Andai Saja Pandemi Pergi, Kebahagiaan Pasti Akan Datang Kembali

Image
Alto Refa Chandra
Lomba | Thursday, 16 Sep 2021, 21:15 WIB
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Ketika membicarakan tentang kehidupan sekarang, tentunya semua manusia mengalami permasalahan besar. Kebahagiaan yang sejak dulu telah mereka rasakan, perlahan-lahan sirna dalam kehidupan. Keresahan dan ketakutan mereka rasakan, namun melihat keadaan yang ada memaksa mereka untuk berani menghadapi segala ancaman Covid-19. Harus diakui bahwa penyebaran Covid-19 sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkit manusia.

Semenjak ditemukan pertama kali di Wuhan China, Covid-19 tidak bisa diatasi dan menyebar ke Negara-Negara lain termasuk Negara Indonesia. Ketika melihat keadaan yang ada, dapat dikategorikan bahwa Negara Indonesia kesulitan untuk mengatasi permasalahan pandemi. Pemerintah dan seluruh masyarakat dibuat resah dan takut akan hadirnya Covid-19 dalam kehidupan.

Aku memahami keresahan dan ketakutan yang dirasakan seluruh umat manusia, rasanya nyawa dan kesejahteraan hidup harus dipertaruhkan dalam menghadapi Covid-19. Kehidupan juga berubah drastis, aktivitas yang biasanya dilakukan secara normal harus berubah serba online. Pemerintah menetapkan kebijakan dan himbauan agar masyarakat menjalankan aktivitasnya di rumah saja dengan cara memanfaatkan teknologi secara maksimal.

Rasanya Pemerintah dan masyarakat Indonesia seakan belum siap untuk menghadapi pandemi. Hal ini terbukti ketika melihat jumlah masyarakat terpapar yang terus saja bertambah jumlahnya. Mereka tidak tahu dan merasa kebingungan untuk mengatasi penyebaran Covid-19 yang dapat dikategorikan sangat cepat.

Aku pribadi juga merasakan hal yang sama, jika boleh jujur aku benar-benar dibuat takut dalam keadaan pandemi seperti saat ini. Percayalah teman-teman bahwa pandemi telah merenggut kebahagiaan hidupku seutuhnya. Kehidupanku yang awalnya berjalan dengan normal, sekarang harus berubah dengan menjalankan kehidupan new normal. Aku memiliki kewajiban untuk menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan syarat tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Meskipun berat menjalani dan membuat hidupku menjadi tidak bahagia, aku tetap berkomitmen untuk berkontribusi dalam menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia. Aku percaya kebijakan yang ditetapkan Pemerintah memiliki tujuan baik untuk segera memutus rantai penyebaran Covid-19.

Melihat kondisi Negara Indonesia yang menunjukkan jumlah masyarakat terpapar Covid-19 terus meningkat. Berdasarkan informasi yang aku dapatkan dari iNews.id Senin (13/9/2021) jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 bertambah 2.577 orang, total keseluruhan masyarakat Indonesia yang telah terpapar Covid-19 menjadi 4.170.088 orang.

Sungguh jumlah yang sangat besar, apalagi kasus Covid-19 telah memakan banyak korban jiwa. Solusi terbaik yang dapat kita lakukan adalah mematuhi segala kebijakan yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia. Meskipun tidak suka dan membuat kita tidak bahagia, kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia.

Protokol kesehatan yang wajib untuk kita laksanakan antara lain adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama. Semua protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan baik tanpa terkecuali.

Percayalah teman-teman bahwa menerapkan protokol kesehatan merupakan langkah terbaik untuk membuat pandemi Covid-19 pergi di Negara Indonesia. Kita perlu berkontribusi semaksimal mungkin untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, sudah saatnya pandemi pergi dari bumi Indonesia.

Aku yakin seluruh masyarakat Indonesia telah mengharapkan pandemi segera pergi, mereka berharap bisa merasakan hidup kembali seperti semula. Aku pun juga sama, memiliki harapan yang tinggi agar pandemi bisa segera pergi dari bumi Indonesia. Aku ingin bisa menjalani kehidupan secara normal seperti sebelum adanya Covid-19.

Andai saja pandemi benar-benar pergi? Pasti kehidupanku akan kembali bahagia seperti dahulu kala. Aku bisa beraktivitas secara normal kembali tanpa perlu takut ancaman dari Covid-19. Percayalah bahwa banyak hal yang ingin aku lakukan andai saja pandemi benar-benar pergi dalam kehidupan umat manusia.

Hal pertama yang ingin aku lakukan adalah kembali berpetualang (traveling), aku memang seseorang yang memiliki hobi berpetualang. Nyatanya semenjak hadirnya pandemi Covid-19, rutinitasku traveling menjadi harus terhenti. Impianku untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di Negara Indonesia menjadi tidak bisa terwujud. Aku berharap pandemi benar-benar pergi agar aku bisa menjalankan hobi berpetualang sekali lagi.

Memang petualangan menjadi satu hal mutlak yang ingin sekali untuk bisa aku wujudkan saat ini. Aku ingin menghabiskan waktu bersama teman-temanku ditengah perjalanan yang panjang dan melelahkan. Aku selalu teringat momen sedih, marah, kecewa, bahagia, canda dan tawa ketika berpetualang bersama teman-temanku. Momen seperti inilah yang sangat aku rindukan dan ingin sekali untuk bisa aku wujudkan.

Mungkin teman-temanku juga merasakan hal yang sama dengan diriku, mereka juga sangat berharap untuk kembali berpetualang bersama diriku. Bahkan ketika ada kesempatan bertemu, kita selalu merencanakan sebuah cerita petualangan selanjutnya. Satu hal yang belum terwujud adalah pengimplementasiannya, kita belum memiliki kesempatan untuk merealisasikan semua rencana yang ada akibat adanya pandemi.

Aku percaya kalian semua pasti juga punya satu hal yang ingin diwujudkan andai saja pandemi benar-benar pergi dalam kehidupan. Menyikapi hal ini, aku ingin mengajak kalian semua untuk menyatukan tekad bersama-sama menyelesaikan permasalahan pandemi. Sesungguhnya kita tidak boleh semakin jatuh pada permasalahan Covid-19, perlu ada langkah terbaik untuk bisa menyelesaikan permasalahan pandemi Covid-19. Kita harus bisa mewujudkan cita-cita membuat pandemi benar-benar pergi di Negara Indonesia.

#LombaMenulisOpini

Referensi :

Binti Mufarida (iNews.id), Positif Covid-19 Senin 13 September Tambah 2.577 Kasus, Terbanyak di 10 Provinsi Ini, Diakses pada tanggal 15 September 2021, https://www.inews.id/news/nasional/positif-covid-19-senin-13-september-tambah-2577-kasus-terbanyak-di-10-provinsi-ini

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya merupakan seorang yang memiliki hobi dalam dunia menulis

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image