

10 Fitur Lengkap Fouad Whatsapp Apk Terbaru 2021

Image

Mengenal Lebih Jauh Ajaran Salafiyah-Wahabi

Image

Cara Mudah Transkrip Video YouTube Menjadi Teks Tanpa Aplikasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image