Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Abdul Aziz, Lc

Inilah Kota Terbaik & Paling Layak Di Tempati Di Dunia Menurut Islam

Info Terkini | Sunday, 19 Sep 2021, 06:17 WIB

Kehidupan manusia tidak lepas dari tempat tinggalnya, apalagi di zaman modern ini orang-orang berlomba-lomba dan mendabakan tempat tinggalnya yang terbaik untuk kehidupannya. Ya, itu sangat wajar, karena tempat tinggal pun lingkungan sangat bisa mempengaruhi kehidupan seseorang. Tempat tinggal yang baik bias membuat seseorang jadi lebih baik, begitupun sebaliknya. Namun yang jadi pertanyaan bagaimana karakteristik kota baik itu & dimana? Banyak peneliti yang menentukan dan mengukur bahwa kota paling layak huni, dinilai dari tingkat stabilitas keamanan, budaya, lingkungan, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Yang akhirnya munculah juara juara kota paling layak tinggal di berbagai belahan dunia, seperti kota Wina di Austria, Sydney di Australia, Calgary di Kanada, Tokyo Di Jepang dll.

Namun demkian beda halnya penilain menurut islam, bahwa kota terbaik dan paling layak di tempati di dunia adalah kota Al-Madinah AL-Munawwaroh, ya kota Madinah selatannya kota Mekkah, Saudi Arabia. Kota yang penuh sejarah bagi ummat muslim, seluruh perbtasannya dijaga malaikat-malaikat, dimana Rosululloh Shallallahu’alaihi wa sallam tinggal di dalamnya selama kurang lebih 20 tahun dengan penuh perjuangan dakwah, sebagian besar Al Quran diturunkan di dalamnya, terdapat taman surga yang tidak terdapat di kota manapun, terdapat masjid suci Nabawi yang menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah masjidil haram mekkah al mukarromah, yang mana didalamnya bukan hanya sekedar untuk melaksanakan sholat saja namun menjadi pusat pembelajaran, kajian-kajian keislaman, halaqoh tahfidz qur’an dll.

Madinah jadi kota terbaik, pasalnya kota Madinah memenuhi kriteria dan unsur unsur penilain sebagaimana diatas juga banyak sekali keutamaan, keberkahan di dalamnya sebagaimana terdapat di hadis Sa’ad bin abi waqqosh radhiyallohu ‘anhu, Rosululloh Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

"الْمَدِيْنَةُ خَيْرٌ لَهُمْ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ"

Kota Madinah adalah kota terbaik untukmu sekalian jika kamu mengetahuinya. (H.R Muslim 1363).

Al-Madinah yang artinya kota dan Al-Munawwaroh artinya bercahaya, jadi Al-Madinah Al-Munawwaroh adalah kota yang senantiasa bercahaya. Tak hanya itu, kota Madinah juga memliki banyak nama lain atau julukan yang mana disebutkan dalam kitab “Tarikh Al Madinah AL Munawwroh” karya Syeikh AL-Mubarokfury bahwa kota Madinah memiliki nama lain sebanyak 29 nama, salah satunya disebut kota Al mahabbah, An Naajiyah, Daarulhijrah, AL Mukhtaroh, Al Muharommah, Al Mubaarokah dll.

Diantara keutamaan kota Madinah lainnya adalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menamainya dengan nama Thaibah juga Thâbah (yang baik dan mulia), bahkan diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Allâh menamai kota Madinah dengan Thâbah. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"إِنَّ اللهَ سَمَّى الْمَدِيْنَةَ طَابَةً"

Sesungguhnya Allâh menyebut kota Madinah dengan (nama) Thâbah. (H.R Muslim 1385).

Dalam hadis lain dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“مَنِ اسْتَطَاعَ أَنْ يَمُوتَ بِالْمَدِينَةِ فَلْيَفْعَلْ، فَإِنِّي أَشْفَعُ لِمَنْ مَاتَ بِهَا”

“Siapa yang bisa memilih mati di Madinah, silahkan dia lakukan. Karena saya akan memberi syafaat bagi mereka yang mati di Madinah”. (HR. Ahmad 5437, Tirmidzi 4296).

Dari hadis ini kita bisa menyimpulkan secara tidak langsung bahwa begitu besar anjuran untuk kita tinggal di Madinah sehingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan & menganjurkan kita untuk bias meninggal di kota Madinah.

Juga tak lama dari sekarang sebagaimana di tulis Republika, Ahad 24 Jan 2021 09:11 WIB menyatakan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui Kota Madinah di Arab Saudi sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Ini menandakan bahwa Madinah dengan segala keutamaan, keamanan, keberkahan di dalamnya dan kelebihannya dibanding kota-kota lainnya, maka pantaslah kota Al-Madinah Al-Munawwaroh menjadi kota terbaik & paling layak ditempati di dunia sepanjang hayat.

*Muhammad Abdul Aziz*

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image